Tips Mengingat Materi Dalam Semalam, Anti Gagal!

Guys-guys, Kamu pernah ga sih lagi capek karena seharian sekolah tapi, besok harus ulangan? Usut punya usut bahan ulangannya adalah materi yang baru diajarkan kemarin! Udah gitu gurunya engga bisa diajak kompromi?! Ditambah lagi nih, Kamu paling ga bisa hafalin materi dengan cepat?!

Oke, buat Kamu yang pernah mengalami masalah di atas atau bahkan sedang mengalami, maka jangan khawatir Sobat! Kali ini Kamu engga salah artikel karena aku punya beberapa tips buat Kamu yang lagi kepepet ulangan dan terpaksa belajar sistem wayang alias kebut semalam! 

Yuk, langsung simak tips di bawah ini!!

Tips Mengingat Materi Dalam Semalam, Alias Sistem Wayang Anti Gagal!

1. Wajib fresh

Tips pertama Kamu wajib fresh dulu guys! Fresh gimana sih maksudnya? Jadi, buat Kamu yang mau cobain sistem kebut semalam dan dijamin masuk materinya maka diperlukan fisik yang stamina juga.

Semisal, Kamu besok ada ulangan dan hari ini lagi capek banget, saranku Kamu tidur atau istirahat dulu. Nah, dari sini dibagi jadi dua cara lagi guys.

Cara pertama Kamu bangun subuh, biasanya pukul 2 atau 3 dini hari lalu belajar sampai pagi. Cara yang kedua Kamu bangun tengah malam tetapi, setelah belajar Kamu bisa tidur lagi. Menurutku kedua cara di atas sama aja sih, hanya saja di beberapa orang cara kedua sering bikin sakit kepala gitu guys. 

Oke lanjut! Setelah tidur, maka badan Kamu akan lebih fresh walaupun awalnya  bakal susah bangun dan engga bisa bohong memang ngantuk banget. Cuma harus diinget nih ulangan menanti Sobat!!

Baca Juga:  Tips Lancar Bahasa Korea Otodidak

Jadi, pastiin sebelum belajar Kamu istirahat dulu dan jangan lupa cukupi kebutuhan nutrisi Kamu ya. Jangan sampai perut Kamu keroncongan karena belum makan dari siang, aduh bahaya itu!

2. Mainkan stabilo

Selanjutnya adalah memulai belajar dengan warna. Jadi, di sini Kamu bisa buka buku paket dulu atau buku apapun yang biasanya dijadikan panduan dalam menulis soal versi guru Kamu.

Kalau Kamu udah buka buku tersebut maka mulailah membaca dan jangan lupa menggaris bawahi setiap kalimat penting ya guys! Menggunakan stabilo warna-warni bakal membantu Kamu untuk lebih ingat tentang materi tersebut. 

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, otak kita bakal lebih mudah mengingat sesuatu yang berwarna mencolok guys! Selain itu, bisa menghindarkan Kamu dari kantuk yang menyerang kapan saja. 

Tips penting lainnya adalah garisbawahi kata kunci di setiap materinya. Ini penting banget karena biasanya guru membuat soal yang ga jauh-jauh dari kata kunci. Mungkin bisa manfaat, pengertian, atau implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Lewat kata kunci Kamu juga bisa menjangkau lebih banyak rumusan masalah atau membantu penalaran dalam menjawab pertanyaan guys!

3. Mencatat kembali

Next, setelah menggarisbawahi kalimat penting, tiba saatnya Kamu untuk mencatat kembali apa yang telah dipelajari. Di sini kata kunci berperan penting karena akan membantu Kamu untuk membuat pemetaan materi.

Kamu bisa menggunakan prinsip mind map atau peta konsep dalam mencatat ulang semua materi yang telah dipelajari. Kata kunci bersifat sebagai pusat dan hal lain seperti ciri-ciri, pengertian, manfaat, atau kalimat penting berperan sebagai pendamping.

Hal tersebut akan sangat membantu Kamu untuk lebih mudah mengingat. Selain itu, jangan catat semua materi ya! Kalau mencatat semua materi namanya nyalin guys hehehe. Kamu bisa ambil inti atau simpulannya saja.

Baca Juga:  Materi IPA Kelas 9 Bab 5 Sumber - Sumber Energi Listrik

4. Baca kembali

Nah, setelah Kamu stabilo dan catat ulang maka tiba saatnya membaca kembali tulisan Kamu plus apabila ada catatan lain yang pernah ditambahkan oleh guru di luar dari buku panduan bisa Kamu baca juga. Bacanya santai aja guys, jangan terburu-buru, juga jangan kelamaan nanti  ngantuk hehehe.

Selain itu, apabila menemukan kalimat atau kata penting, Kamu bisa membacanya dua kali dan garisbawahi menggunakan bolpoin warna.

Oke, selesai deh. Dijamin esok hari ketika ulangan Kamu mampu mengingat semua materi dengan baik. Namun, tetap gunakan prinsip “Belajar Top, Istirahat Yes”. Usahakan belajar selama 40 menit hingga 50 menit dan beristirahat sejenak. Istirahat dapat diisi dengan minum air mineral agar Kamu tidak dehidrasi dan membantu menjaga kefokusan Kamu.

Selamat mencoba! Semoga berhasil!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Hobi satu ini sudah diketahui oleh banyak orang, apalagi kalau bukan mengoleksi perangko s…