5 Jurusan IPA Paling Diminati Tahun 2021, Prospeknya Sangat Menjanjikan

Jurusan kuliah terbagi menjadi SOSHUM dan SAINTEK. Kedua jurusan ini memiliki perbedaan dari segi materi. Sehingga, mulai dari tes masuk hingga prospek kerja pasti akan berbeda. SAINTEK merupakan jurusan di bidang sains dan teknologi, sedangkan SOSHUM di bidang sosial dan humaniora.

Umumnya anak jurusan IPA di SMA mengambil jurusan kuliah SAINTEK atau SOSHUM. Sedangkan, anak jurusan IPS atau bahasa di SMA cenderung memilih jurusan SOSHUM. Sangat sedikit kemungkinan anak IPS dan bahasa untuk lintas jurusan seperti anak IPA.

Jadi untuk membantu kamu memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, penulis akan membagikan beberapa jurusan IPA paling diminati tahun 2021. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut!

Jurusan IPA Paling Diminati Tahun 2021

1. Kedokteran

jurusan IPA yang paling diminati tahun 2021
Close up of female medical professional making notes during seminar. Doctor writing notes in diary during healthcare conference.

Seperti yang kamu tahu, jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan bergengsi. Semua orang juga berpikir, jika ingin mendapat pekerjaan yang baik dan aman maka bekerja menjadi dokter merupakan salah satu solusi. Karena itu, jurusan kedokteran juga menjadi favorit anak SMA.

Akan tetapi, masuk jurusan kedokteran terhitung tidak mudah. Ada banyak siswa SMA yang berencana masuk sekolah kedokteran saat kuliah, tetapi tak sedikit yang akhirnya menyerah untuk mencoba masuk di fakultas ini.

Di jurusan kedokteran sendiri kamu akan belajar tentang ilmu kesehatan, penelitian ilmiah, serta perawatan pasien. Selain persaingan yang lebih ketat, mahasiswa jurusan kedokteran juga belajar lebih lama dibanding jurusan lain. Kira-kira butuh minimal 6 tahun untuk menyelesaikan pendidikan dokter.

Meski ditempuh dalam waktu yang lama dan terbilang susah, jurusan kedokteran tidak kekurangan peminat. Hal ini karena prospek kerja yang pasti setelah lulus kuliah. Mahasiswa lulusan kedokteran tentu bisa bekerja menjadi dokter. Selain itu, gaji yang diterima seorang dokter tergolong ideal.

Baca Juga:  5 Cara Menemukan Passion Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

2. Teknik informasi

Teknik informasi semakin banyak dikenal oleh para pelajar saat ini. Seiring berkembangnya dunia digital, peminat jurusan teknik informasi pun semakin tinggi. Teknik informasi dulunya merupakan bagian materi dari teknik elektro, tetapi saat ini sudah dipisahkan menjadi satu prodi tersendiri.

Dalam jurusan teknik informasi, mahasiswa akan belajar mengenai cara untuk menggunakan teknologi komputer dalam menangani masalah transformasi atau pengolahan data. Jurusan teknik informasi akan berkonsentrasi pada materi rekayasa perangkat lunak, rekayasa sistem informasi, dan rekayasa sistem komputer.

Di masa ini, teknlogi terus berkembang pesat dan dunia semakin modern. Untuk itu, pasti akan dibutuhkan banyak tenaga ahli di bidang teknologi. Lulusan teknik informasi akan dibutuhkan oleh instansi pemerintah sampai perusahaan swasta untuk menangangi permasalahan IT.

Selain itu, lulusan juga dapat bekerja secara mandiri dengan berkreasi sesuai kemampuan yang dimiliki. Sehingga, jurusan ini memiliki banyak peminat tiap tahunnya.

3. Teknik elektro

jurusan IPA paling diminati tahun 2021
Engineering students working in the lab, a student is using a voltage and current tester, another student in the background is using a 3D printer

Jurusan teknik elektro juga menjadi jurusan IPA paling diminati tahun 2021. Meski sudah banyak jurusan teknik lain yang bergerak dibidang elektronik seperti teknik informasi, teknik elektro tetap memiliki banyak peminat.

