Contoh Visi Misi OSIS SMP yang Bagus dan Unik

Hola guys! Siapa nih di antara kalian yang berminat banget untuk masuk di salah satu organisasi seperti OSIS, MPK, atau mungkin Dewan Ambalan? Yap, mungkin sebagian besar dari kalian yang masih SMP sampai SMA sudah tak asing dengan beberapa istilah di atas kan?

Tau ga sih guys, ada banyak banget manfaat yang bisa kamu ambil apabila mengikuti sebuah organisasi.

contoh visi misi osis smp
sumber gambar https://yru.or.id/

Salah satunya ialah mengajarkan kamu apa arti untuk membagi prioritas, time manajemen, sampai caramu dalam menyelesaikan dan memecahkan suatu permasalahan.

Nah, salah satu organisasi yang dapat menjadi sarana untuk melatih kemampuan di atas adalah OSIS guys. Kira-kira buat kalian yang baru masuk SMP, tau ga sih apa itu OSIS, cara kerjanya, sampai visi misi yang bisa kamu jadikan referensi untuk pemilihan ketua OSIS? 

Simak ulasannya di bawah ini ya!

Mengenal Lebih Dalam Mengenai OSIS

Sebelum masuk ke beberapa visi dan misi yang bisa menjadi referensi untuk pemilihan ketua OSIS atau bahkan perekrutan anggota OSIS di beberapa sekolah, maka kamu harus mengenal dahulu secara baik dan benar tentang organisasi OSIS.

Beberapa di antara kamu yang baru pertama kali mendengar istilah OSIS patut mengetahui kepanjangan dari akronim tersebut. OSIS adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah.

Biasanya OSIS akan mulai muncul di jenjang SMP sampai SMA nantinya guys. Organisasi OSIS juga terdiri dari berbagai siswa entah itu perempuan maupun laki-laki dari jenjang kelas yang berbeda (bisa dari kelas 7, 8, dan 9). Selain itu, OSIS juga memiliki pembimbing yang biasanya berasal dari guru terkait. 

Apabila dalam suatu sekolah terdapat sebuah acara seperti pentas seni, kegiatan olahraga, sampai perayaan 17 Agustus, maka beberapa siswa yang terlibat biasanya berasal dari OSIS.

Di beberapa sekolah justru OSIS lah yang meng-handle setiap acara tersebut. Jadi, apabila kamu tertarik untuk mempelajari cara menyusun acara sampai bagaimana berelasi secara baik dan benar, maka tak ada salahnya bergabung dengan organisasi OSIS.

Contoh Visi Misi OSIS SMP

1. Contoh Visi dan Misi 1

Visi
Menciptakan lingkungan pembelajaran yang menampung aspirasi siswa maupun guru dan keluarga besar SMP … (isi nama SMP kamu), serta menciptakan lingkungan belajar yang saling mendukung satu sama lain melalui pengembangan kemampuan siswa dengan terarah di bawah perlindungan peraturan sekolah.

NoMisi
1Membentuk pengawas atau penampung aspirasi siswa harian dengan rapat yang dilakukan secara berkala atau rutin. 
2Membentuk pengawas atau penampung aspirasi siswa harian dengan rapat yang dilakukan secara berkala atau rutin. 
3Menjadikan SMP … (nama SMP kamu) sebagai sekolah menengah yang unggul dan berprestasi dalam bidang yang sesuai dengan bakat minat setiap siswanya. 

2. Contoh Visi dan Misi 2

Visi
Menciptakan suasana kekeluargaan dan solidaritas tinggi di antara siswa sehingga mampu membangun SMP .. (nama SMP kamu) menjadi sekolah yang memiliki ketertiban, kepatuhan, dan solidaritas yang tinggi antar siswa dengan tujuan memperjuangkan cita-cita dari sekolah.

NoMisi
1Menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan rasa senasib dan sepenanggungan antara siswa.
2Menghilangkan adanya senioritas atau jarak antara kakak kelas dengan adik kelas. 
3Meningkatkan kedekatan dengan guru dengan batas-batas sesuai dengan norma atau tata krama yang berlaku.
4Menciptakan rasa respect terhadap sesama siswa SMP … (isi nama SMP kamu).

3. Contoh Visi dan Misi 3

Visi
Membangun jiwa ketaqwaan terhadap Ketuhanan yang Maha Esa dengan tetap memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan yang ada di Indonesia serta memperbaiki sikap atau rasa tenggang rasa dan toleransi antar siswa SMP … (nama SMP kamu) dengan guru atau seluruh keluarga besar SMP … (nama SMP kamu).

