3 Tips Penggunaan Didn’t Need To dan Needn’t Have yang Wajib Kamu Ketahui!

Hai gengs! Hari ini, kita belajar bahasa Inggris bareng yuk! Kali ini aku mau bagi tips bahasa Inggris tentang penggunaan didn’t need to dan needn’t have. Aku yakin, pasti kamu udah nggak asing lagi ya sama kedua kata itu. Artinya mirip sih, tapi beda loh penggunaanya. Hayo, pada penasaran kan? Yuk simak penjelasannya satu-satu!

Sebelum masuk ke penggunaan dan form nya, aku mau kasih tau dulu nih, bagi kamu yang belum paham arti kata didn’t need to dan needn’t have. Artinya itu “tidak perlu”. Jadi, kata tersebut dipakai saat menjelaskan bahwa memang aku tidak perlu melakukan hal tersebut. Hmmm, masih bingung ya? Kalau masih bingung, lihat contoh dibawah ini ya!

Tips Penggunaan Didn’t Need To dan Needn’t Have

English. Open book with language hand drawn doodles and lettering on yellow background. Education vector illustration.

Oke, kita mulai dari needn’t have dulu ya. “I bought a new coat, but I needn’t have bought it because my old one was really OK.” Artinya, aku sudah membeli mantel baru, tapi aku tidak perlu membelinya karena punyaku yang lama masih oke.

Sekarang yang didn’t need to. “I was going to buy a new camera, but I didn’t need to buy one in the end, because my parents gave me one for my birthday” Artinya, aku akan membeli kamera baru, tapi ujung-ujungnya aku tidak perlu membeli karena orang tuaku memberiku untuk ulang tahunku.

Nah, gimana gengs, kalau lihat dari contohnya, udah mulai kerasa belum perbedaannya? Kalau masih bingung, sini ya aku jelasin hehe. Kalau kamu lihat dari contoh kalimat pertama yang needn’t have, needn’t have dipakai saat action nya sudah terlanjur terjadi.

Coba deh lihat kalimatnya. Dia kan sudah terlanjur beli mantel baru, padahal mantelnya yang lama masih bisa dipakai alias masih woke. Jadi intinya, dia sedikit nyesel. Tapi karena udah terlanjur beli, jadi ya udah. Masa mau dibalikin ke mbaknya hehe.

Baca Juga:  Cara Mengembangkan Hobi Kamu Biar Menghasilkan Uang

Sekarang lihat yang didn’t need to. Nah, untuk didn’t need to ini dipakai untuk action yang memang seharusnya nggak perlu dilakukan. Lebih gampangnya, didn’t need to ini dipakai kalau action atau kegiatannya belum benar-benar terjadi.

Coba deh lihat kalimat yang kedua. Dia itu berencana buat beli kamera baru, tapi ujung-ujungnya dia nggak jadi beli kan. Kenapa? Soalnya orang tuanya ngasih kamera waktu dia ulang tahun. Nah, jadi dia memang nggak perlu lagi kan beli kamera.

Nah, sekarang kita masuk ke kesimpulan penggunaan didn’t need to dan needn’t have ya! When we use didn’t need to, it often means that someone didn’t do something because it was not necessary. When we use needn’t have, it means that someone did something but in fact it was not necessary.

Dari kesimpulannya, kalian bisa melihat terdapat kata didn’t do and did. Didn’t do ini berarti action belum terjadi ya, sedangkan untuk did, action sudah terlanjur terjadi. So, gimana gengs? Udah paham belum perbedaanya?

Nah, tadi kita udah bahas tentang beberapa contoh dari penggunaan didn’t need to dan needn’t have serta perbedaanya. Sekarang, kita masuk ke formulanya ya. Formulanya gampang banget diinget kok gengs!

Untuk didn’t need to, kamu bisa tambahin verb one alias base form. Jadi, formulanya adalah didn’t need to + verb 1. Khusus needn’t have, kamu bisa tambahin verb three alias past participle. Jadi, formula needn’t have adalah needn’t have + verb 3. Gimana, paham ya? Jangan sampai kebalik untuk verb-nya ya gengs!

Contoh Kalimat Penggunaan Didn’t Need to dan Needn’t Have

penggunaan didn't need to dan needn’t have
Happy girl interpreter in headset translate write notes listen audio course study work on laptop, smiling teen student wearing headphones learning online training class, distance education concept

1. The doctor said my cold wasn’t serious, so I didn’t need to take any medicine. (Dokter berkata bahwa pilekku tidak serius, jadi aku tidak perlu minum obat.)

Baca Juga:  7 Pekerjaan Sampingan Anak SMA, Bisa Sambil Rebahan!

Sentence tersebut menggunakan didn’t need to karena ia memang tidak mengidap pilek secara serius, jadi dia tidak usah dan tidak perlu meminum obat.

2. I took my umbrella on the walk, but the sun shone the whole time, so I needn’t have taken it. (Aku membawa payungku dalam perjalanan, tapi matahari bersinar terus, jadi aku seharusnya tidak perlu membawanya.)

Nah, yang ini udah kelihatan jelas ya kalau memang dia sudah terlanjur bawa paying. Tapi waktu di perjalanan, mataharinya bersinar terang, jadi dia nyesel udah bawa payung. Padahal, ya nggak perlu sebenarnya.

3. I managed to do all the homework by myself, so I didn’t need to phone any friends to help me. (Aku berhasil mengerjakan semua pekerjaan rumahku sendiri, jadi aku tidak perlu menelepon temanku untuk membantuku.)

Kalau ini pada udah paham ya. Jadi, dia udah selesai tuh ngerjain tugas rumahnya, jadi dia nggak perlu bantuan temannya.

4. I called Chloe to tell her about the party, but I needn’t have phoned her because she already knew. (Aku menelepon Chloe untuk memberitahunya tentang pesta, tapi aku tidak perlu meneleponnya karena dia sudah tahu.)

Nah, dari sentence ini kamu bisa lihat ya, kalau dia sudah terlanjur menelepon Chloe, padahal si Chloe sudah tahu tentang pestanya. Jadi, seharusnya dia nggak usah nelpon Chloe. Paham ya?

5. I asked him a question in an email, and I didn’t need to wait very long because he replied in thirty seconds. (Aku bertanya kepada dia melalui email, dan aku tidak perlu menunggu terlalu lama karena ia membalas dalam tiga puluh detik.)

Ini jelas banget ya gengs, kalau dia memang nggak perlu nunggu lama, kan si cowoknya balesnya cepat cuma tiga puluh detik hehe.

Baca Juga:  Orang-Orang Ini Akan Lolos SBMPTN 2019, Apakah Kamu Termasuk?

6.We didn’t need to run because we had plenty of time to get to the station. (Kita tidak perlu berlari karena kita masih punya banyak waktu untuk bisa pergi ke stasiun.)

Disini kita semua tahu kalau mereka punya banyak waktu tersisa, jadi mereka nggak usah berlari menuju ke stasiun.

7.Thanks for the flowers, but you needn’t have brought them. (Terimakasih untuk bunganya, tapi kamu tidak perlu membawanya.)

Nah, gimana nih di contoh terakhir? Udah paham ya. Dia berterimakasih untuk bunganya, padahal seharusnya nggak perlu. Oke paham ya? Sekarang lanjut kerjain soalnya yuk buat latihan mandiri di rumah!

Latihan Soal Penggunaan Didn’t Need to dan Needn’t Have

Photo by Julia M Cameron on Pexels.com

Complete the sentences with needn’t have and didn’t need to! (don’t forget to change the verb!)

1.The door was unlocked, so I……….(use) my key.

2.We……….(take) suitcases, because we were going back the same day.

3.We……….(arrive) so early because there’s no one here.

4.You……….(take) the stairs because the lift is working again.

5.I……….(wake up) so early because it was Sunday.

6.I……….(use) the pay phone because I had my mobile.

7.He………..(run) so fast. He won easily.

8.I………..(take) a coat because it was a nice day.

9.We……..(revise) hard because we already knew the subject so well.

10.We……….(eat) at home because we knew there would be food at the party.

Nah, itu tadi ya gengs, beberapa penjelasan tentang penggunaan serta perbedaan didn’t need to dan needn’t have. Gimana menurut kamu gengs? Nggak susah kan?

Belajar bahasa Inggris itu nggak susah kok, asal kalian harus punya niat dan kemauan yang tinggi. Dijamin deh, kamu bakal bisa bahasa Inggris kalau sering latihan dan belajar. So, thank you gengs, see you soon!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Tips Menghadapi Ujian Sekolah! Dijamin Sukses guys!

Hai gengs! Gimana kabar kalian semua? Nggak terasa ya, kita udah setahun lebih belajar dar…