8 Tips Menghadapi Ujian Sekolah! Dijamin Sukses guys!

Hai gengs! Gimana kabar kalian semua? Nggak terasa ya, kita udah setahun lebih belajar dari rumah. Nggak terasa juga, sebentar lagi kita bakal naik kelas. Tapi emang nih ya, kalau naik kelas pasti ada ujian.

Aku yakin kamu pasti pada pusing dan kadang takut. “Gimana ya kalau nilaiku jelek?” Eits, jangan minder dulu. Coba kamu ikutin tips menghadapi ujian sekolah dari aku. Dijamin, udah nggak ada lagi kata “nilai jelek” di kamus kalian. Yuk, simak ulasannya di bawah ini ya!

Tips Menghadapi Ujian Sekolah

1. Bikin Rencana Belajar

jenis gaya belajar

Gengs, percaya nggak percaya nih ya, jadwal belajar itu penting loh. Banyak banget manfaat yang bisa kita peroleh dengan membuat rencana atau jadwal belajar. Kita jadi lebih bisa mengatur waktu dan meningkatkan produktivitas belajar kita. Ingat gengs, segala sesuatu yang sudah direncanakan, pasti akan lebih mudah terarah. Begitu juga dengan belajar. Pastinya belajar kita akan lebih efektif dan nggak buang-buang waktu.

Oh ya, dengan bikin rencana atau jadwal belajar, kamu bisa mengasah otak untuk jadi lebih kreatif loh. Kamu bisa berkreasi membuat jadwal belajarmu di satu buku khusus, lalu kamu bisa menghias dengan stiker atau washi tape. Wah, kelihatan menarik ya! Gimana gengs? Udah siap belum bikin jadwal belajar?

2. Prioritaskan Pelajaran yang Menurutmu Susah

Tips menghadapi ujian sekolah yang kedua adalah memprioritaskan pelajaran yang menurutmu susah gengs. Hayo ngaku, siapa disini yang suka males belajar kalau pelajarannya susah? Hehehe, kita satu server gengs! Tapi sebenernya itu nggak boleh loh gengs. Karena setiap kali kita ogah belajar pelajaran yang susah itu, kita akan jadi semakin malas loh. Semakin kita menghindar, semakin kita dikejar-kejar sama pelajarannya, hehehe.

Baca Juga:  Hentikan Kebiasaan Ini Jika Kamu Ingin Tumbuh Dewasa

Jadi, kalau kamu nemu pelajaran yang susah, jangan menghindar ya gengs! Kamu harus tetap semangat dan optimis kalau kamu pasti bisa. Jangan lupa masukkin list pelajaran yang susah itu di jadwal belajarmu ya! Sering-sering latihan soal ya, biar kamu lebih terbiasa untuk ngerjain. Ingat gengs, bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Semangat!

3. Prioritaskan juga Materi atau Bab yang Susah

Tips menghadapi ujian sekolah
Photo by Jeswin Thomas on Pexels.com

Tadi udah prioritasin pelajaran, nah tips menghadapi ujian sekolah yang ketiga ialah prioritasin materinya ya. Aku yakin kamu pasti punya setidaknya satu materi yang kamu kurang pahami dalam satu pelajaran. Nah, sama kayak poin nomor 2, kalian juga harus prioritasin materi mana yang kalian suka bingung.

Cara pelajarin materi yang susah ini dengan banyak latihan soal ya. Khususnya materi hitungan seperti matematika, kimia, atau fisika, kamu harus banyak search di internet. Banyak kok gengs, latihannya. Kalau kamu masih bingung lihat di google, coba nonton video pembelajaran di youtube deh. Dijamin, kamu bakal jadi lebih paham, karena kalian langsung dijelasin sama pakarnya.

4. Cicil Materi dari Jauh-Jauh Hari

Ini nih, salah satu cara yang aku terapin kalau mau sukses dan lancar ujian. Nyicil materi ini bisa mempermudah kamu dalam belajar. Mempermudahnya gimana kak? Kalau kamu udah belajar dari jauh-jauh hari, pasti H-1 sebelum ujian, kamu nggak merasa dikejar waktu karena belum sempat nyelesaiin materi.

Nyicil materi ini tergantung kamu ya. Kamu boleh kok pilih materi mana yang mau kamu pelajarin. Boleh yang susah dulu atau yang gampang dulu. Hmm, ini semacam nabung ilmu di otak gitu loh. Oh iya, cara ini juga bisa bantu kamu untuk nggak SKS loh, alias Sistem Kebut Semalam hehe.

5. Ubah Suasana Belajar

Tips menghadapi ujian sekolah
Photo by Andrew Neel on Pexels.com

Nah, mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah mulai bosan ya karena belajar terus? Sama kok gengs, aku juga. Tapi biasanya kalau udah mulai bosan gini, aku siasatin dengan mengubah suasana belajar. Maksudnya gimana kak? Kalian bisa ubah suasana belajar kalian seperti tempatnya. Siapa tau, tempat belajar kalian berantakan? Itu juga bisa bikin konsentrasi belajar kalian menurun loh, gengs.

So, tips menghadapi ujian sekolah yang ke-5 adalah mengubah suasana belajar kamu! Kalau kamu mau ubah suasana belajar, hal pertama yang bisa kamu lakuin adalah merapikan meja belajar. Jangan biarin meja belajarmu berantakan ya supaya konsentrasimu nggak terganggu. Kamu bisa juga mencoba belajar di tempat baru, seperti di café atau di perpustakaan.

Baca Juga:  Kegiatan Belajar Maudy Ayunda di Oxford University

6. Banyakin Latihan Soal

Hayo, jangan nganggep remeh latihan soal ya gengs! Latihan soal ini punya banyak banget manfaat. Latihan soal ini bisa bantu kamu untuk lebih terlatih dalam menjawab pertanyaan. Umpama kayak latihan sebelum perang gitu, gengs! Latihan soal juga berguna untuk mengukur seberapa jauh kamu paham atau menguasai materi. Jadi, kamu bisa lebih tepat saat mengerjakan ujian.

Latihan soal juga bisa bantu kamu untuk lebih memahami pola soal. Misalnya aja waktu kerjain UN. Pasti kalian nyadar kan, kalau soal-soal UN itu pola-polanya mirip, bahkan hampir sama seperti soal-soal di tahun sebelumnya. Jadi, nggak ada ruginya kok, kalau banyak latihan soal. Latihan soal ini bisa kamu temuin di banyak tempat, seperti Google ataupun buku cetak kalian.

7. Jaga Kesehatan

Tips menghadapi ujian sekolah
Photo by Alex Green on Pexels.com

Haduh gengs! Dari semua tips menghadapi ujian sekolah di atas, hal Ini yang paling penting sebenarnya. Kalau kamu sudah belajar keras, tapi kalau ujung-ujungnya malah sakit, gimana? Haduh, ngerepotin banget ya jadinya. Kalau kamu sakit, itu bisa berdampak buruk dengan ujianmu. Bisa-bisa, kamu malah ikut ujian susulan. Tambah serem nggak sih, gengs?

Nah, kalau gitu jaga kesehatan ya mulai sekarang. Jaga kesehatan itu nggak sulit kok. Gampang banget malah. Cara yang pertama, kamu harus banyak minum air putih supaya tubuhmu nggak kehilangan hidrasi. Kedua, kurangi makan makanan yang kurang sehat ya, seperti junk food, sampai makanan manis atau terlalu berlemak. Emang enak banget sih ya. Tapi tahan godaan ya gengs, biar kamu tetap sehat.

Nah, yang terakhir jangan lupa olahraga ya. Nggak perlu setiap hari kok gengs, yang penting rutin ya. Masa ada waktu buat game, tapi nggak ada waktu buat workout?

8. Fokus dan Percaya Diri

Ini penting banget kalau kertas ujian udah ada di depanmu. Yaps, kamu harus fokus dan konsentrasi saat mengerjakan. Jangan mau tergoda sama hal-hal lain. Oh iya, kamu juga harus tenang saat mengerjakan. Tenang ini dalam arti kamu harus relax dan santai saat mengerjakan. Jangan tergopoh-gopoh dan kalau ada soal yang susah ditinggal dulu.

Baca Juga:  Belajar Saja Tidak Cukup untuk Lulus Ujian!

Pernah nggak sih, kamu tiba-tiba nge-blank waktu ngerjain ujian. Kalau nge-blank, istirahat sejenak ya, jangan dipaksa. Kamu juga harus percaya diri ya gengs! Kalian harus percaya kalau kalian itu cerdas dan pintar. Jangan lupa berdoa juga ya gengs! Serahin semuanya ke Yang Maha Kuasa. Alhasil, soal-soal ujian bisa kamu lahap semua deh!

Nah, gimana 8 tips menghadapi ujian sekolah dari aku gengs? Aku yakin, kamu pasti bisa kok ujiannya. Apalagi, kamu kan udah baca tips-tips dari aku. Dijamin deh, soal-soal sulit sekalipun, kamu pasti bisa mecahin. Jaga kesehatan terus ya. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Cara Mengatur Keuangan bagi Pelajar Paling Efektif

Hai gengs! Gimana kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang sehat ya. Nah, seperti ya…