Categories: KuliahSMK

10 Tips Masuk PTN untuk Siswa SMK

Share

Tips Masuk PTN untuk Siswa SMK – Wah-wah UTBK 2020 udah berlalu nih guys. Mungkin sebagian besar dari kamu masih ada yang harus berjuang untuk masuk perguruan impian, sebagian lagi sudah siap-siap untuk masuk kuliah? Padahal masih cukup lama juga, hehehe.

Nah, setelah beberapa bulan akhirnya ketegangan di antara siswa-siswi lulusan 2020 perlahan menurun nih. Sekarang gantian siswa-siswi angkatan 2021 yang agak deg-deg an, memikirkan kira-kira gimana kuliah mereka di tahun depan.

Oke, kamu engga sendiri guys. Ada banyak siswa khususnya kelas 12 yang udah bimbel sana-sini, les privat, atau bahkan yang masih bingung mau masuk jurusan apa? Di balik itu semua, masih ada juga nih beberapa siswa SMK yang ikutan bingung mau masuk jurusan apa tahun depan.

Ditambah lagi, mungkin ada yang bercita-cita ingin masuk perguruan tinggi negeri juga! Wih, harus siap-siap nih. By the way, kira-kira apa aja sih yang harus disiapkan siswa-siswi khususnya SMK untuk masuk perguruan tinggi negeri?

Tentunya mereka juga harus bersaing dengan seluruh siswa di Indonesia, baik SMA negeri, swasta, maupun sekolah sederajat lainnya. Penasaran? Buruan simak di bawah ini ya guys.

Photo by Startup Stock Photos on Pexels.com

Tips Masuk PTN untuk Siswa SMK!

1. Siapkan terlebih dahulu

Nah, sebagai anak SMK kamu juga perlu persiapan yang super ekstra nih. Pertama-tama tetapkan dahulu jurusan kuliah yang kamu inginkan. Baru tetapkan jurusan tersebut.

Pastikan jurusan yang kamu pilih sesuai dengan passion dan keinginan kamu. Oh, iya tak lupa kamu bisa melihat mata kuliah dari jurusan yang kamu ambil terlebih dahulu. Apakah matkul tersebut sesuai dengan keinginan kamu. Selain itu, berapa sks kah yang harus kamu selesaikan?

Kamu bisa menyesuaikannya dengan kemampuan kamu terlebih dahulu.

2. Persyaratan

Setelah memilih fakultas dan jurusan yang kamu tuju, tiba saatnya menentukan universitas nih guys. Kamu bisa melihat terlebih dahulu universitas kamu, bagaimana lingkungan, fasilitas sampai akreditasinya guys.

Sebelumnya, simak dahulu persyaratannya. Apakah jurusan tersebut menerima siswa dari SMK? Beberapa jurusan seperti kedokteran, maupun hubungan internasional dari soshum seringkali tidak menerima siswa lulusan SMK.

Akan tetapi, justru kebanyakan fakultas dan jurusan teknik menerima siswa lulusan SMK. Misalnya, fakultas teknik dengan prodi mesin dari Intitut Teknologi Surabaya yang menerima siswa lulusan SMA maupun SMK.

3. Target belajar

Selanjutnya guys, melihat pengumuman SBMPTN tahun ini tentunya nilai-nilai yang lolos SBM udah pada keluar dong? Nah, kamu bisa nih langsung cek berbagai sumber nilai rata-rata untuk masuk perguruan negeri yang kamu impikan, sekaligus jurusannya.

Atau kamu juga bisa langsung cek passing grade dari tiap universitas. Biasanya setelah pengumuman SBM aka nada beberapa media berita yang memuat passing grade dari tiap jurusan dan universitas.

Setelah itu, kamu bisa jadikan nilai tersebut sebagai target dalam belajar atau batas minimal nilai yang harus kamu peroleh.

4. Ikut Bimbel

Sama halnya dengan siswa yang lain. Kamu juga harus mengikuti bimbel atau bimbingan belajar untuk lebih mendalam belajar mengenai tes yang biasanya dikeluarkan pada saat SBMPTN.

Melalui bimbel juga, kamu akan lebih dibimbing secara intensif oleh pengajar. Terlebih juga kamu harus mempelajari dasar-dasar seperti halnya siswa-siswi yang pindah jurusan SMA.

Tenang guys, bimbel di Indonesia itu banyak banget. Ada Inten, khusus buat kamu yang biasanya pindah jurusan karena ada pelajaran yang super ketat, seperti sekolah. GO atau Ganesha Operation dengan rumus kilatnya, atau bisa juga Neutron dengan pembelajarannya yang intensif. Untuk mengetahui bimbel intensif untuk persiapan SBMPTN silahkan kamu baca halaman 7 Bimbel Intensif Terbaik untuk Persiapan SBMPTN.

5. Install aplikasi belajar

Next, ga kalah penting guys. Untuk mengisi sebagian besar waktu kamu di rumah, bisa banget nih mendownload beragam aplikasi belajar yang dapat menunjang aktivitas belajar kamu.

Beragam aplikasi belajar seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, Pahamify dan masih banyak lagi dapat kamu download dengan mudah di playstore maupun app store guys. nah, beberapa aplikasi belajar juga bisa diakses secara gratis kok.  Jadi, kenapa harus menyia-nyiakan kesempatan ini guys? Buruan download yaa.

Jika kamu menggunakan aplikasi Ruangguru ada paket khusus anak SMK. Ruangguru bisa jadi solusi belajar kamu untuk persiapan masuk PTN, untuk mendapatkan diskon saat mendaftar kamu bisa cek kode diskonnya di halaman Kode Diskon Ruangguru Terbaru! Oiya jika kamu ingin menggunakan Pahamify juga bisa, karena harga Pahamify lebih terjangkau, untuk kode diskon Pahamify silahkan lihat di halaman Kode Diskon Pahamify.

6. Ikuti beragam Try Out

Oke, setelah beragam materi kamu lahap tiba saatnya untuk mengukur sejauh mana kemampuan atau materi yang kamu serap guys. Terlebih nih, soal yang dikeluarkan saat SBMPTN kebanyakan adalah soal HOTS. Jadi, perlu banget membiasakan diri untuk melahap beragam soal.

Semakin banyak soal yang kamu kerjakan, maka semakin terasah kemampuanmu dalam mengerjakan suatu soal. Terlebih, kamu bisa memberikan estimasi waktu untuk menyelesaikan satu soal. Mungkin pada awalnya membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi ini penting banget untuk membiasakan diri guys.

Tau kan, pastinya dalam mengerjakan soal SBMPTN kamu akan diberi batasan waktu. Bisa 15-30 menit guys, dalam satu sesi (ini berlaku untuk pengerjaan materi Soshum atau Saintek saja).

Untuk mengikuti try out gratis kamu bisa ikutan di aplikasi Ruangguru, silahkan lihat panduannya di halaman Cara Mengikuti Try Out Gratis Ruangguru.

7. Beli beberapa buku SBMPTN

Nah, aku saranin banget guys buat kamu membeli buku rangkuman materi untuk SOSHUM atau SAINTEK. Setelah itu, kamu bisa menambah koleksi soal dengan buku-buku SBMPTN juga.

Sekedar saran guys, salah satu buku SBMPTN untuk SAINTEK yang menurutku patut kamu miliki adalah seri wangsit guys. Di sana terdapat berbagai macam soal yang beberapa diantaranya cukup akurat juga.

Ditambah soal-soalnya terdiri dari yang paling mudah, sampai yang HOTS.

8. Belajar secara rutin

Setelah membeli atau bahkan mengikuti beberapa les, kamu juga harus mengasah kemampuan secara mandiri guys. paling tidak sisakan setidaknya 3-4 jam dalam sehari untuk mempelajari materi SBMPTN.

Hal ini bisa dilakukan secara rutin juga guys. Oh iya, yang paling penting tetap perhatikan waktu istirahat juga ya guys. Untuk tips belajar di rumah silahkan baca halaman Tips Belajar Efektif Selama di Rumah

9. Terapkan sistem belajar yang nyaman

Mungkin beberapa tips di atas adalah saran dari aku guys. Cuma kembali lagi ya ke kamu, pastikan kamu belajar dengan nyaman. Jangan sampai stress juga guys, kamu bisa melakukan pembelajaran sesuai dengan kenyamanan kamu.

Tak lupa, sesekali ambil waktu luang untuk beristirahat atau sekedar refreshing guys. ini penting banget, ibarat gelas yang udah penuh kalau diisi air maka malah akan tumpah guys.

Jadi, bisa juga kok kamu refreshing. Bahkan ga melulu belajar di dalam ruangan, bisa di taman, belajar bersama teman, asalkan dilakukan secara efektif ya guys.

Untuk cara belajar yang efektif kamu bisa membaca artikel tentang Cara Belajar yang Tepat dan Efektif.

10. Doa

Terakhir guys, ada tips dari aku yang penting banget. Jangan lupa berdoa ya. mungkin kamu sudah belajar keras banget untuk masuk perguruan tinggi favorit, ikut bimbel sana-sini, tetapi kembali lagi keputusannya ada pada yang di atas.

Jadi, jangan lupa untuk selalu berdoa dan menyelipkan permohonan kamu apabila ingin masuk ke suatu perguruan tinggi.

Kamu bisa menyimak video berikut, agar kamu semakin termotivasi!

Nah, di atas adalah beberapa tips buat kamu yang hendak masuk perguruan tinggi negeri khususnya untuk anak SMK. Sama halnya seperti anak SMA yang pindah jurusan, kamu juga harus belajar lebih keras guys.

Yang paling penting adalah usaha yang diberikan semaksimal mungkin ya guys. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan ya! Semangat!

This post was last modified on Oktober 25, 2020 9:46 pm

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

15 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi Webometrics

Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik - Salah satu pemeringkatan perguruan tinggi yang penting untuk diperhatikan adalah… Read More

November 25, 2020

Tips Konsisten Belajar Agar Dapat Nilai Bagus

Tips Konsisten Belajar - Hai, Readers! Di tengah pandemi ini, banyak pelajar tidak bisa konsisten… Read More

November 25, 2020

Keselamatan Kerja di Laboratorium

Haii Readers! Dalam melakukan kegiatan penelitian atau observasi IPA, seringkali kita harus bekerja di laboratorium.… Read More

November 23, 2020

Kenalan Dengan Ruangpeduli, Secercah Harapan Untuk Generasi Indonesia

Tahukah kamu, angkat buta huruf di Indonesia selalu meningkat tiap tahunnya. Tentunya terdapat banyak faktor… Read More

November 23, 2020

10 Lagu Lawas Indonesia Untuk Menambah Semangat Mengejar Mimpi

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita mengalami rasa lelah dan letih dalam mengejar mimpi yang ingin… Read More

November 23, 2020

5 Buku Matematika Wajib Dimiliki Mahasiswa SI Akuntansi

Komputerisasi Akuntansi atau Sistem Informasi Akuntansi adalah salah satu jurusan bidang teknologi yang berfokus pada… Read More

November 23, 2020