gaji ahli gizi

Gaji Ahli Gizi di Indonesia

Gaji Ahli Gizi – Banyak diantara kamu mungkin penasaran dengan gaji ahli gizi. Bagi kamu yang masih duduk dibangku sekolah dan ingin masuk jurusan ilmu gizi saat kuliah nanti, mungkin prospek pekerjaan dan gajinya menjadi salah satu pertimbangan. Kira-kira berapa sih gaji ahli gizi? Yuk simak informasi berikut!

Gaji Ahli Gizi yang Perlu Kamu Ketahui

gaji ahli gizi
Photo by Pixabay on Pexels.com

1. Ahli Gizi di Rumah Sakit

Salah satu profesi ahli gizi yang utama adalah menjadi ahli gizi di rumah sakit. Pada umumnya persyaratan untuk menjadi ahli gizi di rumah sakit adalah minimal pendidikan D3/S1 Gizi, mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR), sehat jasmani dan rohani, dan terkadang diminta dengan batasan usia tertentu.

Gaji yang ditawarkan oleh masing-masing rumah sakit berbeda-beda lho. Gaji ahli gizi di rumah sakit pada umumnya sekitar Rp 2.000.000,00 s/d Rp 5.000.000,00. Tentu saja gaji ini seimbang dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seorang ahli gizi.

2. Ahli Gizi di Puskesmas

Selain menjadi ahli gizi di rumah sakit, lulusan ilmu gizi juga dapat menjadi ahli gizi di puskesmas. Biasanya untuk menjadi ahli gizi di puskesmas, kamu harus mendaftarkan diri untuk menjadi ahli gizi melalui Dinas Kesehatan setempat.

Persyaratannya sebagian besar sama dengan ahli gizi di rumah sakit. Gaji ahli gizi di puskesmas pada umumnya sekitar Rp 2.500.000,00 s/d Rp 4.000.000,00.

3. Ahli Gizi di Perusahaan

Tidak hanya menjadi ahli gizi di rumah sakit dan puskesmas, lulusan ilmu gizi juga dapat menjadi ahli gizi di perusahaan. Bisa perusahaan makanan, minuman, obat herbal, obat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi

Gaji yang ditawarkan tentu saja berbeda-beda tergantung pada perusahaan tempat kamu bekerja. Pada umumnya, gaji ahli gizi di perusahaan diatas Rp 4.000.000,00.

4. Ahli Gizi di Perusahaan Asing

Banyak juga perusahaan asing yang membutuhkan ahli gizi lho. Terkadang selain persyaratan untuk menjadi ahli gizi pada umumnya, kamu juga harus mempunyai kemampuan bahasa asing, seperti Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, atau Bahasa Korea.

Gaji yang ditawarkan juga tergolong fantastis, yaitu diatas Rp 5.000.000,00.

5. Kepala Ahli Gizi

Sebagai ahli gizi yang sudah bekerja dalam kurun waktu tertentu, pasti akan terdapat kenaikan jabatan. Salah satunya adalah menjadi kepala ahli gizi. Baik menjadi kepala ahli gizi di rumah sakit atau perusahaan, gaji yang ditawarkan sangat menarik lho.

Hal ini juga dibarengi dengan tanggung jawab dan pekerjaan yang harus bisa diselesaikan dengan baik. Gajinya yaitu sekitar diatas Rp 6.000.000,00.

Itulah beberapa informasi gaji ahli gizi yang mungkin selama ini membuatmu kepo. Namun, gaji ahli gizi masing-masing perusahaan atau instansi itu berbeda-beda tergantung pada kebijakannya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

10 Fakultas di IPB dan Akreditasinya (S1)

Tahukah kamu bahwa tepat pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 kema…