9 Bimbel Intensif SBMPTN Terbaik untuk Persiapan Masuk PTN

Masuk di perguruan tinggi negeri favorit merupakan impian bagi siswa yang mendaftar di SBMPTN. Tapi, tahukah kamu ketatnya persaingan seleksi masuk PTN menjadi sebuah tantangan yang harus dilewati dengan kerja keras dan usaha yang maksimal.

Berdasarkan data Menristekdikti pada tahun 2019 bahwa dari jumlah 714.652 peserta yang mendaftar, ternyata pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi pada 85 universitas negeri sekitar 168.742 orang. Sedangkan di tahun 2020 peserta yang tidak lolos berjumlah 534.767 orang dan yang lolos hanya 167.653 peserta.

Porsentase siswa yang lolos seleksi hanya 23,6% dengan jumlah 168.742 dan porsentase siswa yang gagal 76,4% berjumlah 545.910 dari total pendaftar 714.652 peserta.

Itu artinya rasio tingkat kegagalan kamu sangat besar, karena sebagian besar siswa tidak mempersiapkan diri dengan baik dan maksimal. Bayangkan saja kamu harus bersaing dengan ribuan siswa dari berbagai sekolah favorit, tentu itu sangat sulit.

Berikut data siswa yang diterima PTN pada SNBP 2023, berdasarkan informasi dari detik.com.

Data SNBP 2023 siswa yang diterima PTN:

  • Siswa diterima pilihan 1: 128.045 siswa dari 663.181 pendaftar
  • Siswa diterima pilihan 2: 15.780 siswa dari 579.822 pendaftar
  • Siswa diterima dengan KIP Kuliah: 44.928 siswa dari 191.827 pendaftar
  • Total siswa diterima PTN di jalur SNBP 2023: 143.805 siswa dari daya tampung total 152.120 kursi
  • Persentase diterima per daya tampung: 94,53 persen
  • Persentase keketatan SNBP 2023 (siswa diterima per total pendaftar): 21,68 persen
  • Persentase diterima per pelamar KIP Kuliah: 23,42 persen

Untuk bisa lolos masuk PTN, banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan usaha kamu seperti, belajar melalui buku, ikut bimbingan belajar intensif, dan bisa juga belajar mandiri secara online.

Kamu bisa memilih cara belajar yang sesuai dengan karakter kamu, karena setiap orang memiliki cara belajarnya masing-masing. Misalnya kamu gak bisa belajar mandiri hanya belajar online saja, kamu bisa mengikuti bimbel intensif secara konvensional untuk hasil yang maksimal.

Berikut beberapa rekomendasi bimbel intensif yang bagus untuk persiapan menghadapi tes SBMPTN atau UTBK.

Bimbel Intensif untuk Persiapan SBMPTN

1. Latis Supercamp Alumni UI

Latis Supercamp Alumni UI adalah salah satu Bimbel SNBT dan Bimbel SIMAK UI terbaik dengan Program Karantina selama 30 hari di sebuah apartemen premium di Depok. Program Karantina merupakan bimbingan belajar intensif dengan melatih siswa untuk belajar dari pagi hingga malam dan mengerjakan soal try out setiap harinya. Siswa dilatih mengerjakan soal yang kemungkinan besar keluar dalam tes. 

Bimbel ini mempunyai banyak kelebihan karena sistem belajarnya yang sangat intensif yaitu 10 jam setiap hari, mapping class, konsultasi dan kelas motivasi dengan psikolog, try out sistem CBT progresif, dan memberikan fasilitas lengkap mulai dari penginapan, makan, laundry, pendaftaran UTBK, antar jemput ke lokasi ujian bahkan yang dari luar Jabodetabek bisa dijemput di bandara atau stasiun.

Selain itu, Latis Supercamp menerapkan sistem belajar 1 student 1 coach sehingga kegiatan belajar kamu lebih maksimal dan bisa menguasai materi SBMPTN dengan optimal. Jika persiapan kamu sudah matang, akan membuat peluang kamu lolos masuk PTN semakin terbuka lebar.

Bimbel karantina ini sedang hits hingga ditayangkan di beberapa TV Nasional yaitu Trans TV, Trans 7, CNN dan Global TV.

Program Karantina Latis Supercamp Alumni UI

Nama ProgramWaktu ProgramLokasi ProgramProgram Bergaransi
Karantina UTBK SNBTGelombang 1; April-Mei 2024Premium Apartemen di Depok – Best Student Apartemen Evenciio (dekat dengan UI)Dibimbing Hingga Lolos PTN
Karantina SIMAK UI & Mandiri PTNGelombang 2 : Juni- Juli 2024Premium Apartemen di Depok – Best Student Apartemen Evenciio (dekat dengan UI)Dibantu Semua Ujian Mandiri PTN & Garansi Uang Kembali

Program lainnya:

  1. Program Intensif Private UTBK & SIMAK UI (bisa dimulai kapan saja)
  2. Program Online Camp UTBK & SIMAK UI (April-Mei)

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa membuka halaman website Latis Supercamp di halaman berikut https://supercampalumniui.com/ dan follow instagram untuk mengetahui kegiatan selama karantina berlangsung dan kisah sukses para alumni Latis Supercamp. untuk pendaftaran bisa ke whatsapp.

Scan the code
Kak Silvi

2. Brain Academy

Bimbel ini tergolong masih baru tapi kualitasnya gak perlu diragukan lagi. Brain Academy adalah salah satu produk dari aplikasi belajar Ruangguru, namun Brain Academy diperuntukkan buat kamu yang ingin belajar secara offline atau tatap muka.

Desain interior bimbel ini sangat modern dan kekinian banget bikin kamu betah untuk belajar, masalah kualitas juga sangat bagus.

Di bimbel ini juga menyediakan paket intensif untuk persiapan SBMPTN, saat ini sudah memiliki 15 cabang di seluruh Indonesia, dan akan terus bertambah seiring waktu. Untuk mengetahui lokasi dari bimbel ini silahkan baca di halaman Lokasi Bimbel Brain Academy di Seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan diskon di Brain Academy, silahkan lihat kode diskon di halaman Kode Diskon Brain Academy, Diskon 80%!

website resmi: brainacademy.id

3. Bimbel Masuk PTN

Bimbel Masuk PTN adalah salah satu bimbel online utbk terbaik dengan peserta pada tahun 2022 hampir mencapai 3000 peserta. Program pembelajarannya sangat menarik dengan tutor yang sangat enerjik membuat membuat bimbel ini sering disebut bimbel paling interaktif.

Adapun paket belajar di bimbel ini dapat memilih program bulanan atau tahunan. Fasilitas yang didapatkan :
– Bimbingan zoom 135 kali (Seminggu 3-4 pertemuan)
– Bebas akses rekaman bimbel
– Dibimbing tutor profesional
– Grup diskusi belajar online
– Latihan dan Tryout tiap bulan
– Forum konsultasi prodi dan PTN
– Ukur Peluang SNMPTN Premium
– List skor UTBK tahun sebelumnya
– Paket soal UTBK tahun sebelumnya

Ada dua kelompok yang bisa kamu pilih yaitu SAINTEK atau SOSHUM. Langsung daftarkan diri kamu ke Daftar Sekarang. Mari sukseskan UTBK-SBMPTN 2023 kamu bersama BIMBEL MASUKPTN.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Instagram atau bisa chat di whatsapp berikut!

3. Latis Supercamp

4. Ganesha Operation

Ganesha Operation sangat terkenal dengan tips dan triknya yang diberi nama unik seperti metode The King, Chungking, dan Tepis untuk memudahkan siswa memahami materinya. Di Ganesha tersedia paket intensif untuk SBMPTN, terdapat dua jenis paket intensif seperti paket Super Intensif dan Super Intensif Executive Platinum.

Meski awalnya hanya menyediakan bimbel bagi siswa yang akan masuk ke perguruan tinggi, sekarang bimbel yang berdiri sejak tahun 1984 ini sudah mulai membuka bimbel untuk jenjang pendidikan dari SD hingga SMA.

web resmi: http://ganesha-operation.com/

5. Primagama

Primagama adalah bimbingan belajar yang didirikan pada tanggal 10 Maret 1982 di Yogyakarta. Program bimbingan belajar Primagama memiliki pasar sangat luas dari SD hingga SMA dan SMK.

Saat ini sudah memiliki banyak cabang dengan jumlah cabang 461 tersebar di seluruh propinsi di Indonesia, jumlah siswa aktif 90.000 setahun, dan jumlah Dosen 8000 orang.

Untuk rentang harga paket belajar di Primagama tidak dipublikasikan di website resminya, mungkin kamu harus datang ke lokasinya untuk bertanya langsung mengenai biaya untuk mengikuti bimbel ini.

web resmi: primagama.co.id/

6. Nurul Fikri

Cabang bimbel ini cukup banyak cuma masih tersedia hanya untuk daerah Jabodetabek, diluar itu masih belum ada saat saya melakukan pengecekan langsung di website-nya. Lokasi utama di Jl. KH Agussalim No. 44 D Kel. Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Timur (Dekat SMAN 1 Bekasi).

Program belajar yang ditawarkan cukup banyak mulai dari paket reguler untuk SD, SMP, dan SMA. Tersedia juga untuk paket reguler SBMPTN untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri masuk PTN.

web resmi: nurulfikri.co/

7. Neutron

Selama kurang lebih 26 tahun, NEUTRON telah menjadi lembaga bimbingan belajar pilihan siswa-siswi di Indonesia. Dengan lebih dari 120 cabang di Indonesia dan sekitar 1862 staf pengajar kompeten, NEUTRON terus berkomitmen memberikan program bimbingan belajar terbaik.

Bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada, bimbel ini menerapkan sistem belajar dengan metode penalaran. Neutron memiliki pengajar tetap dan profesional, seringkali memberikan trik khusus agar materi belajar lebih mudah dipelajari oleh siswa. Saat ini Neutron sudah bisa ditemui di berbagai kota di Indonesia.

web resmi: neutron.co.id/

8. Sang Juara School

Bimbingan belajar ini menawarkan berbagai macam pilihan seperti bimbel kedinasan, bimbel kedokteran dan bimbel intensif SBMPTN. Namun bimbel ini belum membuka cabang hanya berada di kota Surabaya.

Kantor Pusat: Jl Sutorejo Prima Utara PY 12 no 6A (Depan kompleks ruko Nakamura mulyosari atau samping kampus Widia Kartika) Mulyosari Surabaya.

web resmi: http://www.sangjuaraschool.com/

9. Bimbel Lavender

Bimbel Lavender merupakan bimbingan belajar dengan spesialisasi karantina masuk UI, UGM, ITB dan juga PTN favorit lainnya. Dengan fokus persiapan ujian masuk UTBK SBMPTN, SIMAK UI, SIMAK UI Internasional, UTUL UGM, IUP UGM, ITB Internasional, dan ujian PTN lainnya.

Bimbel Lavender merupakan Bimbel Masuk UI yang dikelola langsung oleh Dosen UI yakni Galih Pandekar M.S.M. yang merupakan pengajar aktif di Departemen Manajeman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Bimbel ini berlokasi di Depok, Jawa Barat. Dengan alamat lengkap Alamat: Office Suite Taman Melati, Jl. Margonda Raya No.525A, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424.

web resmi https://bimbellavender.com/

Untuk belajar yang maksimal, kamu bisa menonton tips berikut ini tentang 10 Cara belajar yang tepat dan efektif.

10 Cara belajar yang tepat dan efektif

Itulah daftar bimbel intensif untuk persiapan SBMPTN yang bisa saya rekomendasikan untuk kamu, pilihlah yang terdekat dari lokasi tempat tinggal kamu, dan pilih yang sesuai dengan sistem belajar kamu karena tiap orang memiliki karakter dan cara belajar yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi Ruangguru

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi Ruangguru – Ruangguru adalah aplikasi bela…