8 Hal yang Dilakukan Sebelum Masuk Kuliah! Jangan Lupa Dicatat Gengs!

Penulis ucapkan selamat bagi kamu yang lolos SBMPTN 2021 nih! Kamu hebat banget guys! Namun, buat kamu yang belum lolos maka jangan bersedih ya. Masih ada jalur ujian mandiri atau bahkan universita swasta yang siap menerima kamu gengs. Tentunya jangan minder apabila kamu tidak masuk ke perguruan negeri.

Nah, karena kuliah udah lumayan deket maka penulis ingin membagikan 8 hal yang dilakukan sebelum masuk kuliah nih gengs. Hal-hal di bawah ini sih menurut penulis wajib banget dipersiapkan. Apalagi bagi kamu yang mungkin ga memiliki alumni atau kakak di universitas tersebut. So, yuk simak ulasannya ya!

Hal yang Dilakukan Sebelum Masuk Kuliah

1. Catat tanggal penting

Hal yang dilakukan sebelum masuk kuliah
Close up woman hand writing on notebook

Yap, hal pertama yang wajib kamu lakukan ialah mencatat tanggal penting. Pengumuman SBMPTN kemarin jangan sampai membuatmu bereuforia terlalu lama gengs. Umumnya, setelah pengumuman akan ada berbagai info mengenai tanggal penting dari setiap universitas.

Hal inilah yang wajib banget kamu perhatikan sekaligus catat. Mulai dari tanggal masuk perkuliahan atau masa ospek, pendaftaran ulang, sampai tanggal pembayaran biaya kuliah.

2. Setting goals kamu

Hal yang dilakukan sebelum masuk kuliah berikutnya ialah mengatur ulang goals kamu. Untuk kamu yang diterima di universitas pilihan pertama, tentu tak banyak goals yang diubah. Namun, kamu yang diterima di universitas pilihan kedua atau bahkan universitas swasta maka mengatur ulang goals adalah hal penting.

Pikirkanlah berbagai rencana ke depan. Mulai dari perkuliahan, rencana untuk mengikuti organisasi, sampai internship. Pastikan kamu benar-benar yakin dengan jurusan yang kamu ambil ya gengs.

Oh iya, di setiap fakultas juga memiliki sistem poin gengs. Poin ini termasuk sebagai salah satu syarat untuk mengambil ujian skripsi di perkuliahan. Sistem poin pun berbeda antar universitas lho.

Baca Juga:  Tips Hemat Untuk Mahasiswa Rantau

Akan tetapi, umumnya poin sendiri didapatkan dari prestasi yang kamu raih di universitas, mengikuti kegiatan atau event kampus, sampai webinar gengs. So, jangan lupa catat event penting universitas atau webinar online yang ingin kamu ikuti ya!

3. UKM apa sih yang kamu minati?

group of people sitting indoors
Photo by fauxels on Pexels.com

Nah, ga kalah penting nih guys, UKM! UKM atau singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan sebuah komunitas atau bisa dibilang eksktrakurikuler versi dunia kampus nih. Biasanya setiap mahasiswa diwajibkan memilih 1 atau 2 UKM gengs.

Penulis sarankan nih, dalam memilih UKM kamu harus lebih cermat ya gengs. Pilihlah UKM yang sesuai dengan hobimu atau bahkan mampu menunjang kehidupan perkuliahan. Kamu bisa banget menjadikan UKM sebagai sarana refreshing di tengah kelelahan tugas kuliah atau justru membuatnya menjadi salah satu kesibukanmu.

4. Riset penjurusan

Riset penjurusan menjadi salah satu hal yang dilakukan sebelum masuk kuliah berikutnya nih. Umumnya beberapa jurusan di kuliah memiliki mata kuliah penjurusan lagi guys. Misalnya, untuk jurusan hukum. Pada awal semester kamu akan mendapatkan pelajaran hukum secara umum.

Akan tetapi, menjelang semester 5 atau 6 biasanya akan ada berbagai mata kuliah peminatan yang lebih menjurus gengs. Kalau di jurusan hukum sendiri terdiri dari hukum perdagangan, hukum internasional, hukum pidana, dan lain-lain.

Masalahnya, beberapa mata kuliah peminatan ini seringkali ga bisa diambil jika tidak melewati mata kuliah yang diminta. Contoh, pada mata kuliah hukum internasional. Kamu wajib melewati mata kuliah tidak wajib yakni kawasan internasional dan organisasi dunia agar bisa mengikuti penjurusan mata kuliah hukum internasional.

Nah, kalau kamu kelupaan atau justru engga mengambil mata kuliah tersebut maka dipastikan kamu ga bisa mengambil hukum internasional sebagai penjurusan gengs. So, secara sederhana kamu wajib banget nih mengatur mata kuliahmu mulai dari semester satu sampai akhir atau paling tidak per-semesternya gengs.

