Simak Yuk 12 Jurusan Teknik di Indonesia dengan Gaji Tinggi dan Prospek Menjanjikan

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya untuk mengikuti berbagai pembelajaran online maupun hybrid? Yap, untuk teman-teman yang kini duduk di bangku kelas tiga SMA, tentu sedang menghadapi masa penuh dilematis dan melelahkan.

Kebetulan banget, kali ini penulis membawa kabar gembira untukmu guys! Penulis akan membagikan beberapa jurusan teknik di Indonesia yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu waktu kuliah nanti.

Kalau selama ini kamu hanya mengetahui jurusan teknik sipil, teknik perminyakan, atau teknik kimia, maka kali ini akan ada 12 jurusan teknik yang penulis khusus rekomendasikan untukmu. So, tanpa menunggu lama, langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

Macam-macam Jurusan Teknik di Indonesia

1. Teknik Pertambangan dan Perminyakan

jurusan teknik di indonesia

Teknik pertambangan atau di beberapa universitas juga tergabung bersama teknik perminyakan, merupakan salah satu jurusan yang ramai digemari pelajar Indonesia. Salah satu keunggulan dari teknik pertambangan ini ialah prospek kerja yang menjanjikan dan gaji yang cukup besar.

Di jurusan pertambangan sendiri kamu akan mempelajari bagaimana proses pemisahan partikel tambang sampai bagaimana eksplorasi tambang di Indonesia.

2. Teknik Kedirgantaraan

Jurusan teknik di Indonesia berikutnya ialah teknik kedirgantaraan. Pelajar sih umumnya menyebut teknik kedirgantaraan sebagai teknik penerbangan. FYI, jurusan ini termasuk langka lho guys di Indonesia. Usut punya usut, hanya tersedia di Institut Teknologi Bandung aja.

Di program ini sendiri kamu akan mempelajari segala sesuatu seputar astronotika dan aerodinamika. Berbeda dengan pilot, kamu justru belajar mengenai bagaimana merancang dan mendesain pesawat terbang.

3. Teknik Sipil

jurusan teknik di Indonesia
Sumber: binus.ac.id

Next, jurusan teknik di Indonesia yang ga kalah menarik ialah teknik sipil. Teknik sipil juga disebut sebagai salah satu jurusan teknik paling ramai digemari pelajar Indonesia guys. Salah satu keunggulannya ialah prospek kerja yang luas, khususnya di negara Indonesia yang sedang masif akan pembangunan infrastruktur.

Sedikit informasi mengenai jurusan teknik sipil, di sini kamu akan belajar bagaimana merancang dan membangun sebuah gedung sampai infrastruktur. Berbeda dengan arsitektur yang bertugas mendesain, kamu sebagai lulusan teknik sipil lebih berfokus untuk mewujudkan bangunan yang telah didesain oleh jurusan arsitektur.

4. Teknik Mesin

Jurusan teknik di Indonesia berikutnya ialah teknik mesin. Program studi satu ini termasuk underrated karena belum banyak pelajar Indonesia yang mengetahui atau menggemari jurusan ini.

Di teknik mesin sendiri kamu akan belajar mengenai material, mekanika, konversi energi, maupun proses manufaktur mesin, dan sistem produksi. Cukup kompleks dan berfokus pada perancangan maupun penyusunan suatu mesin.

5. Teknik Elektro

jurusan teknik di indonesia
Sumber: istockphoto

Berbagai universitas negeri maupun swasta di Indonesia juga menyediakan program studi teknik elektro untuk kamu yang tertartik menjadi seorang teknisi di bidang robotik atau kelistrikan, bahkan biomedical engineer.

Jurusan ini terbilang gampang-gampang susah karena ada banyak materi fisika dan matematika kalkulus guys. Selain itu, ada banyak pratikum yang akan kamu jalani apabila masuk ke jurusan satu ini.

6. Teknik Industri

Jurusan teknik di Indonesia yang berikutnya ialah teknik industri. Program studi ini menggabungkan ilmu di bidang kimia, matematika, statistika, fisika, bahkan ekonomi dan keselamatan kerja.

Jurusan teknik industri sendiri cukup kompleks untuk dipelajari, tetapi sangat worth it untuk dijalani guys. Lulusan teknik industri juga sangat dibutuhkan di banyak universitas di Indonesia.

