10 Rekomendasi Buku Hukum Terbaik untuk Calon Mahasiswa Fakultas Hukum 2021!

Penulis ucapkan selamat kepada kamu yang berhasil lolos melalui jalur SNMPTN 2021! Kamu luar biasa guys! Namun, penulis juga mengucapkan semangat kepada kamu yang mungkin belum lolos dan sampai kini masih belajar untuk mempersiapkan SBMPTN! Kamu luar biasa! Nah, bagi kamu yang sudah lolos di SNMPTN kini saatnya untuk berfokus menata kehidupan semasa kuliah!

Kali ini penulis mau merekomendasikan ke kamu beberapa buku hukum yang wajib dibaca oleh CAMABA hukum di fakultas manapun. Kegiatan membaca ini bisa kamu lakukan setelah ujian sekolah berakhir dan mengisi liburan selama hampir 3 bulan, hehehe. Tenang! Penulis berikan rekomendasi dari fiksi sampai non-fiksi guys! So, tunggu apa lagi? Buruan simak ulasannya di bawah ini ya!

Rekomendasi Buku Hukum Terbaik untuk Mahasiswa

1. To Kill A Mockingbird karya Harper Lee

Buku pertama adalah sebuah novel klasik favorit penulis yang telah mendunia banget nih. Buku ini menjadi salah satu masterpiece milik Harper Lee dan termasuk sebagai buku paling berpengaruh di dunia. Ceritanya tentang apa sih? Secara singkat, To Kill A Mockingbird karya Harper Lee mengangkat sebuah perjuangan pengacara dalam memenangkan sebuah kasus.

Menariknya novel berlatar belakang Amerika di tahun 1930 ini diwakilkan oleh tokoh pengacara kulit putih yang membela seorang klien dari kaum kulit hitam. Pengacara tersebut bernama Atticus Finch. Tak hanya itu, perspektif di dalam novel ini pun menarik karena berasal dari Jean, anak kandung dari Finch yang masih berumur enam tahun.

Baca Juga:  5 Buku Matematika Wajib Dimiliki Mahasiswa SI Akuntansi

2. Les Misarable karya Victor Hugo

Rekomendasi buku hukum terbaik sepanjang masa selanjutnya ialah Les Misarable! Kamu penggemar buku klasik, sejarah, sekaligus penuh teka-teki? So, ga pake lama kamu harus baca Les Misarable karangan Victor Hugo. Buku ini bercerita tentang seorang narapidana bernama Jean Valjean yang dihukum karena pencurian roti. Psikologis Jean pun sangat dipermainkan, ia penuh dendam dan amarah.

Sampai seorang pastor menyadarkan sikapnya tersebut dan membuat Jean tersadar. Ia pun berganti nama, memulai kehidupan yang lebih baik hingga menjadi salah satu orang kaya di kota. Namun, kehidupannya ketika seorang pria dituduh sebagai dirinya dan terpaksa dihukum mati. Hal ini membuatnya dilema, memilih untuk jujur atau terus menutupi identitasnya.

3. Crime and Punishment karya Leo Tolstoy

Rekomendasi buku hukum berikut masih berasal dari golongan fiksi. Tolstoy sastrawan besar asal Rusia membuat sebuah alur cerita yang keren dan bikin geleng-geleng kepala. Secara sederhana, Crime and Punishment bercerita mengenai seorang mahasiswa bernama Raskolnikov yang ternyata seorang pembunuh.

Akan tetapi, ia sendiri tidak merasa bahwa membunuh adalah sebuah kesalahan. Melalui artikel-artikel yang ditulisnya, Raskolnikov secara terus terang menyatakan bahwa setiap manusia memiliki hak untuk membunuh! Wow! Novel ini ga hanya membuatmu berpikir guys, melainkan juga psikologismu akan dimainkan. Seperti halnya Raskolnikov yang lama-lama semakin sulit membedakan kenyataan dan imajinasi.

4. Pengantar Ilmu Hukum karya Prof. Subekti

Rekomendasi buku hukum berikut udah masuk ke kelas non-fiksi guys. Kalau tadi kamu udah menyantap berbagai buku fiksi klasik yang berkaitan tentang hukum maka jangan lupa untuk membaca Pengantar Ilmu Hukum sebagai permulaan masuk ke fakultas hukum. Buku ini (khususnya karya Prof. Subekti), menjadi rekomendasi bagi banyak universitas di Indonesia lho.

Bahkan ga jarang universitas menggunakan buku karya Prof. Subekti sebagai salah satu buku ajar yang wajib dikuasasi di semester satu. So, sebelum memulai tahun ajaran baru ada baiknya mulai nyicil dikit-dikit dengan membaca pengantar ilmu hukum satu ini!

Baca Juga:  Downlod Buku Siswa Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

5. Pengantar Hukum Pengungsi Internasional karya Iin Karita S. dan Kadarudin

Kamu tertarik masuk ke hukum internasional? Eits, jangan lupa buku esensial satu ini guys. Pertama kali penulis membaca judul buku ini, tanpa pikir panjang langsung checkout di e-commerce lho! Yap, buku ini memang semenarik judulnya guys. Di dalamnya diulas secara lengkap mengenai pengungsi internasional.

Mulai dari kewarganegaraan yang ditangguhkan sampai hukum-hukum yang melindungi para refugees. Ga hanya itu, salah satu buku hukum hak asasi ini juga menarik banget untuk diulang-ulang karena mengandung informasi yang lebih luas dari hukum aja. Pokoknya highly Recommended banget untuk dibaca guys!

6. Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa karya Endrik Safudin

Rekomendasi buku hukum berikutnya mungkin sedikit susah jika dibaca dari judulnya saja. Memang guys! Hanya saja selain susah, juga menarik untuk dikaji nih. Buku ini berisi materi secara super dalam mengenai negosisasi, penyelesaian sebuah sengketa, sampai mediasi guys.

Oh iya, ga hanya dalam taraf Indonesia saja melainkan juga taraf internasional. Sebenarnya buku ini menjadi salah satu landasan lebih lanjut di materi persengketaan atau hukum perjanjian. Namun, penulis rekomendasikan khusus untukmu yang tertarik dengan persengketaan dan arbitrase. 

7. Hukum Perdata Internasional karya Ronald Saija

Next, hukum perdata menjadi salah satu mata kuliah yang paling umum dan ramai di seantero universitas dengan fakultas hukum guys. Oleh karena itu, untuk memperdalam hukum perdata kamu perlu banget nih membaca buku satu ini. Buku ini mengulas dari pengantar hukum perdata, sejarah hukum perdata dalam taraf internasional, sampai status sosial, dan masih banyak lagi.

Penulis sendiri memasukkannya ke dalam rekomendasi buku hukum karena kecakapan materi yang diulas di buku ini guys. Sangat rapi, jelas, tidak berbelit-belit, dan tentunya lengkap dalam taraf hukum perdata internasional. So, buku satu ini harus masuk jajaran wish list kamu di kemudian hari nih!

Baca Juga:  10 Buku yang Akan Menemanimu Selama Liburan! Super Unik dan Anti-Mainstream!

8. Hukum Perjanjian karya Prof. Subekti

Yuk, masih dari penulis yang sama. Buku karangan Prof. Subekti memang super oke dan menarik untuk dibaca guys. Selain Pengantar Ilmu Hukum, karya lain berjudul Hukum Perjanjian juga seringkali menjadi landasan dalam pengajaran hukum di berbagai universitas nih.

Buku ini membahas tentang pengenalan mengenai hukum perjanjian di Indonesia, sampai pasal-pasal yang menyangkut hukum perjanjian. Bahkan buku ini juga disebut-sebut sebagai salah satu landasan berbagai tulisan hukum keperdataan (khususnya hukum perjanjian) yang ada di Indonesia.

9. 48 Hukum Kekuasaan karya Robert Greene

Buku ini menarik banget untuk dibaca karena berisi wahana mendalam tentang kajian kekuasaan. Tahukah kamu apabila kekuasaan sendiri telah menjadi salah satu hal tak terpisahkan dari manusia lho guys! Baik secara sadar maupun tidak sadar!

Buku ini engga melulu tentang pasal-pasal kok. Namun, lebih dalam mengenai mind exploring sampai kehidupan sehari-hari yang membuatmu berpikir lebih cermat lagi dalam menghadapi situasi.

10. Serba-Serbi Kasus Menarik oleh O.C Kaligis

Last untuk rekomendasi buku hukum, tidak penulis buat sepenuhnya berisi buku ajar atau landasan di jurusan hukum saja. Melainkan juga buku yang bisa membantumu menambah pengetahuan dalam dunia hukum. Misalnya saja buku berjudul Serba-Serbi Kasus Menarik karya O.C Kaligis.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena sesuai judulnya memuat berbagai kasus menarik. Sangat menarik untuk dikaji kembali, dipikirkan jalan yang tepat, sampai didiskusikan dengan teman guys!

Nah, itu tadi 10 rekomendasi buku hukum terbaik versi penulis. Walaupun tidak semuanya menarik untukmu, paling tidak kamu harus rajin-rajin membaca apabila masuk ke jurusan hukum guys. Mulai dari baca buku, esai, atau bahkan artikel harian. Ini penting banget untuk membantumu lulus dengan baik sampai di dunia kerja nanti!

There is more treasure in books than in all the pirates’ loot on Treasure Island ! – Walt Disney

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…