5. Tempat tinggal

Hal yang dilakukan sebelum masuk kuliah
Teen bedroom nicely arranged

Next, biasanya nih kuliah menjadi ajang di mana para pelajar Indonesia keluar dari rumah masing-masing. Kalau begitu, hal yang wajib kamu persiapkan ialah tempat tinggal. Kamu bisa memilih asrama, kos, atau bahkan apartemen sesuai dengan kebutuhanmu guys.

Untuk pemilihan tempat tinggal sendiri bisa kamu survei terlebih dahulu dari jauh-jauh hari ya Kawan. Mulai dari harga, fasilitas yang diberikan, sampai lingkungan tempat tinggal. Hal ini penting banget karena paling tidak selama 3 tahun kamu akan tinggal di tempat tersebut (karena capek banget guys pindahan kos)

Baca Juga:  5 Persiapan Sebelum Belajar di Luar Negeri

Penulis menyarankan untuk mencari lingkungan atau tempat tinggal yang dekat dengan kampus, dekat dengan minimarket atau fotokopi, dan ga lupa banyak warung makan gengs. Untuk fasilitas sendiri sih menyesuaikan, tetapi akan sangat membantu kalau mendapat kamar mandi dalam gengs.

Hal ini karena sering banget ada kelas pagi atau bahkan kelas di jam tertentu yang ramai banget diikuti. Sehingga terkadang kamu harus menunggu mandi penghuni lain yang tentunya cukup membuatmu terlambat atau menghambat kegiatanmu di hari itu.

6. List kebutuhan

Hal yang dilakukan sebelum masuk kuliah selanjutnya ialah melakukan list kebutuhan. By the way, list kebutuhan ga hanya tentang makanan atau barang-barang sehari-hari aja lho.

Melainkan juga berbagai keperluan mulai dari barang keperluan untuk kuliah sampai alat penunjang lainnya. Misalnya nih, untuk kamu anak FK (fakultas kedokteran) tentunya ada banyak barang yang harus di list seperti jaket lab atau stetoskop. Atau kamu anak DKV yang wajib membeli berbagai pewarna, kuas, sampai kanvas.

Memang di awal semester belum diperlukan gengs, tetapi ada baiknya kamu mulai menyisihkan uang jajan sedikit demi sedikit. Melihat ga hanya banyak barang yang diperlukan, tetapi juga berbagai buku-buku akademik untuk menunjang aktivitas belajar kamu di perkuliahan.

7. Menyicil materi

photo of woman writing on tablet computer while using laptop
Photo by Anthony Shkraba on Pexels.com

Setelah menyiapkan berbagai keperluan di atas, ada baiknya kamu juga melihat materi kuliah. Penulis sendiri selalu melakukan kegiatan menyicil materi ini sejak duduk di bangku SMP gengs. Hal ini super berguna banget untuk melihat adakah materi yang sulit atau justru memerlukan les tambahan.

Ga hanya itu, beberapa materi yang mudah bisa penulis pelajari terlebih dahulu. Tentunya kini lebih gampang gengs karena didukung oleh berbagai buku yang bisa kamu download di internet, beragam video di Youtube, sampai perpustakaan daerah dengan macam-macam buku akademiknya.

Baca Juga:  Kisaran Biaya Kuliah Universitas Gunadarma 2021

8. Mempersiapkan mental

Hal yang dilakukan sebelum masuk kuliah kedelapan ialah mempersiapkan mental. Setiap pergantian jenjang pendidikan, maka mau tidak mau kamu akan bertemu dengan orang-orang baru, guru baru, dan lingkungan yang baru gengs. Hal ini wajar banget kok terjadi di kehidupan manusia.

Nah, ada baiknya nih kamu mempersiapkan mental baik-baik. Tinggalkan berbagai kenangan buruk di jenjang sebelumnya, kebiasaan kurang menyenangkan, dan juga berbagai hal yang telah berlalu. Kini saatnya move on dan membuka circle yang baru serta lebih luas gengs.

Kamu bisa merubah warna rambut sampai penampilan apabila hal ini menunjang kepercayaan diri kamu untuk membuka pertemanan. Saran penulis, jangan lupa untuk tetap menjadi diri sendiri, be humble, and kind ya gengs!

Yup, itu tadi 8 hal yang dilakukan sebelum masuk kuliah guys. Penulis berharap di jenjang pendidikan yang baru ini kamu lebih bisa memaksimalkan kemampuan, passion, sekaligus relasi ya guys! Ingat, kuliah ini penting banget untuk membantu pekerjaanmu di kemudian hari nanti!

So, semangat yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Cara Menerapkan Self Love yang Wajib Pelajar Ketahui! Yuk, Sayangi Diri Mulai Sekarang!

Guys, tahu ga sih selama pandemi berlangsung dari 2019 sampai 2021 ternyata di waktu yang …