8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Hayoo siapa nih di antara kalian yang udah melangsungkan ujian tengah semester? Yap, beberapa sekolah mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas alias SMA udah mulai melakukan ujian tengah semester nih. Berhubung pandemi masih terus menyerang Indonesia, maka ujian tengah semester kali ini terpaksa dilakukan di rumah nih. Hal ini berarti makin banyak godaan untuk bangun siang, skip ujian, sampai hal tak produktif lainnya. 

Nah, Mungkin beberapa dari kalian juga ada yang merindukan masa-masa indah mengerjakan soal ujian di sekolah bukan? Tapi, jangan sampai hal ini jadi menurunkan semangat kalian. Untuk ujian khususnya yang udah kelas 12, harus lebih semangat lagi ya! Anyway, kali ini aku mau share nih ke kalian beberapa tips untuk mengerjakan ujian selama di rumah secara efektif nih. Kira-kira apa aja ya guys? Buruan simak di bawah ini ya!

8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

1. Bangun pagi

photo of person holding alarm clock
Photo by Acharaporn Kamornboonyarush on Pexels.com

Seperti yang udah aku share sebelumnya, bahwa bangun pagi adalah hal yang penting banget guys. Dari bangun pagi aja, kalian berarti melakukan suatu perubahan di pagi hari yang nantinya memengaruhi mood sampai aktivitas kalian seharian lho! 

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya guys untuk bangun pagi. Selain itu, dengan bangun pagi kalian juga akan merasa lebih siap karena dapat mengulang sejenak materi yang akan diujikan guys. Tentunya jadi keuntungan kan buat kalian?

Baca Juga:  Tips Lulus Ujian Nasional

2. Sarapan

cooked food on a plate
Photo by Thought Catalog on Pexels.com

Yup, jangan sampai nih kalian mengerjakan ujian dalam keadaan perut yang kosong ya guys. Hal ini sangat engga dianjurkan. Kenapa sih? Pertama, karena dengan sarapan maka tingkat kefokusan kalian akan meningkat guys. Kedua, hal ini dapat mengurangi kemungkinan seperti maag atau sakit perut lainnya yang dapat terjadi di tengah-tengah ujian.

Terakhir nih, dengan sarapan akan membantu kalian untuk melakukan dan bekerja secara produktif guys. Kesimpulannya, sarapan itu penting banget ya! Jangan sampai dilewatkan guys.

3. Atur tempat belajar

Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah
Photo by Julia M Cameron on Pexels.com

Yuk, coba bayangin deh guys gimana jadinya kalau kalian belajar di tempat yang kotor dan berantakan? Lalu bandingkan dengan tempat belajar yang rapi, bersih, dan wangi? Pasti kan feel saat mengerjakan soal tentu berbeda dong.

Tau ga sih, hal ini secara tak langsung juga memengaruhi kalian dalam mengerjakan sebuah soal ujian lho. Apakah kalian nyaman atau engga dengan tempat belajar kalian? Maka dari itu guys, penting banget nih untuk kalian mengatur tempat belajarmu sedemikian rupa sampai membuatmu nyaman.

Hasilnya, kalian akan mengerjakan soal dengan senang dan nyaman. Sehingga soal bisa terselesaikan dengan sungguh-sungguh tanpa gangguan dari ketidanyamanan.

4. Siapkan koneksi

person using black and silver laptop computer
Photo by Peter Olexa on Pexels.com

Berhubung nih, situasi pandemi memaksa kita untuk melakukan segala aktivitas belajar mengajar secara online ditambah dengan ujian yang harus dilakukan secara daring pula, maka kunci utama yang jangan sampai kamu lewatkan adalah koneksi guys

Koneksi yang lancar tentu mempermudah kamu nih untuk mengerjakan soal-soal ujian tanpa adanya hambatan. Sehingga, mulai dari pemilihan jawaban sampai pengumpulan jawaban dapat dilakukan tanpa adanya hambatan dalam sinyal.

