Syarat Masuk Kuliah Jurusan Ilmu Gizi

Syarat masuk kuliah ilmu gizi pada umumnya adalah siswa-siswi dari SMA atau MA jurusan IPA. Mengapa? Karena mayoritas mata kuliah pada program studi ilmu gizi terkait dengan mata pelajaran biologi dan kimia yang lebih mendalam. Namun, ada juga syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh siswa yang ingin masuk program studi ilmu gizi. Apa saja? Yuk simak info berikut!

Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi

  1. Sehat jasmani dan rohani
  2. Bebas NAPZA
  3. Tidak buta warna total
  4. Tinggi badan dan berat badan
  5. Siswa SMK dari jurusan tertentu
  6. Berkas-berkas

1. Sehat jasmani dan rohani

Sehat jasmani dan rohani merupakan salah satu syarat yang pada umumnya wajib dipenuhi oleh calon mahasiswa baru, tidak hanya pada program studi ilmu gizi tetapi juga program studi lainnya. Ada universitas yang meminta surat keterangan sehat pada awal pendaftaran. Namun, ada juga yang melakukan tes kesehatan setelah diterima sebagai mahasiswa. Sehat secara jasmani dan rohani memang diperlukan agar kamu dapat menjalani perkuliahan dengan baik dan lancer.

2. Bebas NAPZA

NAPZA adalah singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut NAPZA adalah narkoba yang berarti narkotika dan obat atau bahan berbahaya. Calon mahasiswa baru pada umumnya akan diminta untuk memberikan surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit saat pendaftaran menjadi mahasiswa baru.

3. Tidak buta warna

Beberapa universitas negeri maupun swasta mempunyai syarat ini untuk calon mahasiswa baru program studi ilmu gizi. Syarat tersebut adalah tidak buta warna parsial maupun tidak buta warna total. Beberapa universitas yang menerapkan syarat ini adalah Universitas Brawijaya dan Universitas Airlangga.

Baca Juga:  5 Poin Penting dalam Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat!

4. Tinggi badan dan berat badan

Beberapa universitas memiliki syarat tinggi badan dan berat badan ideal bagi calon mahasiswa baru program studi ilmu gizi. Syarat tinggi badan untuk wanita minimal 150 cm dan laki-laki minimal 155 cm. Tidak semua universitas mempunyai standar tinggi badan yang sama. Ada juga universitas yang tidak memberikan syarat tinggi badan dan berat badan. Alangkah baiknya jika kamu mencari tahu informasi pada website resmi universitas yang kamu tuju.

5. Siswa SMK dari jurusan tertentu

Kabar baik bagi kamu siswa-siswi SMK yang ingin mendaftar kuliah di program studi ilmu gizi. Beberapa universitas memang hanya menerima siswa dari SMA/MA jurusan IPA, namun ada juga lho beberapa universitas yang menerima siswa SMK. Bagi kamu siswa SMK jurusan kesehatan dan tata boga, masih ada harapan kok untuk masuk kuliah ilmu gizi. Coba cari tahu lebih lanjut pada universitas yang kamu tuju ya.

6. Berkas-berkas

Apabila kamu mengikuti jalur seleksi mandiri dari beberapa universitas, kamu harus menyiapkan beberapa berkas untuk kelengkapan mendaftar. Berkas-berkas tersebut diantaranya :

  • Fotocopy Ijazah atau SKL yang dilegalisir.
  • Fotocopy KTP dan KK
  • Foto berwarna 3×4 dan 4×6
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit
  • Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Sekolah

Tidak semua syarat diatas harus dipenuhi. Kebutuhan berkas masing-masing universitas berbeda. Kamu dapat mengecek persyaratan berkasnya di website admisi masing-masing universitas.

Sekarang kamu sudah tahu kan beberapa syarat untuk masuk kuliah ilmu gizi. Walaupun tidak semua universitas mempunyai syarat yang sama, namun ada baiknya kamu mengetahui syarat-syarat diatas untuk menambah pengetahuanmu juga. Bagikan info ini kepada teman-temanmu yang juga ingin kuliah ilmu gizi. Semoga bermanfaat.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami melalui kontak WhatsApp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Jurusan HI, Gak Hanya Soal Politik Kok!

Ada gak sih dari kalian yang bercita-cita untuk bekerja di lembaga kenamaan dunia seperti …