7. Teknik Kimia

jurusan teknik di indonesia
Sumber: thoughtco.com

Jurusan teknik di Indonesia berikutnya ialah teknik kimia. Mungkin sebagian dari kamu sudah ga asing dengan jurusan ini bukan? Namun, kamu tahu ga sih kalau jurusan teknik kimia sendiri ga hanya belajar mengenai pelajaran kimia aja guys.

Kamu akan mempelajari bagaimana pabrik kimia memproses segala sesuatu. Mulai dari makanan sampai melakukan penelitian untuk menciptakan limbah pabrik yang ramah lingkungan. FYI, hampir seluruh pabrik membutuhkan lulusan teknik kimia. Bahkan industri minyak dan gas membuka peluang yang besar pada lulusan teknik kimia.

8. Teknik Perkapalan

Ga jauh berbeda dengan jurusan teknik kedirgantaraan, teknik perkapalan juga secara spesifik mempelajari seluk-beluk mengenai transportasi laut khususnya kapal. Di program studi ini kamu akan belajar, merancang, bahkan mendesain pembuatan kapal.

Mulai dari bentuk kapal sampai daya mesin, menjadi salah satu aspek yang akan kamu pelajari di jurusan ini. Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang terkenal akan teknik perkapalan ialah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

9. Teknik Informatika

jurusan teknik di indonesia
Sumber: binus.ac.id

Salah satu keunikan dari fakultas teknik ialah jurusan teknik informatika yang mempelajari secara mendalam mengenai teknologi komputer dan perangkat lunak. Di jurusan ini jelas kamu akan belajar mengenai software maupun kinerja komputer.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan teknik informatika, antara lain pemrograman, sistem informasi berbasis data, proyek perangkat lunak, sampai keamanan informasi dan jaringan.

Di Indonesia sendiri, lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas perusahaan yang kini harus dilakukan secara online. Kamu yang tertarik mendalami jurusan teknik informatika bisa melakukan penelitian mengenai kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

10. Teknik Nuklir

Menjadi salah satu jurusan teknik di Indonesia yang langka dan sedikit peminat, apalagi kalau bukan jurusan teknik nuklir. Kabarnya hanya sedikit universitas yang membuka program studi ini guys, salah satunya Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kamu yang tertarik masuk ke jurusan ini sendiri memiliki prospek yang besar untuk mengembangkan teknologi nuklir di Indonesia, bahkan tak jarang ada banyak beasiswa yang ditawarkan untuk memperdalam ilmu ini.

11. Teknik Lingkungan

jurusan teknik di indonesia
Sumber: istockphoto

Jurusan teknik di Indonesia berikutnya ialah teknik lingkungan. Kamu yang tertarik untuk mempelajari alam maupun mengembangkan teknologi berbasis lingkungan bisa banget masuk ke jurusan ini.

Di jurusan ini akan mempelajari bagaimana pengelolahan limbah, sumber daya air, maupun pencemaran lingkungan. Eits, meskipun begitu, di jurusan ini kamu juga mempelajari mengenai fisika, matematika, maupun kimia ya guys.

12. Teknik Fisika

Jurusan teknik di Indonesia yang terakhir ialah teknik fisika. Kalau di atas ada teknik kimia, maka teknik fisika juga tersedia bagi kamu yang menyukai dan ingin mendalami pelajaran fisika.

Lantas, apa aja sih yang kamu pelajari di jurusan teknik fisika? Di sini kamu akan belajar mengenai analisis termal, fisika material, fisika industri, sampai fisika modern. Sebagai lulusan teknik fisika, kamu bisa bekerja di perusahaan rekayasa dan industri.

Beberapa universitas di Indonesia dengan program studi teknik fisika ialah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia, dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Nah, itu tadi beberapa jurusan teknik di Indonesia yang paling penulis rekomendasikan untukmu guys. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan ya teman-teman! Terkhusus untuk kamu yang hendak masuk ke jurusan teknik dan PTN, maka jangan lupa mempersiapkan diri untuk UTBK di bulan April nanti.

Semangat teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Download Naskah Soal Ujian Masuk STIS

Kamu punya rencana masuk STIS? Tapi masih bingung buat nyari contoh soalnya? Berikut ini b…