8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Kamu sedang bingung mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan memang susah-susah gampang. Harus sesuai dengan minat dan bakat. Untuk tips memilih jurusan silahkan baca Cara Memilih Jurusan Kuliah.

Salah satu jurusan yang recommended bagi kamu yaitu jurusan ilmu gizi. Kenapa kamu harus memilih jurusan ilmu gizi? Berikut beberapa alasannya. Yuk simak dengan baik!

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

1. Salah satu jurusan bidang kesehatan yang keren

unrecognizable crop man in wristwatch with stethoscope
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Beberapa diantara kamu mungkin tertarik untuk melanjutkan kuliah di bidang kesehatan. Pada umumnya, beberapa siswa mengincar jurusan Kedokteran. Persaingan yang tinggi kadang membuatmu harus mengambil keputusan lain.

Salah satunya mencari jurusan alternatif yang bisa kamu jangkau namun tetap pada bidang yang kamu suka dan juga keren. Salah satunya adalah jurusan ilmu gizi.

Jurusan ilmu gizi tidak melulu hanya masak-memasak lho, kamu juga akan belajar beberapa mata kuliah kedokteran, farmasi, kesehatan masyarakat, dan masih banyak lagi.

Mata kuliah tersebut akan membuatmu ikut merasakan kuliah di bidang kesehatan lainnya. Selain itu, jurusan ilmu gizi salah satu bidang yang keren karena berfokus pada kesehatan manusia dan makanan.

2. Cocok bagi kamu yang suka bidang tertentu

selective focus photography of beef steak with sauce
Photo by Snapwire on Pexels.com

Bagi kamu yang suka bidang Biologi, Kimia, Tata Boga, dan seluk beluk kesehatan dan makanan, jurusan ini cocok banget untukmu. Saat kamu kuliah akan ada mata kuliah yang membutuhkan kemampuan dasar bidang Biologi, Kimia, Tata Boga, dan masih banyak lagi.

Dengan kemampuan dasar tersebut, kamu tentu akan lebih mudah memahami materi dan penerapannya.

Jurusan ilmu gizi ini juga sangat cocok bagi kamu yang lebih ingin mengambil jurusan penerapan ilmu-ilmu Biologi, Kimia, dan Tata Boga daripada jurusan yang mendalami ilmu murni.

Disini kamu tidak hanya akan belajar soal ilmu dasarnya saja, tapi juga penerapannya sehingga kemampuanmu akan semakin meningkat.

3. Bisa untuk anak SMA dan SMK

girl in pink shirt holding notebook
Photo by Julia M Cameron on Pexels.com

Mungkin sebagian besar dari kamu berpikir bahwa jurusan di bidang kesehatan hanya bisa diambil oleh anak-anak dari jurusan IPA. Tapi, tahukah kamu bahwa jurusan ilmu gizi juga bisa diambil oleh anak-anak dari SMK?

Beberapa universitas memperbolehkan siswa dari SMK untuk masuk jurusan ilmu gizi lho. Yaitu dari siswa SMK jurusan Tata Boga dan Kesehatan. Untuk mengetahui syarat masuk jurusan ilmu gizi, silahkan baca di halaman Syarat Masuk Ilmu Gizi.

Tentu saja, peluang ini sangat baik bagi siswa SMK yang ingin memperdalam ilmunya dan mengenyam bangku perkuliahan. Jurusan ilmu gizi ini juga cocok untuk anak SMA dan SMK baik cowok maupun cewek lho. Sangat menarik bukan?

4. Ilmunya bermanfaat bagi sesama

agriculture background bell pepper broccoli
Photo by Adonyi Gábor on Pexels.com

Salah satu alasan tepat untuk memilih jurusan ilmu gizi ketika kuliah adalah ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah dan kelak sangat bermanfaat bagi sesama.

Ilmu ini bisa kamu terapkan demi kebaikan dan kesehatan diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan juga membantu orang-orang yang sakit agar cepat sembuh melalui pengelolaan diet atau pola makan.

Dengan masuk kuliah ilmu gizi, harapannya kelak kamu tidak hanya menerapkan ilmu untuk mendapatkan penghasilan saja, tetapi juga membantu sesama yang membutuhkan. Sungguh mulia bukan?

5. Mata kuliahnya menarik untuk dipelajari

delighted female student with takeaway coffee and books in campus
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Kuliah ilmu gizi itu tidak hanya membahas mata kuliah yang berhubungan dengan energi, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan yang lainnya saja. Tetapi ada banyak hal yang bisa kamu pelajari lho.

Seperti pengelolaan jasa makanan di restoran, sekolah, atau rumah sakit; mata kuliah yang berhubungan dengan ketahanan pangan daerah; kulinari; dan masih banyak lagi mata kuliah yang menarik untuk dipelajari. Selengkapnya baca Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi.

6. Praktikumnya juga seru

chef preparing vegetable dish on tree slab
Photo by ELEVATE on Pexels.com

Tak melulu kuliah saja, jurusan ilmu gizi juga ada praktikumnya lho. Bukan masak-memasak saja. Tetapi, ada juga yang lainnya. Mulai dari analisis zat gizi, praktikum kulinari yang akan membuatmu serasa ikut master chef, praktikum membuat restoran, praktikum membuat produk makanan, praktikum edukasi gizi, dan masih banyak lagi. Semuanya seru dan bermanfaat lho.

7. Prospek kerjanya bagus

person eating noodles
Photo by Tony Schnagl on Pexels.com

Lulusan dari jurusan ilmu gizi tidak semuanya menjadi ahli gizi di rumah sakit lho. Ada banyak prospek kerja yang lainnya. Kamu bisa menjadi ahli gizi di puskesmas, catering makanan, membuka praktek sendiri, dosen, peneliti, konsultan, dan masih banyak lagi.

Tentu saja gaji yang ditawarkan juga tidak sedikit. Prospek kerjanya sangat menjanjikan. Kamu bisa bekerja di instansi kesehatan maupun pendidikan dan perusahaan. Selengkapnya kamu bisa membaca Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi.

8. Peluang wirausaha yang tinggi

jurusan ilmu gizi
Photo by Daniel Reche on Pexels.com

Selain bekerja di instansi kesehatan, pendidikan, maupun perusahaan, lulusan ilmu gizi juga bisa membuka usaha sendiri lho. Dengan bekal ilmu yang diberikan semasa kuliah, kamu bisa membuka usaha catering makanan sehat, menjadi supplier snack sehat untuk rumah sakit, dan masih banyak lagi.

Nah itulah delapan alasan kenapa kamu harus memilih jurusan ilmu gizi. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang mungkin masih merasa ragu untuk kuliah di jurusan ini. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

15 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi Webometrics

Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik – Salah satu pemeringkatan perguruan tinggi yang …