NoMisi
1Menciptakan organisasi keagamaan sesuai dengan ragam agama yang ada di SMP… (isi nama SMP kamu).
2Mengadakan beberapa kegiatan keagamaan sesuai dengan agama yang ada di SMP … (isi nama SMP kamu).
3Mengadakan berbagai macam acara untuk membangun rasa toleransi dan tenggang rasa dengan menggunakan dasar kemanusiaan dalam pembuatan acara. 

4. Contoh Visi dan Misi 4

Visi
Menciptakan suasana kepeduliaan yang tinggi antar siswa di SMP … (tulis nama SMP kamu) dengan guru, staff, dan seluruh keluarga besar SMP … (isi nama SMP kamu) serta membangun lingkungan yang mendukung adanya kepeduliaan di sekitar sekolah dengan mewujudkan misi saya di bawah ini.

NoMisi
1Mengadakan beberapa kegiatan sosial dengan tujuan membantu siswa di dalam sekolah yang kekurangan. 
2Mengadakan kegiatan sosial sesuai dengan tanggal atau hari besar di Indonesia dengan membagikan sumbangan seperti sembako kepada masyarakat sekitar sekolah. 
3Melakukan kunjungan secara rutin ke beberapa panti jompo, panti asuhan, sampai tempat sosial lainnya sesuai dengan hari besar maupun hari ulang tahun sekolah.

5. Contoh Visi dan Misi 5

Visi
Membangun jiwa kepemimpinan, solidaritas, ketaqwaan, dan kepedulian yang tinggi kepada sesama siswa SMP… (isi nama sekolah kamu) serta rasa hormat dan patuh kepada segenap guru maupun peraturan sekolah sebagaimana orang tua kedua dari masing-masing siswa, juga membangun SMP … (isi nama SMP kamu) dengan prestasi yang memuaskan sekaligus membanggakan.

NoMisi
1Membangun beberapa komunitas yang sesuai dengan bakat dan minat dari masing-masing siswa SMP… (isi nama sekolah kamu).
2Mengadakan beberapa kegiatan sosial dengan tujuan kemanusiaan atau memberikan bantuan kepada korban bencana alam yang ada di Indonesia. 
3Melakukan kegiatan keagamaan sesuai dengan agama yang ada di SMP … (isi nama SMP kamu) untuk memperkuat rasa toleransi dan tenggang rasa. 
4Menciptakan beberapa kegiatan dengan tujuan memperkuat rasa solidaritas siswa-siswa SMP … (isi nama SMP kamu) dengan tetap berpegang pada peraturan sekolah dan norma-norma yang ada.

Manfaat Mengikuti OSIS

1. Melatih kemampuan sosial

Manfaat pertama ketika kamu mengikuti OSIS adalah mendapatkan banyak pembelajaran mengenai pengembangan ilmu sosial. Seperti halnya ketika kamu sedang melakukan kolaborasi atau bekerja sama dengan teman sampai guru pembimbing.

Kamu akan belajar tentang bagaimana bekerja sama dengan baik dengan berbagai orang dengan tipe yang berbeda-beda tentunya.

2. Melatih kemampuan public speaking

Di era kini kemampuan public speaking adalah salah satu hal yang harus dimiliki setiap individu agar bisa terus maju dan berkembang. Kemampuan public speaking ini dapat dilatih dengan mengikuti beberapa kegiatan organisasi seperti OSIS.

Kamu akan terbiasa untuk berbicara, mengutarakan pendapat, sampai membimbing sebuah acara di depan banyak siswa tanpa merasa malu atau gugup.

3. Sarana mengembangkan passion

Siapa sangka guys, dengan mengikuti OSIS kamu juga bisa lho melatih passionmu selama ini. Misalnya saja, kamu memiliki hobi atau passion di bidang desain grafis seperti pembuatan poster atau fotografi.

Maka di OSIS kamu bisa diarahkan ke sie Iptek yang mengurus tentang poster atau bahkan dokumentasi dalam sebuah acara. Sehingga, kemampuanmu dapat berkemban dengan baik dan bermanfaat bagi orang sekitar. 

4. Menambah relasi

Terakhir, manfaat mengikuti OSIS adalah menambah relasi. Tentunya relasi atau networking sangat diperlukan guys untuk menunjang segala pekerjaan sampai aktivitasmu kedepannya. Salah satu cara untuk mengembangkan networking atau relasi adalah mengikuti berbagai organisasi seperti OSIS. 

Nah, di atas adalah beberapa contoh visi dan misi OSIS SMP sampai beberapa manfaat mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah yang dapat kamu terima ketika mengikutinya dengan sungguh-sungguh.

Selagi kamu memiliki waktu luang untuk mengembangkan diri, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa organisasi yang dapat membantumu semakin berkembang di kemudian hari. 

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kenalan Dengan Ruangpeduli, Secercah Harapan Untuk Generasi Indonesia

Tahukah kamu, angkat buta huruf di Indonesia selalu meningkat tiap tahunnya. Tentunya terd…