8 Daftar Sertifikat untuk SNMPTN, Penting Guys, Jangan Lupa Dicatat ya!

Pada pendaftaran SNMPTN kemarin, penulis sempat bertanya-tanya tentang daftar sertifikat untuk SNMPTN kira-kira apa aja ya? Nah, berhubung masih minim banget nih informasi tentang hal ini maka penulis mau share ke kamu tentang sertifikat yang dibutuhkan.

By the way, sertifikat di bawah juga bisa banget kok digunakan mendaftar berbagai jalur prestasi di PTN maupun PTS guys! Nah, setidaknya ada 1 tahun untuk kamu kelas 10 atau 11 menabung berbagai sertifikat yang sesuai dengan kriteria dari SNMPTN. So, tanpa menunggu lama lagi, yuk kepoin ulasan di bawah ini ya guys! Jangan lupa dicatat!

Penting untuk Diperhatikan!

Daftar sertifikat untuk SNMPTN
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Eits, sebelum masuk ke beberapa daftar sertifikat yang diperlukan untuk SNMPTN maka penulis mau share ke kamu dulu nih kalau engga sembarangan sertifikat bisa digunakan ya guys! Ada beberapa kriteria penting nih yang harus kamu perhatikan! Apa aja sih?

1. Jenjang sertifikat

Yap, yang pertama adalah jenjang sertifikat yang kamu dapatkan. Untuk SNMPTN 2021 sendiri dibutuhkan sertifikat minimal pada taraf provinsi. Untuk taraf provinsi sendiri pun diharuskan juara 1 atau 2. Sementara itu, di taraf nasional atau internasional untuk juara 1, 2, dan 3.

So, kalau kamu hanya memiliki sertifikat di tingkat Kabupaten atau Kota maka sayang sekali nih, belum bisa digunakan untuk mendaftar SNMPTN. Namun, jangan berkecil hati gengs! Masih ada 1 tahun untuk menabung berbagai sertifikat di tingkat provinsi sampai internasional.

FYI, untuk sertifikat konferensi atau seminar, sayangnya ga bisa digunakan dalam mendaftar SNMPTN guys. Sekalipun seminar tingkat internasional atau konferensi tingkat nasional!

Baca Juga:  Ketahui Yuk 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Masuk SMA!

2. Usahakan dari penyelenggara yang resmi

Daftar sertifikat untuk SNMPTN di tingkat provinsi atau nasional memang penting guys, tetapi jangan lewatkan juga penyelenggara dari berbagai lomba tersebut. Kamu pasti ga asing dong dengan berbagai lomba yang disiarkan melalui media sosial seperti Instagram?

Yap, tetapi kamu perlu perhatikan juga guys penyelenggara dari tiap lomba tersebut. Apabila berasal dari penyelenggara resmi seperti Kemdikbud, Kementerian, Pemerintah Daerah, maka sertifikat tersebut masih bisa diperhitungkan.

Oh iya, beberapa penyelenggara resmi lain seperti universitas juga masih bisa diperhitungkan kok guys. Ingat ya, usahakan perlombaan tersebut berada di taraf nasional atau bahkan internasional!

3. Sertifikat sebagai pemenang

Last but not least, sering banget nih dilewatkan dari pelajar yang hendak mendaftar SNMPTN. Yup, sertifikat yang kamu gunakan untuk mendaftar harus sebagai pemenang ya guys bukan hanya sebagai peserta saja.

Akan berbeda lagi apabila kamu hendak mendaftar di jalur prestasi universitas seperti UGM atau UNPAD yang masih memperbolehkan penggunaan sertifikat finalis atau peserta di tingkat internasional sebagai salah satu sertifikat prestasi.

Daftar Sertifikat untuk SNMPTN

1. Sertifikat olimpiade

daftar sertifikat untuk SNMPTN
Sumber: id.wikipedia.org

Sertifikat pertama yang paling diperhitungkan dalam SNMPTN adalah sertifikat olimpiade. Apakah kamu pernah mengikuti salah satu olimpiade biologi, fisika, kimia? Atau bahkan di cabang ilmu sosial seperti ekonomi atau geografi? Kalau iya, maka selamat! Kamu bisa banget nih menggunakan sertifikat tersebut untuk SNMPTN.

Bahkan akan lebih baik jika kamu berhasil lolos sampai tingkat nasional atau bahkan internasional. Biasanya sertifikat olimpiade di taraf internasional seperti IpHO atau IBO akan sangat diperhitungkan ga hanya di SNMPTN melainkan juga jalur prestasi berbagai universitas kenamaan di Indonesia.

