Tips Belajar Matematika dengan Mudah

Hai Readerss! Sebagian dari kita banyak yang menganggap pelajaran Matematika sebagai pelajaran paling sulit bahkan pelajaran yang ngeselin, hehe :). Padahal sebenarnya tidak lho.

Bahkan pelajaran ini merupakan salah satu yang paling menyenangkan karena selalu mencari, menentukan dan menaksirkan. Oleh sebab itu kamu wajib baca tips belajar Matematika berikut!

Matematika adalah ilmu pasti yang selalu memberikan jawaban sesuai rumus yang digunakan. Selain itu Matematika selalu berguna dalam segala aspek kehidupan oleh sebab itu orang kaya cenderung selalu pintar Matematika.

Jika kamu masih tetap ga suka Matematika, ikutin deh tips yang aku kasih. Simak yukkk!

Tips Belajar Matematika dengan Mudah

Tips Belajar Matematika
Photo by ThisIsEngineering on Pexels.com

1. Ubah Mindsetmu Bahwa Matematika itu Susah

Tanamkan dipikiranmu bahwa matematika adalah ilmu yang menyenangkan dan jangan takut untuk belajar matematika. Jauhkan dirimu dari sugesti – sugesti negatif yang membuat kamu merasa tidak mampu atau tidak bisa melakukannya. Dan sebaliknya mulai mencoba dan mencoba.

2. Ringkaslah Rumus dengan Lengkap dan Menarik

Agar kamu lebih tertarik belajar serta lebih bersemangat. Selain itu, menulis rumus dengan rapi juga akan membuat kamu lebih mudah memahaminya.

Berikan hiasan pada catatanmu dengan warna – warni yang indah, hal itu dapat menambah mood kamu saat belajar. Kamu juga bisa menambah kata kata motivasi di sela sela rumusmu guna agar kamu selalu termotivasi. Coba aja deh langsung, pasti berhasil.

Baca Juga:  Tips Mengetahui Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Untuk membuat rangkuman pelajaran yang menarik, kamu harus baca nih tips berikut Cara Membuat Rangkuman

3. Pahami Soal dan Rumus

Menghapal rumus merupakan kesalahan terbesar semua pelajar dalam belajar matematika. Karena kamu tidak akan selalu bisa memngingat rumus tersebut dalam jangka panjang bahkan pada saat tertentu seperti misalnya pada saat kamu sedang terburu buru.

Maka, untuk mengatasi hal tersebut pahamilah rumus berdasarkan konsepnya. Sebab saat itu kamu akan mengerti sistematika rumus. Tapi sebelumya, pahami apa yang dipertanyakan dalam soal tersebut agar kamu menemukan rumus yang tepat.

4. Jangan Malu Bertanya

Saat kamu tidak mengerti atas penjelasan gurumu di depan kelas, maka bertanyalah kepada gurumu. Seperti kata pepatah “malu bertanya, sesat di jalan” begitu jugalah matematika.

Saat kamu malu bertanya, kamu akan selamanya tidak tahu dan nilai nilaimu akan buruk pada akhirnya. Karena itu, jangan takut bertanya toh tidak ada ruginya kok.

5. Belajar Bersama Teman (Belajar Kelompok)

Mengerjakan soal matematika dengan teman akan jauh lebih menyenangkan daripada mengerjakannya sendiri. Selain kita dapat bertukar pikiran, kita juga tidak mudah merasa bosan dan nge-blank. Lagipula belajar bersama teman membuat kita merasa nyaman dan sepenanggungan.

6. Banyak Latihan dan Mengulang Pelajaran

Agar rumus yang kamu pahami tidak mudah terlupakan, banyak banyaklah berlatih soal. Kerjakan semua tugas dan PR yang diberikan dari sekolah maupun dari tempat lain.

Serta rajin rajinlah mengulang pelajaran yang baru dipelajari di sekolah, biasanya menyelesaikan suatu persoalan matematika memiliki cara yang sama namun dengan angka yang berbeda, oleh sebab itu banyaklah mengulangnya.

Hal itu nantinya akan sangat berguna ketika kamu akan mengikuti PAS, PTS atau yang lainnya.

Baca Juga:  5 Tips Untuk Meningkatkan Kecerdasan

7. Belajar dari Kesalahan

Biasanya selesai ulangan atau ujian kita akan diberikan nilai dari hasil belajar kita. Jika ada yang salah maka ulangilah mengerjakan soal tersebut di rumah dan carilah jawaban yang benar.

Setelah kamu mengetahui kesalahanmu, berusahalah tidak lalai atau ceroboh dengan mengulanginya. Tetapi jadilah lebih teliti agar nilaimu sempurna.

8. Duduk di Bangku Depan

Kalau kamu biasanya duduk paling belakang, maka pindahlah ke bangku depan. Saat kita duduk di depan kita akan lebih fokus dan lebih mudah mendengar guru menerangkan bahkan guru juga lebih mudah berkomunikasi dengan kita. 

Wahhh, ternyata sangat beragam ya cara – cara agar matematika lebih mudah dipelajari. Namun selain dari  cara diatas, carilah cara paling menarik dan terbaik versimu.

Juga perlu kamu ketahui, selalu fokus dan telitilah dalam menyelesaikan masalah matematika, karena terkadang satu huruf yang salah dapat membuat seluruh penyelesaiannya juga ikut salah.

Lalu bagaimana? Apakah kamu siap untuk jatuh hati pada matematika ilmu yang paling menyenangkan? Jika sudah siap berarti sudah siap juga dong masuk klub olimpiade hehe xixi. SEMANGAT!

“Your assumptions are your windows on the world. Scrub them off every once in a while, or the light won’t come in.” (ISAAC ASIMOV)

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kombinasi Shortcut Keyboard untuk Ngerjain Tugas, Biar Cepat!

Hi Readers! Siapa diantara kita yang belum mengenal laptop atau komputer? Komputer maupun …