Gambaran Tentang Kuliah, Anak SMA Wajib Tahu!

Banyak dari siswa SMA/MA/SMK yang belum mengetahui gambaran tentang kuliah. Mungkin beberapa dari kamu hanya melihat sekilas bagaimana dunia perkuliahan itu dari acara-acara di televisi. Namun, tidak semuanya membahasnya secara detail. Bagi kamu yang mau masuk kuliah, tentu saja kamu perlu mengetahui gambaran ini agar kamu tidak kaget saat masuk kuliah. Yuk simak informasi berikut !

Gambaran Tentang Kuliah yang Perlu Kamu Ketahui (Part 1)

1. Jam kuliah bermacam-macam

Tidak seperti sekolah yang jam pelajarannya sudah ditentukan mulai pukul 07.00 hingga 14.00 (bisa kurang atau lebih tergantung pada sekolah masing-masing), kuliah memiliki jam yang berbeda-beda. Ada kuliah pagi mulai jam 07.00, ada yang mulai jam 09.00, ada yang siang, ada yang sore, dan terkadang ada yang malam. Semua tergantung pada jadwal mata kuliah yang diambil dan kebijakan dari kampus.

Saat kuliah, kamu akan memilih mata kuliah yang akan kamu ambil setiap semesternya. Ada juga kampus yang sudah menyiapkan daftar mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa pada semester tersebut. Setiap mata kuliah memiliki jadwal yang sudah ditentukan. Jika kamu harus mengatur jadwalmu sendiri, kamu harus memastikan bahwa tidak ada mata kuliah yang jadwalnya bentrok. 

2. Tiap mata kuliah ada jumlah SKS

Kamu pasti pernah mendengar kata SKS di dunia perkuliahan bukan? Jika kamu belum mengetahui apa itu SKS, akan saya jelaskan gambaran umumnya. SKS adalah satuan kredit semester. SKS dapat menjadi ukuran beban studi yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Mahasiswa S1 dinyatakan lulus apabila sudah menyelesaikan 144-160 SKS. Jumlah SKS tergantung pada jurusan mauapun kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Baca Juga:  Masalah yang Akan Kamu Hadapi Saat Mengerjakan Skripsi!

Untuk menyelesaikan jumlah tersebut, mahasiswa mengambil mata kuliah dengan jumlah SKS tertentu. Ada mata kuliah yang 1 SKS, 2 SKS, 3 SKS, 4 SKS, hingaa 6 SKS. Apa maksudnya jumlah SKS tersebut? 1 SKS adalah untuk kegiatan kuliah setara dengan beban studi setiap minggu selama satu semester. Kegiatan kuliah yang dimaksud adalah perkuliahan, praktikum, responsi, atau mengerjakan tugas. Waktu untuk mata kuliah 1 SKS pada umumnya adalah 50 menit. Tergantung pada kebijakan masing-masing perguruan tinggi atau universitas.

3. Ada praktikum atau responsi

Selama kamu di sekolah SMA/MA/SMK, waktu untuk materi, mengerjakan tugas, dan praktikum biasanya dilakukan pada waktu yang sama. Namun, di bangku perkuliahan kamu harus mengikuti kelas yang berbeda-beda. 

Kelas kuliah adalah kelas dimana kamu mendapatkan materi dari dosen. Selain diberkan materi, terkadang juga ada kuis atau semacam tes untuk mengetahui pemahaman kamu terhadap materi yang diberikan. Baik sebelum kelas dimulai maupun setelah kelas dimulai.

Kelas praktikum adalah kelas dimana kamu melakukan praktek sesuai dengan jurusan dan mata kuliah yang kamu ambil. Prakitkum bisa dilakukan di laboratorium, di lapangan, dan sebagainya. Biasanya saat kelas praktikum, juga ada kuis sebelum dan sesudah praktikum untuk mengetahui seberapa besar kamu memahami materi dan praktikum hari itu. Prakitkum biasanya dipandu oleh asisten praktikum dan dosen.

Kelas responsi adalah kelas dimana kamu belajar di dalam kelas untuk membahas materi lebih dalam melalui pengayaan soal-soal yang dipandu oleh asisten praktikum atau asisten dosen. Kelas responsi juga mengadakan kuis setelah beberapa kali pertemuan. Namun ada juga yang mengadakan kuis pada setiap pertemuan.

4. Tugasnya bukan tugas biasa

Tugas mahasiswa di bangku perkuliahan berbeda dengan tugas siswa di sekolah. Tugas mahasiswa pada umumnya membuat makalah, review jurnal, laporan, dan masih banyak lagi. Saat mengerjakan tugas, mahasiswa harus mencari referensi ilmiah dari sumber tertentu. Mahasiswa tidak boleh asal dalam mencari referensi.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik Bidang Pendidikan

Tidak boleh mengambil referensi dari blog, website biasa, bahkan dari Wikipedia. Mereka harus mencari referensi dari hasil penelitian, website tertentu (seperti kementerian yang menyediakan data, website pemerintahan), serta dari jurnal nasional maupun internasional. Ada ketentuan dalam membuat tugas dan laporan. Jika salah formatnya saja, nilai mahasiswa biasanya akan dikurangi. 

Sekian dulu informasi mengenai gambaran tentang dunia perkuliahan yang harus kamu ketahui untuk part 1. Informasi selanjutnya akan dibahas di part 2. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman kamu yang ingin masuk kuliah. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju.…