9 Tips Memilih SMA dengan Tepat! Siswa Kelas 9 Wajib Banget Tahu!

Hola gengs! Apa kabarnya nih? Ga terasa ya masa-masa di SMP selama 3 tahun sudah sampai di penghujung perpisahan nih. Pastinya ada banyak banget kenangan sampai cerita manis yang mungkin sulit banget dilupakan. Namun, kini bukan saatnya untuk bersedih atau melo-melo guys. Sekarang saatnya kamu membuka lembaran baru di SMA impian.

Yap, kali ini penulis akan membagikan ke kamu 9 tips memilih SMA dengan tepat untuk kamu yang tahun ini lulus dari SMP. Tips ini penting banget untuk diketahui guys, kenapa? Karena SMA sendiri adalah batu loncatan untuk kuliah sampai bekerja. So, yuk kepoin ulasannya di bawah ini ya gengs!

Tips Memilih SMA yang Tepat

1. Apa cita-citamu guys?

Tips memilih SMA dengan tepat
Photo by Julia M Cameron on Pexels.com

Yap, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah apa sih cita-citamu? Mungkin hal ini sangat sepele bagi beberapa orang, tetapi engga sedikit juga yang masih bingung tentang apa cita-cita atau profesi yang diinginkannya. Padahal hal ini super penting untuk dipikirkan.

Cita-citamu nantinya akan berpengaruh terhadap pilihan SMA, jurusan di SMA, sampai fakultas di perkuliahan nanti guys! So, buat kamu yang masih bingung ingin menjadi apa? Yuk, dipirkan mulai sekarang. Mulai dari profesi, prospek dari profesi tersebut di Indonesia, sampai rencana masa depan lainnya.

2. Riset jurusan

Tips memilih SMA dengan tepat di urutan kedua adalah melakukan riset jurusan. Riset jurusan ini juga penting untuk kamu lakukan, apalagi jika memiliki banyak waktu luang. Seperti yang kamu ketahui guys, jurusan di SMA dibagi menjadi 3 yakni MIPA, IPS, dan bahasa.

Baca Juga:  7 Trik Cepat Mengerjakan Tugas! Dijamin Cepat Selesai!

Masing-masing jurusan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Nah, kamu harus tahu nih kira-kira apa aja sih kelebihan dan kekurangan jurusan yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu bisa semakin yakin dengan apa yang kamu pilih dan siap menerima risiko dari jurusan yang kamu ambil guys!

3. Akreditasi dari SMA pilihanmu

Sumber: bansm.kemdikbud.go.id

Next, kalau kamu sudah memiliki SMA incaran untuk menuntut ilmu maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat akreditasi dari SMA tersebut. Yap, kamu yang sudah mengetahui profesi yang diinginkan serta jurusan yang kamu tuju, maka melihat akreditasi SMA pilihan adalah langkah selanjutnya.

Akreditasi ini menentukan bagaimana penilaian sekolah tersebut di mata lembaga pendidikan daerah. Mulai dari hal kebersihan sekolah, sistem belajar-mengajar, sampai jurusan yang paling unggul di sekolah tersebut. So, usahakan memilih SMA dengan akreditasi A ya!

4. Prestasi SMA pilihan

Selanjutnya, tips memilih SMA dengan tepat juga dilihat dari bagaimana prestasi dari SMA tersebut guys! Apakah murid-murid di SMA impianmu ini sering mengikuti berbagai lomba atau kejuaraan? Hal ini patut diperhatikan juga lho! Ingat guys, nantinya untuk masuk perguruan tinggi terdapat sebuah jalur yang disebut jalur prestasi.

Jalur satu ini memang khusus menggunakan berbagai prestasi yang kamu kumpulkan selama SMA. Apabila sekolah impianmu memiliki berbagai track record prestasi memuaskan, maka besar kemungkinan kamu bisa berprestasi sepuasnya di SMA tersebut. Pastinya juga pelatihan yang diberikan pun engga main-main guys!

5. Alumni SMA di PTN atau kampus luar negeri

Tips memilih SMA dengan tepat
Sumber: stoodnt.com

Selanjutnya, dalam tips memilih SMA dengan tepat kamu juga wajib banget melihat bagaimana kondisi alumni dari SMA impianmu guys. Apakah banyak yang diterima di PTN? Apakah PTN tersebut termasuk ke dalam PTN impianmu? Apakah alumni dari SMA tersebut memilih berbagai macam prestasi terkenal?

Baca Juga:  Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah untuk MaBa!

Semua hal tersebut bisa banget kamu cari jawabannya melalui riset di internet guys. Oh iya, jangan sampai ketinggalan juga nih. Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan kuliah di luar negeri maka memiliki track alumni yang bersekolah di luar negeri juga penting banget guys. Hal ini dapat menjadi jalan untukmu bersekolah di luar negeri juga!

6. Peluang SMA masuk PTN

Untuk kamu yang ingin masuk perguruan tinggi negeri, maka hal ini perlu banget diperhatikan guys! FYI guys, perguruan tinggi negeri atau PTN biasanya terdiri dari sebagian besar murid SMA yang berprestasi di wilayah tersebut. Misalnya, untuk Universitas Diponegoro di Semarang.

Umumnya para mahasiswa dari UNDIP yang lolos SNMPTN berasal dari SMA 1 Semarang atau SMA 3 Semarang guys. Kenapa? Karena sebagian besar alumni dari UNDIP memang berasal dari SMANSA atau SMAGA, murid berprestasi juga kebanyakan dari sekolah tersebut dan banyak faktor lainnya.

Sederhananya, semakin banyak alumni SMA masuk ke PTN impianmu maka semakin besar pula kamu bisa masuk ke PTN yang dituju. Hal ini biasanya berlaku di hampir semua SMA negeri dan perguruan negeri di Indonesia gengs. Oleh karena itu, kamu perlu banget masuk ke SMA tersebut guys!

7. Lingkungan SMA

Tips memilih SMA dengan tepat
Photo by cottonbro on Pexels.com

Kemudian nih, lingkungan selama di SMA juga jangan kamu lewatkan ya gengs. Percaya ga percaya, lingkungan tersebut akan memengaruhi mental health sampai perilakumu kedepannya guys. FYI, SMA sangat berbeda jauh dengan SMP guys. umumnya di SMA pengaruh guru akan lebih sedikit daripada semasa SMP.

Jadi, apabila ada masalah tertentu sampai berbagai macam acara di sekolah maka siswalah yang meng-handle. Sementara guru bertugas mengawasi saja. Lingkungan di SMA ini seperti pertemanan, kelompok belajar, sampai teman sebangku. Tentunya kamu harus cermat guys dalam memilih pertemanan di masa SMA.

Baca Juga:  Belajar Aljabar Lebih Mudah Bagi Pemula, Bagaimana Caranya?

8. Pendapat orang tua

Ga ketinggalan nih, tips memilih SMA dengan tepat berikutnya ialah memasukkan pendapat orang tua sebagai pertimbangan. Setelah melakukan serangkaian riset panjang dan penuh dilematis, kini saatnya kamu bertanya pada orang tua mengenai jurusan serta SMA yang hendak kamu tuju guys.

Eits, tapi ingat ya pendapat orang tua bisa kamu jadikan masukan. Mungkin ada informasi tambahan yang belum kamu ketahui, tetapi untuk keputusannya usahakan tetap sesuai dengan keinginanmu guys. Di SMA ini usahakan kamu melakukan apa yang disukai (dalam konteks positif ya) dan terus menjadi diri sendiri guys!

9. Kamu udah yakin nih?

Tips memilih SMA dengan tepat
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Tips memilih SMA dengan tepat di posisi akhir ini ada pertanyaan khusus untuk kamu guys. Apakah kamu sudah yakin? Yap, setelah melalui serangkaian riset sampai diskusi maka saatnya kamu bertanya pada diri sendiri, apakah sudah yakin? Pastikan kamu belajar sesuai dengan jurusan yang kamu suka, sesuai dengan bakat, dan cita-citamu.

Ingat, kamu akan menghabiskan waktu selama 3 tahun untuk belajar di sini. Pastikan 3 tahun itu dilalui dengan maksimal, mulai dari circle pertemanan, pelajaran, sampai skill lain yang bisa kamu gali selama SMA ini guys!

Nah, itu tadi beberapa tips memilih SMA dengan tepat versi penulis. Biasanya ketika penulis sudah yakin dengan keputusan yang diambil, maka sebisa mungkin melakukannya dengan baik dan juga maksimal guys. Apabila ada tantangan pun harus dilewati dengan semangat juga!

So, kamu yang kini membuka lembaran baru di SMA yuk mulai dengan semangat dan stay positive ya gengs!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…