5. Membaca ujian dengan cermat

photo of child reading holy bible
Photo by nappy on Pexels.com

Selanjutnya adalah kamu harus membaca ujian dengan cermat nih. Nah, seringkali  ih guys kalian salah dalam mengartikan berbagai soal sampai jawaban dalam soal ujian kan? Atau mungkin banyak dari kalian yang sering kehabisan waktu dalam pengerjaan soal ujian karena terlalu lama berpikir nih?

Baca Juga:  5 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Lagu Wannabe

Buat kalian yang sering mengelami hal di atas, kali ini ada tips menarik guys. Pastinya dalam mengerjakan soal kalian harus membaca soalnya terlebih dahulu baru membaca bacaan yang ada di soalnya (khusus pada soal yang memiliki bacaan). Nah, setelah itu guys kalian baru melakukan scanning terhadap kata yang ada di dalam soal ke bacaan. 

Baru deh kalian bisa analisis satu-satu jawaban yang terkait. Biasanya nih guys, cara seperti ini digunakan untuk mengerjakan berbagai soal bahasa atau sejarah yan memiliki bacaan yang banyak dalam sebuah soalnya.

6. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu

close up of girl writing
Photo by Pixabay on Pexels.com

Bener banget tuh guys, kalian harus mengerjakan soal dari yang paling mudah sampai sulit. Hal ini meminimalisir adanya kemungkinan soal yang tak terjawab padahal termasuk ke dalam kategori soal yang mudah. 

Sehingga, apabila kalian menjumpai soal yang sulit maka tandai terlebih dahulu ya guys, eits berhubung di rumah kalian pasti menggunakan laptop atau smartphone maka kalian bisa nih tulis dahulu di sebuah kertas agar tidak lupa ya guys!

7. Buat target pengerjaan

alarm clock lying on multicolored surface
Photo by Black ice on Pexels.com

Nah, ini penting banget guys. Dalam mengerjakan sebuah soal ujian, kalian juga memerlukan strategi lho. Misalnya, untuk mengerjakan 50 soal pilihan ganda dalam waktu 2 jam, kira-kira kalian harus mengerjakan 1 soal dalam berapa menit? Mungkin bagi kalian mudah saja, hanya membagi 50 soal dalam 2 jam.

Akan tetapi, ingat guys ga semua soal itu mudah. Ada soal sulit yang mungkin akan menghabiskan waktu lebih banyak dari soal mudah. Hal ini berlaku kebalikannya juga guys, sehingga kamu harus memperhitungkan secara baik-baik nih dalam mengerjakan sebuah soal. Pastikan kamu memiliki sisa waktu untuk mengecek kembali jawaban-jawabannya guys.

8. Jangan asal, tapi analisis

chart close up data desk
Photo by Lukas on Pexels.com

Terakhir nih, pastinya kalian sering kan melakukan ‘silang indah’ saat waktu ujian yang mungkin tinggal tersisa 5 atau 10 menit saja? Nah, sebenarnya untuk 1 atau 2 soal yang kalian benar-benar tak tahu jawabannya, tidak apa-apa juga guys. Namun, silangnya ini juga harus dianalisis ya guys.

Kalian coba bayangkan kira-kira jawaban mana sih yang terkait. Khusus untuk soal hitung-hitungan, maka kalian bisa menggunakan cara menjumlahkan, mengurangi, membagi, sampai mengkalikan angka-angka yang ada di dalam soal. Setidaknya, di detik-detik terakhir ujian kalian menjawab soal dengan sedikit analisis. 

Baca Juga:  4 Kecakapan Berkomunikasi Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer

Nah, di atas adalah beberapa tips ujian yang bisa kamu lakukan ya guys. Oh, iya jangan lupa untuk selalu berdoa ketika memulai dan mengakhiri suatu ujian ya. Selain itu, persiapan diri adalah kunci utama guys dalam mengerjakan suatu ujian. Asalkan kamu bersungguh-sungguh, pasti tidak akan mengkhianati hasilnya kok guys!

Semangat belajar!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *