Prospek Kerja Ilmu Gizi, Sangat Menjanjikan Lho!

Ilmu Gizi merupakan salah satu jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru. Banyak dari siswa yang ingin masuk jurusan ilmu gizi namun masih ragu. Keraguan tersebut terletak pada prospek kerja apa yang akan dijalani setelah lulus dari kuliah jurusan ilmu gizi.

Giveaway

Jika kamu merupakan salah satunya, maka jangan ragu. Simak informasi berikut untuk mengetahui prospek kerja lulusan ilmu gizi agar kamu bisa mendapatkan tambahan informasi sebelum memilih jurusan ilmu gizi sebagai pilihan kamu dalam meniti karir.

Daftar Isi

Prospek Kerja Ilmu Gizi

Pada artikel ini akan dibahas 8 jenis prosfek kerja dari lulusan ilmu gizi, siapa tahu dari pilihan berikut ada yang menjadi pilihan kamu.

1. Ahli gizi

unrecognizable crop man in wristwatch with stethoscope
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Prospek kerja lulusan ilmu gizi yang pertama adalah menjadi ahli gizi. Saat di bangku perkuliahan, mahasiswa ilmu gizi diberikan mata kuliah yang merupakan cakupan gizi klinis.

Hal ini membuat mahasiswa ilmu gizi mempunyai kemampuan untuk menjadi ahli gizi ke depannya. Lulusan ilmu gizi bisa menjadi ahli gizi di puskesmas, klinik, rumah sakit, catering. Selain itu, bisa juga menjadi ahli gizi bagi atlet, artis, dan masih banyak lagi.

Bagi mereka yang melanjutkan studi profesi dietisien, dapat membuka praktek sebagai ahli gizi di rumah atau membuat kantor sendiri setelah mengurus beberapa perizinan.

Tentu saja ahli gizi menjadi salah satu profesi yang mulia karena kamu membantu masyarakat baik yang sehat maupun yang sakit untuk mengatur pola makan dan memenuhi kebutuhan zat gizi sehari-hari.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Lulusan Filsafat! Engga Harus Jadi Filsuf Guys!

2. PNS

Sumber gambar: hipwee.com

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi PNS, kamu tetap bisa mengambil kuliah jurusan ilmu gizi. Setelah lulus, kamu dapat mendaftar menjadi PNS apabila ada pembukaan rekrutmen CPNS.

Banyak posisi yang dapat kamu lamar saat mendaftar CPNS. Seperti ahli gizi, pengelola program gizi, auditor kesehatan, dan masih banyak lagi. Penempatannya juga bermacam-macam, bisa di rumah sakit, puskesmas, dinas kesehatan, Kementerian Kesehatan, Bappenas, Badan Ketahanan Pangan, dan masih banyak lagi.

3. Dosen

teacher asking a question to the class
Photo by Max Fischer on Pexels.com

Setelah lulus kuliah, kamu dapat melanjutkan studimu hingga S2 atau S3. Setelah lulus, kamu bisa menjadi dosen di universitas negeri maupun swasta. Bagi kamu yang mempunyai passion menjadi pendidik, tentu saja ini menjadi salah satu prospek kerja yang baik.

4. Peneliti

man looking through a microscope
Photo by Edward Jenner on Pexels.com

Seperti perkuliahan pada umumnya, mahasiswa di tingkat akhir diberikan tugas untuk penelitian. Melalui tugas ini, mahasiswa dapat membangkitkan rasa ingin tahu serta kemampuan dalam melakukan penelitian.

Terkadang, mahasiswa akan tumbuh rasa sukanya terhadap penelitian sehingga bercita-cita menjadi peneliti. Lulusan gizi juga bisa menjadi peneliti. Kamu dapat mengikuti proyek penelitian yang dilakukan oleh dosen maupun badan penelitian lainnya.

5. Konsultan

women sitting outside
Photo by ThisIsEngineering on Pexels.com

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh lulusan ilmu gizi adalah memberikan konsultasi di bidang gizi. Prospek kerja ini cocok bagi kamu yang suka berinteraksi secara personal maupun dengan banyak orang untuk memberikan pelayanan dan pengetahuan di bidang gizi.

Kamu dapat bergabung bersama organisasi maupun membuka praktek konsultan gizi di rumah atau membuka kantor sendiri.

6. Penulis

person writing on notebook
Photo by Thirdman on Pexels.com

Prospek lulusan ilmu gizi juga dapat menjadi penulis. Kebutuhan akan literasi dan pengetahuan mengenai gizi menjadi salah satu peluang bagi ahli gizi yang suka menulis.

Baca Juga:  Ini Dia 5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis

Jika kamu bercita-cita menjadi penulis walaupun kamu masuk kuliah jurusan ilmu gizi, kamu dapat menjadi penulis pengetahuan gizi populer, buku panduan gizi, dan buku-buku gizi lainnya. Selain itu, kamu juga dapat bekerja sama dengan dosen maupun peneliti dalam menulis buku.

7. QC/QA

smart adult female student reading book in studio
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Quality Control (QC) atau Quality Assurance (QA) menjadi salah satu prospek kerja yang baik bagi lulusan ilmu gizi. Bagi kamu yang suka dalam pengawasan mutu, teliti, dan ingin bekerja di perusahaan di bidang makanan maupun minuman, pekerjaan ini cocok untukmu. Kamu bertugas untuk mengawasi mutu suatu produk serta menjamin mutu produk.

8. R&D

person holding a fruit with an injection
Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels.com

Research and Development (R&D) merupakan salah satu prospek kerja yang banyak diincar oleh lulusan ilmu gizi. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk kreatif dan berpikir cepat dalam menciptakan formula atau produk baru.

Kamu tidak perlu khawatir, karena saat di bangku perkuliahan kamu akan mendapatkan materi mengenai pengembangan produk. Sehingga kamu sudah mempunyai dasar dalam mengerjakan pengembangan produk makanan atau minuman mulai dari pemilihan bahan hingga produk jadi.

Tertarik masuk ilmu gizi? Yuk baca juga artikel tentang Syarat Masuk Kuliah Ilmu Gizi. Kamu juga wajib baca tentang Program Studi Ilmu Gizi Akreditasi A di Indonesia.

Itulah beberapa daftar pekerjaan yang menjadi prospek kerja bagi lulusan ilmu gizi. Kamu dapat bekerja sesuai kemampuan dan passion yang kamu miliki. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…