5 Cara Belajar yang Efektif, Biar dapat Rangking di Kelas!

Halo, kawan-kawan! Gimana kabarnya nih? Semoga sehat sehat aja ya, kali ini aku bakalan jelasin cara belajar yang efektif ala aku, yang pastinya bakal seru, cara belajar yang aku bagikan sudah terbukti dan cara ini aku pakai selama 3 tahun terakhir!

Dan hasilnya aku bisa meraih rangking 3 besar di sekolahku! Nah kamu pasti udah penasaran kan sama caranya? Langsung aja yuk aku ulas satu persatu!

Daftar Isi

Cara Belajar yang Efektif Biar Dapat Rangking!

1. Dengerin musik!

smiling woman looking upright standing against yellow wall
Photo by juan mendez on Pexels.com

Dengerin musik tuh cocok banget buat tipe orang audio kayak aku! Menurutku, dengerin musik saat belajar itu bisa mengurangi ketegangan dalam belajar, selain itu bisa juga ngasih kesan ‘belajar tuh menyenangkan loh!’. Selain kedua manfaat itu, oiya, ada satu manfaat lagi nih, kita bisa nyerap pelajaran dengan mudah dan cepat!

2. Liat video pembelajaran (Youtube dan Aplikasi Belajar)

laptop technology ipad tablet
Photo by Pixabay on Pexels.com

Nah tipe kedua ini tuh cocok bagi kamu yang tipe audio-visual, ini juga tipe aku sih, jadi bagi kamu yang biasanya belajar model biasa aja dan gak berhasil, boleh nih coba tipe ini.

Tipe ini menurutku paling asyik karena kita bisa nonton video sambil dengerin penjelasan dari video, biasanya,tipe belajar yang ini sering dicurigain sama ortu gegara dikira bukannya belajar malah nonton video yang lain, saran aku selama pakai cara belajar ini jangan sambil buka Whatsapp atau Instagram ya.

3. Teknik Pomodoro!

Cara Belajar yang Efektif
Photo by Brett Sayles on Pexels.com

Teknik ini cukup efektif untukku pas belajar yang porsinya banyak banget misalnya saat persiapan PAS atau PTS, teknik ini efektif banget, soalnya otak nggak dibuat lelah sama belajar yang tanpa henti.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Website Untuk Membantu Belajar Agar Lebih Maksimal

Berikut ini cara melakukan teknik belajar Podomoro

a. Bagilah topik atau bab yang akan dipelajari, supaya nantinya terorganisir apa aja yang akan kamu pelajari!

b. Pasang stopwatch 25 menit. Waktu 25 menit ini berguna untuk menyerap pelajaran dengan sebaik mungkin! Yuk fokus!

c. Setelah waktu 25 menit berakhir, pasang waktu 5 menit untuk istirahat! 5 menit ini berguna untuk menyegarkan otak dan mengistirahatkan otak agar tidak terlalu lelah dalam belajar. Manfaatkan sebaik mungkin untuk mencari hiburan ( nonton TV, dll).

d. Lakukan pengulangan teknik ini selama 4 kali, setelah itu kita baru bisa beristirahat selama 15 sampai 20 menit.

Nah gimana nih? Tertarik buat nyobain? Cara belajar ini cukup efektif dan lebih enak untuk dijalanin karena memang kita biasanya suka bosen capek kalau udah liat buku mulu, cara ini bisa dicoba nih!

4. Teknik Baca Keras-keras!

cheerful young women screaming into loudspeaker
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Nah, teknik ini lumayan jarang dijumpai, karena biasanya kebanyakan orang konsentrasinya malah pada saat hening, tapi lain kasus sama tipe belajar ini, orang yang tipe belajarnya teriak – teriak atau baca keras – keras gini bisa masuknya pelajaran pada saat mereka baca keras – keras!

Aneh ya? Enggak juga sih, soalnya orang kan beda – beda ya! Tapi kalau pakai tipe belajar ini jangan sampai deh orang keganggu sama suara merdu kamu!

5. Teknik menulis rangkuman

two brown pencils
Photo by Tobias Dziuba on Pexels.com

Teknik yang terakhir ini pernah kucoba dan lumayan manjur, teknik ini memungkinkan kita berpikir secara sistematis, selain itu, kita bisa menghafal lebih cepat dan mudah karena teknik ini bisa dibuat dengan bahasa sendiri yang lebih mudah dipahami daripada pakai bahasa buku yang membingungkan soalnya lebih banyak istilah atau bahasa baku.

Baca Juga:  17 Rekomendasi Aplikasi Belajar Daring! Kamu Harus Coba Sekarang!

Kelebihan dari cara ini, kamu bisa menghiasi rangkuman dengan gambaran yang disukai agar mata lebih fresh dan bukupun lebih enak dipandang deh pokoknya!

Teknik yang kusarankan tadi itu udah pernah kucoba semua ya! Kamu juga harus coba! Soalnya belajar efektif itu penting banget buat perkembangan prestasi kamu, dengan belajar efektif, kamu bisa lebih berprestasi.

Aku yakin kamu pasti bisa! Dengan tekat yang kuat dan enggak patah semangat dalam belajar dan berdoa, kamu pasti bisa! Karena seperti kata pepatah “Usaha tidak akan mengkhianati hasil” oke guys, sekian petuah dariku, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Tips Mengatasi Mood yang Buruk, Biar Makin Semangat Belajar!

Halo! Kali ini aku bakalan kasih tips bagi kamu yang suka moody-an. Pernah nggak sih kamu …