tips mendapatkan beasiswa

7 Tips Mendapatkan Beasiswa, Terbaru!

Tips Mendapatkan Beasiswa Beasiswa selalu menjadi incaran siswa dan juga mahasiswa. Selain dapat meringankan biaya untuk sekolah maupun kuliah, mendapatkan beasiswa juga merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Karena tidak semua orang bisa lolos dari tahapan-tahapan seleksi dan mendapatkan beasiswa, baik beasiswa penuh maupun beasiswa tertentu. Apakah kamu ingin tahu bagaimana caranya mendapatkan beasiswa gratis? Yuk simak tips berikut.

Tips Mendapatkan Beasiswa Gratis

1. Mencari beasiswa yang sesuai

Ada banyak macam beasiswa yang tersedia. Ada beasiswa untuk siswa SMA/SMK yang ingin masuk kuliah, ada beasiswa untuk mahasiswa on going, ada beasiswa penuh, ada beasiswa parsial, beasiswa untuk siswa/mahasiswa kurang mampu, beasiswa prestasi, dan sebagainya. Sebaiknya kamu mencari beasiswa yang kamu butuhkan sesuai dengan kondisi kamu.

Jika kamu kurang dalam finansial namun mempunyai prestasi yang baik, kamu bisa mencoba beasiswa untuk siswa/mahasiswa kurang mampu. Jika kamu mampu secara finansial namun ingin mendapatkan beasiswa karena berprestasi, kamu dapat mencoba beasiswa prestasi. Carilah informasi selengkap mungkin mengenai beasiswa yang kamu tuju sebelum memutuskan untuk mendaftar.

2. Melihat persyaratan secara detail

Setelah mencari beasiswa yang sesuai, tahap selanjutnya adalah melihat persyaratan secara detail. Bacalah dengan cermat apa saja yang perlu kalian persiapkan. Beasiswa untuk siswa/mahasiswa kurang mampu biasanya terdapat syarat mengenai pendapat total orang tua. Pada umumnya, beasiswa meminta syarat nilai UN tertentu untuk siswa SMA/SMK serta syarat minimal IPK untuk mahasiswa.

Baca Juga:  10 Kampus Terbaik di Indonesia

Ada juga syarat skor yang menunjukkan kemampuan bahasa asing jika kamu mendaftar beasiswa ke luar negeri. Sehat jasmani dan rohani biasanya juga merupakan syarat utama untuk mendapatkan beasiswa baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

3. Menyiapkan berkas-berkas

Penyedia beasiswa akan memberikan informasi secara lengkap mengenai berkas-berkas yang harus kamu siapkan untuk seleksi administrasi saat mendaftar beasiswa. Berkas-berkas yang disiapkan tergantung pada jenis beasiswa yang akan kamu tuju.

Jika kamu siswa SMA/SMK yang ingin mendaftar beasiswa untuk masuk kuliah, berkas-berkas yang harus kamu siapkan antara lain :

  • a. Fotocopy/Scan nilai rapor semester 1 hingga semester 5 (ada juga yang minta sampai semester 6).
  • b. Fotocopy/Scan ijazah atau surat keterangan lulus.
  • c. Fotocopy/Scan nilai Ujian Nasional (UN).
  • d. Fotocopy/Scan Kartu Keluarga.
  • e. Fotocopy/Scan KTP.
  • f. Fotocopy/Scan surat keterangan gaji / slip gaji orang tua.
  • g. Surat keterangan sehat.
  • h. Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah.
  • i. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan (jika mendaftar beasiswa untuk siswa kurang mampu).

Jika kamu mahasiswa on going yang ingin mendaftarkan beasiswa penuh maupun beasiswa parsial, berkas-berkas yang harus disiapkan antara lain :

  • a. Fotocopy/Scan KTP.
  • b. Fotocopy/Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  • c. Fotocopy/Scan surat keterangan gaji / slip gaji orang tua.
  • d. Fotocopy/Scan rekening listrik atau tagihan listrik 3 bulan terakhir.
  • e. Fotocopy transkrip semester sebelumnya dilegalisir.
  • f. Surat keterangan mahasiswa aktif.
  • g. Surat rekomendasi dari dosen pembimbing akademik.
  • h. Surat keterangan tidak mampu (jika mendaftar beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu).
  • i. Surat keterangan aktif organisasi.

Beberapa universitas atau penyedia beasiswa akan memberikan daftar berkas-berkas yang berbeda. Jangan lupa cek dengan detail berkas apa saja yang harus kamu siapkan.

Baca Juga:  Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN

4. Menyiapkan diri untuk wawancara

Apabila kamu telah lolos tahap seleksi administrasi, tahapan berikutnya adalah tes wawancara. Namun, beberapa beasiswa melakukan tahapan tes psikotes dan forum group discussion (FGD) sebelum tahapan wawancara.

Apabila sudah sampai tahap wawancara, kamu perlu melakukan beberapa persiapan. Kamu bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai pertanyaan apa saja yang mungkin ditanyakan saat wawancara beasiswa. Kamu dapat berlatih menjawab di depan cermin atau bersama keluarga dan teman untuk melatih rasa percaya diri dalam menjawab pertanyaan.

5. Utamakan kejujuran

Dalam mengisi formulir dan berkas-berkas yang dibutuhkan saat mendaftar beasiswa, kamu harus mengisinya dengan jujur. Jangan sampai ada dokumen yang dipalsukan atau salah mengisi data. Jika kamu merasa ragu dengan pertanyaannya yang diajukan dalam berkas atau persyaratan, kamu dapat menghubungi contact person penyedia beasiswa atau pihak sekolah atau kampusmu. Begitu juga saat wawancara. Jawablah pertanyaan dengan jujur dan logis. 

6. Minta do’a restu orang tua

Dalam setiap usaha yang kamu lakukan saat mendaftar beasiswa, mintalah do’a restu dari orangtuamu. Ceritakanlah usaha yang kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa dan mintalah dukungan serta bantuan berupa do’a. Orangtuamu pasti akan sangat senang melihat usaha yang telah kamu lakukan.

7. Berdo’a

Manusia hanya bisa berencana dan Tuhan yang menentukan. Setelah kamu berusaha menyiapkan semuanya mulai dari administrasi hingga tahap wawancara, jangan lupa berdo’a untuk meminta yang terbaik. Berdo’alah semoga kamu menjadi salah satu penerima beasiswa yang sedang kamu ajukan.

Itulah tips mendapatkan beasiswa gratis. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang sedang berburu beasiswa untuk kuliah. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

Teknik Membaca Cepat – Hai guys, siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk …