10 Attitude Yang Harus Kamu Miliki Saat Bergaul

Hai Readers! Apa kabar nihh? Kali ini aku bakalan mengulas tentang hal hal kecil dan sederhana yang patut kamu lakukan agar kamu memiliki good attitude.

Saat ini, di tengah perkembangan zaman, sangat banyak orang yang terlalu terikut ikut dengan budaya lain yang bahkan sangat bertentangan dengan budaya bangsa sendiri. Padahal sebenarnya sudah ada norma norma yang sudah ditetapkan dan sangat ketat tapi selalu ada yang melanggarnya. 

Di artikel ini, aku ga bakalan bicarakan tentang norma norma namun aku bakal bicara tentang hal hal kecil yang sangat penting untuk belajar menjadi orang dengan good attitude. 

10 Attitude Yang Harus Kamu Miliki

 Apa apa saja ya? Check it out kuy kuy kuy!

1. Ucapkan Terima Kasih pada Siapapun yang menolongmu

Hal paling dasar dalam belajar attitude adalah selalu mengingat untuk mengatakan “terima kasih” kepada siapapun yang membantumu baik itu lebih muda darimu, lebih tua darimu atau bahkan dengan teman sebayamu.

Saat kamu mengatakan terima kasih, akan ada rasa senang tersendiri yang dirasakan oleh orang yang membantumu, sehingga dia juga akan selalu senang untuk membantu orang lain. Hal ini menjadi seperti virus yang menyebar sehingga orang menjadi senang menolong orang lain.

Baca Juga:  Cara Jitu Melawan Rasa Malas

2. Ucapkan Maaf Jika Bersalah

Saat ini, banyak orang ketika bersalah enggan untuk meminta maaf tetapi malah mencaci maki. Husss, hal itu jangan pernah dilakukan ya. Saat kamu melakukan hal tersebut, itu juga akan menjadi seperti virus yang membuat orang berpikir untuk apa minta maaf, toh orang lain salah saja malah memaki. Jadi, jangan coba lakukan hal tersebut ya!

3. Selalu Ucapkan Permisi

Saat kamu berjalan di depan orang atau sedang berada di bus ataupun angkutan umum, selalu ucapkan permisi, karena orang bahkan akan menilai karaktermu melalui hal hal kecil seperti itu.

Atau selalu berikan kursi yang lebih nyaman kepada orang yang lebih tua, itu adalah bentuk kecil dari kesopanan yang sangat berpengaruh.

4. Jangan Mengkritik Orang Lain di Depan Umum

Jangan sekali kali mengkritik orang lain di depan umum bahkan saudara atau orang terdekatmu sekalipun. Terkadang orang orang merasa tidak nyaman dikritik apalagi jika di depan umum, berikan saran dengan kata kata lembut atau bicarakan secara pribadi, itu akan membuat dia merasa kamu lebih menghargainya.

5. Jika Kamu Minjam Sesuatu, Segera Dikembalikan

Hal ini mengacu pada banyak hal misalnya, jika temanmu meminjamkan hp-nya untuk menunjukkan galerinya, jangan sekali kali menggeser ke kanan atau ke kiri jika dia tidak bermaksud menunjukkannya, karena mungkin ada banyak hal hal privasi di hp-nya.

Atau jika seseorang meminjamkan uangnya padamu, selalu kembalikan bahkan hanya 500 rupiah, atau yang lebih sering terjadi adalah ketika kita meminjam barang teman kita, selalu kembalikan dalam keadaan seperti semula dan tepat waktu.

6. Jangan Melakukan Diskriminasi

Selalu perlakukan orang dengan adil tanpa diskriminasi, baik terhadap yang tua maupun yang muda ataupun yang berbeda agama, suku, ras, ataupun yang berkekurangan atau para penyandang disabilitas.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif BJ Habibie Menciptakan Pesawat Terbang

Saat ini sangat banyak yang melakukan diskriminasi, apalagi terhadap yang berbeda suku, hal itu membuat orang lain merasa rendah diri dan tidak berarti, atau mungkin dia bisa membenci kita dan melakukan hal buruk pada kita.

Oleh sebab itu, selalu harga orang lain dan perlakukan dengan baik.

7. Jangan Ingkar Janji

Usahakan untuk selalu menepati janji atau jika ada hal mendesak selalu permisikan terlebih dahulu. Karena mungkin kamu tidak akan dipercaya atau sulit membuat orang percaya jika kamu mengingkari janjimu. 

8. Biasakan Mengechat Terlebih Dahulu Sebelum Menelpon

Jangan pernah menelpon orang berkali kali atau mengespamnya melalui chat bahkan hal genting sekalipun, usahakan menelponnya saat dia sudah menjawab chatmu agar menelponnya.

Mungkin saja dia sangat sibuk atau tidak bisa diganggu saat itu, itu akan membuatmu kelihatan lebih sopan.

9. Jangan Membeli Makanan Mahal Saat Ditraktir

Hal ini adalah hal paling sering terjadi di kalangan anak muda zaman sekarang. Kita sering membeli makanan mahal atau barang mahal saat sedang ditraktir atau dalam bahasa gaulnya dibayarin oleh teman kita.

Atau mungkij kita sering membuka youtube atau instagram saat sedang di hospotin oleh teman kita. Mulai sekarang, stop lakukan hal itu! Dia mungkin saja tidak memiliki uang yang cukup atau kuota yang cukup sehingga tidak bisa membayari semua itu atau mungkin harus memintanya lagi pada orang tuanya.

10. Jangan Meminta Diskon Melebihi Setengah Harga

Jika kamu membeli sesuatu, usahakan menawar sewajarnnya. Jangan sampai menawarnya setengah harga, itu adalah hal yang sangat tidak sopan bahkan jika dia orang terdekatmu.

Coba kamu pikirkan jika kamu berada di posisi dia, mungkin kamu akan merasa rugi tetapi segan untuk mengatakannya. Jadi selalu minta diskon sewajarnya.

Baca Juga:  3 Pelajaran Dari Lagu Feel Special

Yang paling terakhir, selalu berpikir sebelum berbicara, kamu mungkin akan sangat menyakiti hati orang lain ketika bicara, dia mungkin tidak mengatakannya, tetapi hal itu bisa merujuk pada hal hal negatif, seperti ujaran kebencian ataupun balas dendam.

Semoga hal hal di atas dapat kita lakukan ya, mari mulai berubah dari diri sendiri! Semangat!

Orang lain tak akan pernah tahu dirimu, cara matamu melihat, otakmu berpikir, dan hatimu merasa, karena itu tunjukkanlah hal hal terbaikmu yang bisa dilihat orang lain. (ANONYMUS)

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kombinasi Shortcut Keyboard untuk Ngerjain Tugas, Biar Cepat!

Hi Readers! Siapa diantara kita yang belum mengenal laptop atau komputer? Komputer maupun …