8 Tips Mendapatkan Nilai Tinggi Tanpa Belajar

Hi Readers! Bagi sebagian pelajar, bahwa nilai tinggi merupakan hal yang utama. Namun banyak diantara kita yang malas belajar sehingga hal tersebut tidak tercapai. Jika kamu pemalas, kamu wajib baca nih tips mendapatkan nilai tinggi tanpa belajar.

Selain mengecewakan diri sendiri, kita juga bisa mengecewakan orang lain seperti guru yang sudah lelah mengajar kita dan orangtua yang lelah mencari nafkah untuk kita. 

Sebab itu, saya akan berbagi tips nilai tinggi tanpa harus belajar atau tanpa harus mengulang pelajaran lagi di rumah. Simak ya teman teman siapa tahu bisa diterapkan!

Tips Mendapatkan Nilai Tinggi Tanpa Belajar

Mendapatkan Nilai Tinggi Tanpa Belajar
Photo by Andrew Neel on Pexels.com

1. Ikut Serta Atau Hadir dalam Semua Kelas    

Banyak guru yang menilai siswa dari kehadiran atau absensinya dikelas. Agar kamu mendapat nilai yang tinggi, usahakan mengikuti semua kelas dan berperan aktif di dalamnya.

Juga dengan kamu rajin mengikutinya, pelajaran yang diajarkan pun secara tidak langsung pasti sudah ada yang menempel di otakmu.

2. Jangan Malu Bertanya

Ketika ada pelajaran yang kurang jelas, maka bertanyalah kepada guru atau mentormu. Jangan takut ataupun malu untuk mengangkat tangan.

Siswa yang aktif cenderung lebih diperhatikan oleh guru sehingga kamu mendapatkan kejelasan dan mempermudah kamu mengingat pelajaran. Tapi selalu usahakan bersikap sopan dan santun saat bertanya meskipun kamu sudah dekat dengan pengajarmu.

3. Dekat dan Berbicara pada Pengajarmu

Ajaklah gurumu berbicara, tanyakan saran maupun tanggapan tentang progresmu di kelas. Jika komunikasi yang kalian jalin bagus, itu dapat membuat kamu mendapat perhatian lebih dan dimudahkan untuk mendapat nilai bagus. Selain itu, lakukan saran saran yang diberikan oleh gurumu. 

4. Duduk di Bangku Depan

Saat kamu duduk di bangku paling depan, kamu akan lebih mudah untuk berkonsentrasi akan pelajaran yang diajarkan oleh pengajar. Bukan cuma itu, kamu juga memperhatikan dengan baik apa yang di jelaskan oleh pengajarmu dan juga mendengarkan apa yang dikatakan oleh pengajarmu bahkan mengingatnya pun lebih mudah.

Baca Juga:  7 Inspirasi Membuat Agenda Belajar yang Menarik!

5. Beristirahat yang Cukup

Jangan sering begadang untuk melakukan SKS atau Sistem Kebut Semalam, hal itu dapat membuatmu bigung saat ujian dan juga kesehatanmu dapat terganggu. Tidurlah dengan baik dan cukup.

Selain tidur dengan cukup kamu juga harus mendapat hiburan yang cukup. Pergilah bermain bersama temanmu dan jangan terlalu fokus sehingga kamu mengabaikan pertemananmu.

6. Selesaikan Tugas Tepat Waktu

Saat pengajar memberimu tugas, usahakan mengumpulnya tepat waktu. Meski guru memberi toleransi waktu namun selalu ada konsekuensi yang akan kamu dapatkan. Selain itu selalu lakukan yang terbaik saat kamu mengerjakan tugasmu.

Jangan mengerjakannya secara asal asalan atau acak acakan. Saat kamu mengerjakannya dengan teliti dan fokus, apa yang kamu kerjakan juga dapat masuk ke otakmu.

7. Rajin Mencatat di Kelas

Saat kamu mencatat, kamu akan lebih mudah mengingat pelajaran yang diajarkan oleh pengajarmu. Jangan malas mencatat, karena saat kamu mencatat saja belum tentu langsung paham, apalagi jika kamu tidak mencatat.

8. Temukan Bakat dan Potensimu

Terkadang siswa berbakat atau berpotensi dan sering memenangkan perlombaan akan banyak dikenal di sekolah mulai dari guru, pengajar yang lain maupun siswa. Saat kamu dikenal, pengajar akan otomatis memperhatikanmu. Jadi asahlah kemampuan dan potensimu.

Cara cara diatas bisa meningkatkan nilai akademismu, namun jangan terlalu berpatokan pada cara cara diatas sehingga kamu jadi bermalas malasan dalam belajar. Juga, bukankah lebih baik jika kamu berhasil karena usaha yang sungguh sungguh? 

“A miracle is another name of an effort.” (Kang Tae Joon, To The Beautifull You)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kombinasi Shortcut Keyboard untuk Ngerjain Tugas, Biar Cepat!

Hi Readers! Siapa diantara kita yang belum mengenal laptop atau komputer? Komputer maupun …