Tips Mengarsir Lembar Jawaban Komputer yang Baik dan Benar

Tips Mengarsir Lembar Jawaban Komputer – Bagi Kamu yang sedang mempersiapkan untuk mengikuti ujian, yang mewajibkan menggunakan Lembar Jawaban Komputer atau paling familiar disebut LJK, maka tips mengarsir Lembar Jawaban Komputer yang baik dan benar sangat penting anda perhatikan agar, jawaban yang Kamu arsir dapat dibaca oleh scanner atau komputer.

Kamu pasti tidak ingin jika jawaban yang kamu pilih tidak terbaca oleh komputer. Kkebersihan dan kerapian lembar jawaban sangat penting untuk diperhatikan, jangan sampai LJK kamu basah, kotor, rusak, atau sobek dan lain-lain.

Untuk menghindari hal-hal yang demikian maka kamu perlu memperhatikan tips mengarsir yang baik agar arsiran kamu benar-benar bisa terdeteksi oleh komputer.  

Berikut tips mengarsir Lembar Jawaban Komputer yang baik dan benar

1. Gunakan pensil 2B

Untuk penggunaan pensil jangan asal pilih, meskipun berlabel pensil 2B belum tentu bisa lolos dari scanner karena banyak juga pensil 2B di pasaran yang terkadang tidak sesuai dengan kualitasnya karena banyak yang palsu di pasaran.

Jadi, kamu harus pandai-pandai dalam memilih pensil. Pilihlah merk yang terpercaya yang sudah terbukti keasliannya seperti, Faber Castell, Staedtler, dan lain-lain. Penggunaan pensil yang asli akan membuat arsiran kamu akan mudah terbaca oleh scanner. Jadi, jangan sampai salah memilih pensil.  

Baca : Tips Memilih Pensil LJK untuk Ujian

2. Gunakan penggaris untuk mengarsir

Banyak siswa yang tidak bisa mengarsir jawaban dengan mengunakan penggaris. Dan mereka beranngapan bahwa ukuran lubang di penggaris tidak sesuai dengan lingkaran di LJK sehingga tidak tepat. Padahal lingkaran pada penggaris sudah didesain dengan ukuran yang sangat tepat saat produksi.

Sudah dipertimbagkan dengan matang oleh perusahaan yang memperoduksinya. Hanya saja banyak siswa yang tidak paham bagaimana mengarsir yang baik dengan menggunakan penggaris. Penggunaan penggaris membuat arsiran kamu lebih rapi dan terlihat sempurna jika dibandingkan menggunakan arsiran manual tanpa penggaris.    

Baca Juga:  Kecakapan Konsepsi Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer

Baca : Tips mengarsir LJK dengan penggaris agar tepat

3. Arsir bagian lingkaran terlebih dahulu

Untuk mengarsir jawaban yang kamu pilih, usahakan membuat lingkaran pada arsiran terlebih dahulu sebelum mengarsir bagian dalamnya, sehingga arsiran pada jawaban lebih telihat rapi.

Sebenarnya bisa saja mengisi bagian dalam lingkaran terlebih dahulu kemudian menarsir bagian luar atau lingkarannya. Tapi, untuk hasil yang lebih baik. Arsirlah bagian luarnya atau bagian lingkaran pada jawaban yang kamu pilih terlebih dahulu.

4. Arsirlah jawaban dengan satu arah

Dalam menagarsir jawaban perlu diperhatikan adalah kerapian dalam mengarsir, salah satu teknik mengarsir yang baik agar rapi adalah dengan menagrsir satu arah, misalnya jika mengarsir jawaban dari atas ke bawah secara vertikal maka lakukan hal tersebut hingga lingkaran jawaban tertutup dengan rapat dan rapi dengan searah, jangan sampai digabungkan dengan berbagai jenis garis yang tidak teratur atau tidak searah. 

5. Periksa ketajaman pensil

Ketajaman pensil sangat mempengaruhi arsiran kamu lho! Jangan pernah mengabaikan hal sepele ini. Karena biasanya siswa selalu mengabaikan untuk memperhatikan ketajaman pensil. Rautlah pensil secara berkala agar ketajaman pensil tetap terjaga dan kualitas arsiran yang kamu dapatkan bisa maksimal.

Ketika kamu menggunakan pensil untuk mengarsir jawaban kualitas pensil akan semakin menurun seiring dengan banyaknya jawaban yang sudah kamu arsir.

Cek ketajaman pensil kamu secara berkala misalnya, setiap 10 butir jawaban yang kamu arsir maka ujung pensil harus kamu perhatikan. Jika sudah terlihat tumpul segeralah untuk merautnya menggunakan alat penajam pensil yang lebih praktis.  

Itulah tips mnegarsir Lembar Jawaban Komputer yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan informasi bagi kamu yang sedang mempersiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional.

Baca Juga:  7 Tips Lolos UTBK Tanpa Les dan Bimbel!

Semoga tips ini memberikan manfaat bagi kamu. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, yuk, bagikan ke teman-teman kamu di media sosial seperti facebook dan twitter dengan me-klik ikon media sosial di bawah. Terima kasih.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Hobi satu ini sudah diketahui oleh banyak orang, apalagi kalau bukan mengoleksi perangko s…