Mahasiswa teknik elektro akan mempelajari ilmu tentang listrik dan aplikasinya dalam kehidupan manusia. Dalam materi kuliah, jurusan teknik elektro berkonsentrasi pada tenaga listrik, elektronika, dan telekomunikasi.

Kamu akan belajar secara materi maupun praktik. Kemampuan serta pengetahuan yang kamu terima di jurusan teknik elektro akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan hingga instansi pemerintah.

Hampir semua industri membutuhkan tenaga untuk menangai masalah kelistrikan dan peralatan elektronik. Sehingga, prospek kerja untuk lulusan teknik elektro tidak diragukan lagi.

Biasanya perusahaan akan membutuhkan teknisi untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik. Karena itu, juruan ini memiliki prospek pekerjaan yang tinggi sekaligus gaji yang menjanjikan.

Baca Juga:  4 Info Tentang Jurusan Jurnalistik yang Super Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

4. Teknik industri

Sesuai dengan namanya, jika masuk dalam teknik industri kamu akan belajar seputar bidang industri. Tentunya, kamu juga akan bekerja di bidang industri.

Sedangkan saat ini Indonesia sudah memiliki banyak pabrik industri yang dapat menjadi peluang kerja mahasiswa lulusan teknik industri. Karena itu, tak heran jika teknik industri menjadi salah satu jurusan IPA paling diminati tahun 2021.

Di teknik industri kamu akan mempelajari cara untuk mengoptimalkan kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan, hingga ekonomi. Secara materi kamu akan belajar merancang sampai menerapkan berbagai hal yang ada untuk fungsi pabrik.

Di jurusan ini, kamu wajib memiliki kemampuan berpikir sistematis untuk memanfaatkan suatu hal secara efektif dan dapat memberi nilai tambah pada pabrik.

Sesuai dengan kemampuan yang diasah ketika kuliah, lulusan teknik industri akan bekerja untuk mengoptimalkan sistem produksi pabrik, proposal strategi, dan desain manajemen sebuah perusahaan.

Selain pabrik, kamu juga bisa bekerja di industri jasa seperti industri teknologi informasi. Di perusahaan, maka kamu bisa menduduki berbagai posisi seperti manajer produk, personalia, teknisi, dan lainnya.

5. Teknik sipil

jurusan IPA paling diminati tahun 2021
Double exposure of civil engineer holding blueprint with construction site.

Teknik sipil juga menarik minat banyak siswa SMA. Hal ini karena prospek kerja yang menjanjikan dari lulusan teknik sipil. Karena kamu belum mengetahui materi apa saja yang akan dipelajari ketika kuliah, sehingga hanya bisa melihat suatu jurusan dari banyaknya peminat dan baik tidaknya prospek kerja jurusan tersebut. 

Dalam jurusan teknik sipil, mahasiswa akan belajar cara untuk perancangan, manufaktur, pengelolaan, dan konservasi. Kamu akan belajar perancangan dan pemeliharaan suatu bangunan. Materi pada jurusan teknik sipil akan berkonsentrasi pada geoteknik, struktur bangunan, hidro, transportasi, lingkungan, dan banyak lagi.

Baca Juga:  Daftar Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat di Indonesia Terakreditasi A

Bangunan yang kamu teliti atau kerjakan bukan hanya berupa gedung, tetapi bisa juga jembatan atau jalan. Saat ini, Indonesia yang merupakan negara berkembang sedang terus berusaha untuk melakukan pembangunan infrastruktur.

Sehingga, lulusan teknik sipil akan sangat dibutuhkan. Kamu dapat bekerja di perusahaan bangunan, jasa konstruksi, konsultan pembangunan, hingga instansi pemerintahan.

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai jurusan IPA paling diminati tahun 2021, apakah salah satu jurusan incaranmu termasuk?

Apabila iya, maka jangan lupa untuk mulai belajar sedini mungkin. Tak lupa, penulis sarankan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatmu.

Berusahalah sekuat tenaga kamu untuk menggapai impian dan cita-cita. Kamu pasti bisa membangun masa depan yang kamu inginkan! Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…