Cara Mengembangkan Hobi Kamu Biar Menghasilkan Uang

Annyeong! Kali ini aku bakalan kasih tau cara aku buat kembangin hobi sehingga bahkan hobi itu bisa menghasilkan lho! 

Definisi hobi itu apa sih? Menurutku nih ya, hobi adalah sesuatu yang menjadi kegemaran kita, dan biasanya sih dilakukan pada saat kita senggang dan dengan catatan, nggak mengganggu keseharian.

Cara Mengembangkan Hobi Biar dapat Duit

1. Menggali Hobi

Nah, langkah pertama yang bisa kamu coba tuh kamu harus cari tau dulu apa sih kesenengan kamu? 

Caranya adalah kamu coba coba dulu deh aktif lakuin segala hal pastinya hal yang ‘positif’ ya, dengan begitu sih menurut aku, kamu bakalan nemuin hobi kamu.

Misalnya nih, seminggu kamu tekunin atau coba coba menulis cerita atau artikel dengan bahasa kamu, kalau kamu merasa have fun dalam menjalaninya, yuk ah dilanjutin! Daripada kamu galauin doi yang gak peka sama kamu, mending kamu kembangin hobi kamu jadi hal yang lebih berfaedah.

2. Tekunin Hobimu

Nah, setelah kamu temuin “apa sih passion kamu?”atau “apa sih hobi atau kesukaan kamu?” Yuk tekunin hobi kamu, mending di tekunin aja yuk daripada kalian bengong mikirin yang aneh aneh,mending coba tekunin hobi kamu. Misalnya, menggambar. 

Kalau memang hobi kamu menggambar, aku saranin sih kamu sebaiknya mungkin bisa belajar dari youtube atau instagram tentang tutorial cara menggambar baik dan benar jadi gambarmu bisa bagus nan indah.kamu coba dulu dari basic nya menggambar,jadi harus step by step gitu deh!.

Baca Juga:  Ingin Menjadi Manajer, Sudahkah Kamu Mengenal Apa Itu Manajer?

3. Kembangkan Hobimu

Bagi kamu yang belum tau, jaman digital sekarang tuh, hobi bisa dikembangin jadi pekerjaan tetap yang menghasilkan duit banyak! Lumayan kan bagi kita nih yang belum punya ijazah resmi buat lamar kerjaan bisa dapet duit berlimpah, sekarang tuh cuma main game aja bisa hasilin milyaran rupiah!

Misalnya aja, kamu yang sukanya fotografer, kamu bisa tuh ngevlog dan unggah videomu di youtube! Kalau channel youtube mu ramai dan disukai orang banyak, bakalan banyak tuh penghasilannya!

4. Yuk Ikut Ekstrakulikuler!

Misalnya,bagi kamu yang masih sekolah,bisa tuh ikut ekstrakulikuler pendukung hobi kamu. Tujuan diadain ekstrakulikuler ya memang biar kamu lebih menekuni dan ngembangin hobi dengan siswa yang bakat atau hobinya sama.

Nah, dengan adanya temen-temen satu ekskul yang bakat atau hobinya sama, kalian bisa tuh saling memotivasi, saling menyemangati agar sama-sama mengembangkan hobi terus-menerus dan secara berkelanjutan.

5. Yuk Ikut Lomba!

Nah ini nih menurutku cara terakhir buat “pembuktian” seberapa sih kamu menguasai bakat atau hobi kamu? Apa hobi yang kamu tekuni udah berkembang? Itu bakalan kebukti di part atau tahapan ini. Jangan pernah sia-siakan kesempatan buat ikut lomba yang sesuai dengan passion atau bakat kamu, karena ini bakalan mengukur seberapa jauh kamu menguasai hobi kamu.

Kalau ikut lomba jangan asal asalan ya! Ini bakalan jadi tolak ukur, dan jika kamu menang lomba yang berkaitan dengan hobi kamu, ini bakalan jadi suatu kebanggaan yang tak ternilai ya? Soalnya selain mencetak prestasi yang mungkin aja bisa buat masuk snmptn dan beasiswa, ini juga jadi pembuktian, bahwa kamu tuh bisa berkembang.

Nah! Gimana teman teman? Adakah kalian di jaman globalisasi ini yang masih belum punya hobi atau bakat? Harusnya setelah ini enggak ada ya! Hobi itu berfaedah lho, kalau kalian mau gali bener-bener dan mengembangkannya.

Baca Juga:  Moral Value Dari Acara “Produce 101”

Yuk jadi generasi muda yang lebih produktif! 

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Tips Mengatasi Mood yang Buruk, Biar Makin Semangat Belajar!

Halo! Kali ini aku bakalan kasih tips bagi kamu yang suka moody-an. Pernah nggak sih kamu …