6 Platform Menulis Cerpen dan Novel Yang Patut Kamu Coba

Menulis adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Bagi beberapa orang, menulis adalah salah satu kemampuan yang patut untuk dikembangkan, salah satunya adalah menulis cerita. Cerita yang ditulis dapat berupa cerpen atau bahkan novel. Ada beberapa platform menulis yang patut kamu coba lho. Apa saja? Yuk simak informasi berikut!

6 Platform Menulis Cerpen dan Novel Yang Patut Kamu Coba

menulis cerpen
Photo by Pixabay on Pexels.com

1. Wattpad

Aplikasi Wattpad adalah salah satu aplikasi menulis yang terkenal. Banyak yang sudah membuat karya di wattpad dan dibaca jutaan kali lho. Bahkan ada yang sudah dibukukan dan dibuatkan film. Disini selain menjadi penulis, kamu juga bisa menjadi pembaca cerita lainnya lho.

Tidak hanya untuk menulis cerpen dan novel, kamu juga bisa menulis puisi dan kategori cerita lainnya. Ada kategori acak, cerpen, chicklit, fantasi, fiksi ilmiah, fiksi penggemar, fiksi remaja, fiksi sejarah, fiksi umum, getaran, horror, humor, klasik, laga, manusia serigala, misteri, non fiksi, paranormal, petualangan, puisi, roman, spiritual, dan vampir lho.

Caranya sangat mudah, kamu bisa mendaftar untuk membuat akun baru. Jika kamu ingin menulis cerita, kamu tinggal menekan menu buat untuk membuat cerita baru. Kamu bisa menambahkan judul, sinopsis, cover, tag, kategori, bahasa, dan hak cipta. Disini kamu bisa berinteraksi juga dengan pembacamu dengan membalas komentar yang telah mereka berikan di ceritamu lho. Kamu juga dapat mengaktifkan menu cerita berbayar sehingga kamu bisa mendapatkan pendapatan.

2. Webnovel

Webnovel merupakan salah satu platform menulis yang patut dicoba. Disana ada banyak kategori tulisan yang dapat kamu tulis sekaligus kamu baca. Ada romansa anak muda, romansa, romansa kontemporer, fan-fiction, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Mau Kuliah di Luar Negeri? Yuk, Siapkan Bahasa Inggris Kamu!

Disini kamu dapat memilih siapa yang menjadi karakter utama dalam cerita tersebut. Apakah tokoh utamanya laki-laki atau perempuan. Hal ini memudahkan pembaca untuk mencari bacaan yang sesuai dengan minat mereka.

Untuk menjadi penulis, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat mulai menulis cerita. Menulis di webnovel bisa dapat penghasilan juga lho. Ini bisa kamu dapatkan jika kamu mengajukan kontrak untuk novel atau cerita yang sedang kamu tulis. Bahkan ada juga yang ditawari kontraknya oleh pihak webnovel lho. Ada juga kontes-kontes menulis yang dapat kamu ikuti.

3. Noveltoon

Noveltoon adalah bagian dari mangatoon yang berfokus pada novel dan cerita lainnya. Kamu yang hobi menulis, patut mencoba aplikasi ini. Seperti webnovel, kamu juga dapat memilih preferensi cerita yang kamu inginkan, apakah cerita terkait perempuan atau laki-laki.

Untuk cerita perempuan lebih ke kategori romansa, anak muda, dan masih banyak lagi. Sedangkan cerita laki-laki bisa bertema game, fiksi sejarah, dan masih banyak lagi. Hal ini memudahkan kamu untuk mencari bacaan dan membuat cerita berdasarkan kategori. Bukan untuk membeda-bedakan lho.

Jika kamu tertarik untuk menulis disini, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa mulai membuat cerita. Namun, cerita yang akan kamu buat harus di-review terlebih dahulu oleh pihak Noveltoon.

Masa review-nya tidak lama kok, hanya beberapa hari saja. Disini, kamu juga bisa mengikuti berbagai kontes seperti menulis cerita antar siswa SMA, You Are Writer, menulis dengan tema tertentu, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dengan mengajukan kontrak dari ceritamu lho.

4. Storial.co

Salah satu aplikasi menulis yang patut kamu coba selanjutnya adalah Storial.co. Aplikasi ini mempunyai banyak kategori cerita yang dapat kamu baca sekaligus kategori-kategori cerita apa saja yang bisa kamu buat.

Baca Juga:  Kecakapan Konsepsi Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer

Sama seperti platform lainnya, kamu harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa membuat cerita. Kamu juga dapat mengajukan kontrak untuk menjadi penulis sehingga bisa mendapatkan penghasilan lho. Disini juga ada banyak kontes menulis yang dapat kamu ikuti lho.

5. Cabaca

Aplikasi Cabaca merupakan salah satu platform untuk menulis yang patut kamu coba. Disini tersedia berbagai kategori cerita yang menarik dan cerita-cerita pilihan lho. Karena untuk menjadi penulis disini kamu harus lolos seleksi terlebih dahulu.

Kamu dapat mengajukan diri untuk menjadi penulis di cabaca dengan cara mendaftarkan karya yang sudah 75% jadi untuk di-review oleh editor. Tentu saja jika kamu lolos, kamu akan mendapatkan kontrak eksklusif. Kamu juga tidak perlu repot-repot membuat cover karena cover akan disediakan oleh pihak cabaca.

6. Kwikku

Kwikku merupakan platform karya anak bangsa yang patut kamu coba. Disini, selain menjadi penulis, kamu juga bisa menjadi pembaca cerita, artikel, dan bahkan dapat menonton film lho. Untuk menjadi penulis, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu untuk membuat akun baru. Di Kwikku ada banyak kontes menulis yang menarik lho. Kamu harus mencobanya.

Nah, itulah beberapa platform menulis yang patut kamu coba untuk mengembangkan kemampuanmu dalam menulis atau bahkan memulai karirmu sebagai penulis. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

4 Pelajaran Dari Lagu Spine Breaker

Membicarakan masa kini tentu tidak terlepas dari tren yang mulai berkembang di masyarakat.…