Baca Juga:  8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

2. FLS2N atau PORSENI

Daftar sertifikat untuk SNMPTN yang kedua adalah sertifikat di bidang FLS2N atau PORSENI. Untuk kamu yang senang menulis cerpen, membaca puisi, berpidato, sampai membuat seni kriya, maka jangan sampai lewatkan berbagai tanggal perlombaan dari FLS2N atau PORSENI ini gengs!

Sertifikat di bidang ini cukup diperhitungkan lho, melihat penyelenggara langsung dari Kemdikbud dan jenjang perlombaan yang sampai taraf nasional.

3. Perlombaan Debat

Daftar sertifikat untuk SNMPTN
Sumber: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Next, buat kamu nih yang tertarik berdebat secara indah atau menyatakan argumen kepada lawan, memecahkan berbagai studi kasus, maka lomba debat ini cocok banget buat kamu guys. Perlombaan debat di Indonesia sendiri dibagi menjadi 2, yakni debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan debat Bahasa Inggris (NSDC).

Keduanya sama-sama ajang prestige di bidang debat guys. Untuk lolos ke babak nasional atau bahkan internasional (untuk NSDC), maka kamu wajib menjadi best speaker dan mewakili sekolah atau bahkan provinsi di tingkat yang lebih tinggi.

4. POPDA

Berbagai daftar sertifikat untuk SNMPTN ga hanya berasal dari sektor akademik aja kok, melainkan juga cabang olahraga. FYI, beberapa universitas seperti UGM, UNDIP, atau UNPAD juga sangat memperhitungkan sertifikat yang berasal dari cabang olahraga lho guys.

Nah, seperti yang kamu ketahui kalau cabang POPDA ada banyak banget nih. Mulai dari atletik, tenis, catur, bahkan sampai basket atau voli. Menariknya semua cabang tersebut bisa kamu daftarkan sebagai sertifikat untuk SNMPTN. Dengan catatan minimal di tingkat provinsi ya guys!

5. Paduan suara

Daftar sertifikat untuk SNMPTN
Sumber: knox.edu

Daftar sertifikat untuk SNMPTN berikutnya adalah paduan suara atau perlombaan di bidang musik. Untuk kamu yang tertarik di bidang tarik suara dan bermain alat musik, maka kamu bisa mengikuti berbagai lomba di bidang tersebut guys.

Biasanya nih, Kementerian Kebudayaan atau bahkan Kementerian Pariwisata rutin mengadakan perlombaan di bidang tarik suara atau permainan alat musik.

Baca Juga:  Hati-Hati Lolos SNMPTN Belum Tentu Diterima PTN

6. MTQ atau lomba keagamaan

Yup, untuk kamu yang senang mengikuti berbagai lomba keagamaan seperti MTQ, menulis Kaligrafi, atau bahkan dakwah cilik, maka jangan sia-siakan bakat tersebut ya guys. Siapa tahu melalui lomba keagamaan ini kamu bisa mendapatkan sertifikat di taraf provinsi atau bahkan nasional!

By the way, sekedar informasi gengs! Ada beberapa universitas negeri seperti UNS, UGM, sampai UB yang memasukkan banyak cabang lomba di bidang keagamaan sebagai persyaratan di jalur prestasi atau penelusuran bibit unggul.

7. Sertifikat lomba film atau IPTEK

Sumber: bbaceh.kemdikbud.go.id

Siapa nih di antara kamu yang memiliki bakat dalam fotografi, desain grafis, atau bahkan membuat film? Yap, beberapa cabang lomba yang termasuk kategori IPTEK ini umumnya digunakan untuk mendaftar SNMPTN.

Ga hanya itu guys, apabila kamu tertarik masuk ke sekolah seni seperti IKJ sampai ISI maka jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai portofolio dan rekam prestasimu di bidang sesuai dengan jurusan yang kamu daftar guys.

8. Perlombaan di ajang internasional

Last dalam daftar sertifikat untuk SNMPTN ada perlombaan di ajang internasional. Guys, ada banyak banget lho lomba di ajang internasional! Mulai dari MUN (Model United Nations), Writing Competition, Poetry Competition, Projects Paris Peace Forum, dan masih banyak lagi ajang non-akademik lain.

Semua ajang tersebut akan bernilai sangat besar lho guys apabila kamu berhasil menjuarainya. Mungkin di tingkat ASEAN, ASIA, bahkan dunia!

Yap, itu tadi beberapa daftar sertifikat untuk SNMPTN yang wajib banget nih kamu ketahui! Selama pandemi ini kamu bisa mulai menabung berbagai sertifikat di tingkat provinsi, mewakili sekolah, atau bahkan secara mandiri untuk mendaftar SNMPTN di perguruan tinggi impianmu!

So, yuk be produktif ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi…