10 Keuntungan Mempunyai Teman Beda Jurusan Saat Kuliah

Dalam lingkaran pertemanan, punya teman yang mempunyai banyak kesamaan memang asyik dan membuat nyaman, terutama saat kuliah. Mempunyai teman yang satu jurusan saat kuliah memang asyik dan seru karena kita bisa saling merasakan suka dan duka saat kuliah dengan jurusan yang sama, mengerjakan tugas bersama, belajar bareng, dan sebagainya. Tapi, apakah selamanya akan begitu saja? Tentu saja tidak bukan.

Kamu juga harus punya teman beda jurusan yang akan mewarnai hari-harimu. Tidak hanya menjadi teman, kamu juga bisa belajar banyak hal lho. Apa saja sih keuntungan mempunyai teman beda jurusan saat kuliah? Yuk simak informasi berikut!

Keuntungan Mempunyai Teman Beda Jurusan

1. Bisa menambah teman lainnya yang berbeda dengan kita

Teman satu jurusan juga mempunyai karakter yang berbeda-beda, tapi mungkin kita akan menemukan hal yang lebih berbeda dari teman jurusan lain. Dengan berteman dengan mahasiswa yang beda jurusan, kamu akan belajar banyak hal yang bermanfaat. Baik untuk personal life maupun untuk akademik. Lagi pula, tidak ada salahnya bukan menambah teman?

2. Lingkar pertemanan semakin luas

Saat kamu punya teman yang beda jurusan, mungkin kamu akan dikenalkan dengan teman-temannya sehingga lingkar pertemananmu semakin luas. Jika kamu punya relasi yang luas, tentu saja akan memberikan banyak manfaat bagimu.

Baca Juga:  10 Cara Bahagia Agar Kamu Tetap Kuat Menghadapi Homesick

Sebelumnya sudah dibahas mengenai manfaat membangun relasi sejak di bangku kuliah. Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan dari pertemanan dan relasi yang luas saat kuliah, salah satunya bisa membantu saat kamu mengadakan event atau menjalankan program kerja.

3. Saling melengkapi satu sama lain

Kadang, saling melengkapi antar teman yang sesama jurusan saja belum cukup. Kamu juga perlu mencari teman yang beda jurusan. Dengan mempunyai teman yang beda jurusan atau dari jurusan tertentu kamu dan temanmu bisa saling memahami dan melengkapi satu sama lain. Kalian juga bisa saling membantu jika dibutuhkan. Misalnya, ketika kamu butuh bantuan untuk analisis data, temanmu dari jurusan statistika dapat membantumu.

4. Pembicaraan menjadi seru dan tidak monoton

Kalau punya teman dari jurusan yang sama, mungkin hal yang kamu bahas adalah seputar tugas kuliah, ujian, teman-teman di kelas, kakak tingkat di jurusan, organisasi yang sama, dan lainnya. Beberapa diantara kamu pasti merasa pembicaraanmu monoton dan itu-itu saja. 

Lain halnya ketika kamu punya teman yang beda jurusan, kamu bisa mengobrol banyak hal. Saling cerita kegiatan kuliah masing-masing, curhat tugas, membicarakan apa saja yang mereka pelajari, teman-teman kelas mereka, dan masih banyak lagi yang akan menjadikan pembicaraanmu lebih seru dan tidak monoton.

5. Mengenal karakter teman yang berbeda-beda

Walaupun teman yang berbeda bisa kita temukan dari teman sekelas atau teman yang sejurusan, tapi karakter lain mungkin akan kita temukan dari teman yang beda jurusan. Misalnya, karakter dalam mengerjakan tugas, karakter dalam berbicara, karakter dalam berpenampilan, dan masih banyak lagi. Dengan mengenal banyak karakter, kamu bisa belajar banyak hal yang berguna untuk persiapan menghadapi dunia kerja kelak yang pastinya terdiri dari orang yang bermacam-macam karakternya.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Seni dan Budaya

6. Mengenal banyak prospek kerja dan profesi masa depan

Dengan mempunyai teman yang beda jurusan, kamu bisa mengenal banyak prospek kerja dan profesi di masa depan. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan dan gambaran dari profesi-profesi yang akan dijalani oleh temanmu kelak. Misalnya, kamu anak jurusan Matematika yang berteman dengan anak jurusan ilmu gizi, jurusan ekonomi Syariah, jurusan ilmu tanah, dan masih banyak lagi. Maka secara tidak langsung kamu akan belajar dari temanmu tentang prospek kerja mereka kelak.

7. Bertambahnya wawasan mengenai dunia kerja

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kamu yang sudah mengenal banyak prospek kerja dan profesi di masa depan dari teman-temanmu akan menambah wawasan mengenai dunia kerja. Mungkin saja ada pekerjaan yang cocok dan nyambung dengan jurusanmu atau pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan yang kamu ambil saat ini. Kamu juga bisa mengetahui kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu hingga gaji, pendidikan, dan bidang pekerjaan yang dijalani jurusan lain.

8. Menambah pengetahuan lintas disiplin ilmu

Saat kamu punya teman pasti kamu akan sering ngobrol dan curhat satu sama lain. Dengan punya teman yang beda jurusan, kamu bisa saling sharing hingga berkenalan dengan jurusan temanmu. Hal ini akan menambah pengetahuanmu mengenai jurusan lainnya atau lintas disiplin ilmu. Jadi, ketika ada yang bertanya kepadamu tentang jurusan lainnya, kamu bisa menjawab dengan baik.

9. Memandang masalah dari sudut pandang yang berbeda

Ketika punya teman yang beda jurusan, sudut pandang dan cara berpikir kita akan lebih luas lagi dan lebih terbuka. Hal ini akan mempengaruhi cara pandang atau sudut pandang kita dalam menghadapi sebuah masalah.

Baca Juga:  4 Keuntungan Kuliah di Kampus Swasta

10. Tidak menghakimi penampilan orang lain

Beberapa jurusan memang kadang punya karakter unik yang berpengaruh pada mahasiswanya salah satunya adalah penampilan. Misalnya, anak jurusan ekonomi pada umumnya lebih memperhatikan penampilannya. Ada juga mahasiswa dari jurusan lainnya yang penampilannnya biasa saja. Dari sini, kamu akan belajar untuk tidak menghakimi penampilan orang lain. Kamu bisa belajar untuk mencari teman yang baik dari apapun penampilannya.

Itulah sepuluh keuntungan mempunyai teman yang beda jurusan saat kuliah. Jangan ragu untuk menambah teman yang beda jurusan ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…