smart female student with books and backpack in university hallway

10 Fakultas di IPB dan Akreditasinya (S1)

Tahukah kamu bahwa tepat pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 kemarin, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan klaster perguruan tinggi yang ada di Indonesia? Ada 15 perguruan tinggi yang menempati klaster pertama dan yang menjadi peringkat pertama adalah IPB University.

Wah, tentu saja ini bisa menjadi pacuan semangatmu untuk bisa masuk di IPB. Lalu, tahukah kamu fakultas-fakultas yang ada di IPB dan akreditasi program studinya untuk jenjang S1? Jika masih belum tahu, yuk simak informasi berikut!

10 Fakultas di IPB dan Akreditasinya (S1)

tips milih pts

1. Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian atau disingkat FAPERTA ini merupakan fakultas pertanian yang tertua dan berkembang sejak zaman Hindia Belanda. Kode Fakultas Pertanian IPB adalah A dengan warna bendera yaitu hijau.

Fakultas Pertanian terdiri empat departemen yang semuanya sudah mendapatkan akreditasi A, yaitu Departemen Manajemen Sumberdaya Lahan, Departemen Agronomi dan Hortikultura, dan Departemen Proteksi Tanaman yang juga sudah mendapatkan akreditasi dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA), serta Departemen Arsitektur Lanskap yang telah mendapatkan akreditasi dari International Federation of Landscape Architects (IFLA).

2. Fakultas Kedokteran Hewan

Fakultas Kedokteran Hewan atau disingkat FKH merupakan salah satu fakultas kedokteran hewan terbaik di Indonesia lho. Kode fakultas ini adalah B dengan warna bendera yaitu ungu. Dalam Fakultas Kedokteran Hewan, terdiri dari program Sarjana Kedokteran Hewan yang sudah terakreditasi A serta akreditasi dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) dan tersedia program Profesi Dokter Hewan yang juga sudah terakreditasi A. FKH IPB juga mempunyai rumah sakit hewan lho.

Baca Juga:  Daftar Program Studi S1 Ilmu Gizi Terakreditasi A di Indonesia

3. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan atau disingkat FPIK merupakan salah satu fakultas perikanan terbaik di Indonesia lho. Kode fakultas ini adalah C dan warna benderanya yaitu biru.

Fakultas ini terdiri dari lima jurusan yang kelimanya sudah terakreditasi A yaitu Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perairan, Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap, serta Ilmu dan Teknologi Kelautan.

Tiga jurusan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB telah terakreditasi oleh ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) yaitu jurusan Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Manajemen Sumberdaya Perairan, serta Teknologi Hasil Perairan. Sementara itu, jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan telah terakreditasi oleh Institute of Marine Engineering, Science and Technology (IMarEST).

4. Fakultas Peternakan

Fakultas Peternakan atau disingkat FAPET mempunyai kode D dan mempunyai warna bendera yaitu coklat. FAPET terdiri dari tiga jurusan yaitu Teknologi Produksi Ternak, Nutrisi dan Teknologi Pakan, dan Teknologi Hasil Ternak.

Jurusan Teknologi Produksi Ternak serta jurusan Nutrisi dan Teknologi Pakan sudah terakreditasi A serta telah mendapat akreditasi dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA). Sedangkan jurusan Teknologi Hasil Ternak sudah terakreditasi B.

5. Fakultas Kehutanan dan Lingkungan

Fakultas Kehutanan atau biasa disebut FAHUTAN merupakan salah satu Fakultas Kehutanan terbaik di Indonesia. Fakultas ini mempunyai kode E dan warna bendera abu-abu. Sejak 1 Juli 2020, nama Fakultas Kehutanan resmi berganti menjadi Fakultas Kehutanan dan Lingkungan.

Fakultas Kehutanan dan Lingkungan terdiri dari empat departemen, yaitu Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, serta Silvikultur. Keempat departemen ini sudah mendapat akreditasi A. Departemen Teknologi Hasil Hutan juga telah mendapat akreditasi dari Society of Wood Science and Technology (SWST).

Baca Juga:  Download Naskah Soal Ujian Masuk STIS

Sedangkan Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata dan Departemen Silvikultur telah mendapat akreditasi dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

6. Fakultas Teknologi Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian atau yang biasa disebut FATETA mempunyai kode F dan warna bendera merah dengan lambang IPB yang berwarna putih di tengah.

Fakultas ini terdiri dari empat jurusan yang semuanya sudah terakreditasi A, yaitu Teknik Pertanian dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknik Industri Pertanian, serta Teknik Sipil dan Lingkungan. Selain mendapat akreditasi dari dalam negeri, tiga jurusannya juga sudah mendapat akreditasi dari luar negeri.

Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem mendapat akreditasi dari Japanese Accreditation Board for Engineering Education (JABEE) dan Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

Jurusan Teknologi Pangan telah mendapat akreditasi dari Institute of Food Technologists (IFT) dan International Union of Food Science and Technology (IUFoST). Serta jurusan Teknik Industri Pertanian yang juga mendapat akreditasi dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET).

7. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau yang disingkat menjadi FMIPA mempunyai kode G dan warna bendera putih dengan lambang IPB berwarna biru di tengah. FMIPA mempunyai sembilan jurusan, delapan diantaranya sudah terakreditasi A.

Yaitu jurusan Statistika, Meteorologi Terapan, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Fisika, dan Biokimia. Sedangkan jurusan Aktuaria terakreditasi B. Jurusan Biologi sudah mendapatkan akreditasi dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

8. Fakultas Ekonomi dan Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Manajemen atau yang disingkat FEM, mempunyai kode H dan warna bendera yaitu jingga. Fakultas Ekonomi dan Manajemen terdiri dari lima jurusan yang semuanya sudah terakreditasi A, yaitu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ilmu Ekonomi Syariah, Manajemen, Agribisnis, dan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan. Selain itu, departemen yang ada di fakultas ini semuanya sudah mendapatkan akreditasi dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

Baca Juga:  7 Tips Mendapatkan Beasiswa, Terbaru!

9. Fakultas Ekologi Manusia

Fakultas Ekologi Manusia atau biasa disingkat FEMA merupakan satu-satunya Fakultas Ekologi Manusia di Indonesia. Fakultas ini mempunyai kode I dan warna bendera hijau toska.

Fakultas ini mempunyai tiga jurusan yang semuanya sudah terakreditasi A yaitu Ilmu Gizi, Ilmu Keluarga dan Konsumen, serta Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Jurusan Ilmu Gizi serta jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat juga sudah mendapatkan akreditasi dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

10. Sekolah Bisnis

Sekolah Bisnis IPB terdiri dari program sarjana, magister, dan doctor. Program sarjana Sekolah Bisnis IPB menawarkan program studi Bisnis. Kode dari jurusan Bisnis adalah K. Jurusan ini telah mendapatkan akreditasi B.

Nah, itulah fakultas-fakultas yang ada di IPB beserta akreditasinya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang ingin masuk IPB agar bisa mengetahui IPB lebih luas lagi. Semoga bermanfaat. 

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…