4 Info Jurusan Teknik Sipil yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Memilih Jurusan ini!

Siapa di antara kamu yang tertarik masuk ke jurusan teknik sipil? Yap, teknik sipil menjadi salah satu jurusan yang paling laris digandrungi para siswa-siswi di Indonesia. Salah satu penyebabnya ialah prospek kerja yang dijanjikan serta gaji yang cukup menggiurkan guys.

Nah, pada artikel kali ini penulis ingin membagikan kepadamu beberapa info jurusan teknik sipil yang wajib kamu ketahui sebelum masuk ke jurusan ini guys. Mulai dari mata kuliah, universitas, sampai prospek pekerjaan yang ditawarkan.

So, buat kamu yang penasaran, yuk langsung aja simak ulasannya di bawah ini ya guys! Jangan lupa mencatat beberapa info penting yang mungkin membantumu mempertimbangkan jurusan kuliah nanti!

Kenalan Dulu Yuk dengan Jurusan Teknik Sipil

jurusan teknik sipil
Sumber: ikats-unsri.net

Tahukah kamu kalua Teknik sipil menjadi salah satu jurusan yang paling ramai diminati pelajar Indonesia? Yap, jurusan ini terkenal sebagai salah satu jurusan paling ramai karena lapangan pekerjaan yang luas dan gaji yang menjanjikan guys.

Ga hanya itu, ternyata ada banyak universitas swasta dan negeri yang membuka prodi ini, sehingga peminatnya pun semakin banyak guys. By the way, jurusan ini cukup berbeda dengan jurusan arsitektur ya guys! Banyak pelajar yang seringkali salah mengira bahwa jurusan Teknik sipil sama dengan arsitektur.

Tak bisa dipungkiri, keduanya memang saling berkaitan satu sama lain, tetapi bukan berarti sama persis ya guys. Arsitektur sendiri lebih mempelajari bagaimana menciptakan sebuah bangunan dengan proposisi yang tepat, melalui perhitungan dan lain-lain.

Baca Juga:  Ingin Bekerja di PBB? Yuk, Kenalan Dulu Dengan MUN dan Rules yang Ada di Dalamnya!

Berbeda dengan teknik sipil yang lebih mempelajari cara-cara mewujudkan bangunan yang telah digambar oleh anak-anak arsitektur guys. So, jangan sampai kebalik ya!

Mata Kuliah Jurusan Teknik Sipil

jurusan teknik sipil
Sumber: mygermanuniversity.com

1. Matematika Rekayasa

Info jurusan teknik sipil yang pertama ialah mengenai mata kuliah di jurusan ini. Tentunya teknik sipil tidak akan jauh-jauh dari pelajaran matematika guys. Mata kuliah matematika rekayasa sendiri bisa dibilang umum kamu jumpai dalam berbagai jurusan teknik atau SAINTEK.

2. Computer Design

Next, berikutnya ada mata kuliah Computer Design. Yap, kamu ga hanya mempelajari secara gambar atau tertulis aja guys, melainkan juga wajib mendesain suatu bangunan, jalan, atau jembatan menggunakan komputer.

Beberapa aplikasi seperti 3D Max, AutoCAD, SAP2000, ETABS, dan beberapa lainnya akan menemani pembelajaranmu selama kuliah di jurusan teknik sipil. So, jangan lupa persiapkan laptop yang mumpuni ya guys.

3. Dasar-dasar Arsitektur

Yap, di atas penulis sempat singgung nih mengenai jurusan arsitektur yang seringkali disamakan dengan teknik sipil. Meskipun kamu tidak menggambar bangunan sedetail anak arsitektur, tetapi kamu tetap harus mempelajari dasar-dasar dari jurusan arsitektur.

Mulai dari prinsip struktur, konsep fisika bangunan, perancangan arsitektur, sampai struktur konstruksi bangunan gedung, tetap kamu pelajari ya guys. Hal ini karena arsitektur akan sangat berhubungan dengan jurusan teknik sipil.

4. Manajemen Konstruksi

Selain memperhatikan dengan cermat struktur maupun desain bangunan, kamu juga wajib belajar mata kuliah manajemen konstruksi nih guys. Belajar tentang apa aja sih di mata kuliah satu ini?

Basically, di sini kamu akan belajar mengenai bagaimana sumber daya dapat dipadukan untuk menciptakan sebuah bangunan yang diinginkan. Misalnya, sumber daya material, sumber daya manusia, sampai manajemen waktu yang diberikan.

Mata kuliah satu ini sangat berguna untuk kamu dalam memimpin sebuah proyek karena harus mengawasi sekaligus mengarahkan berbagai sumber daya dalam membangun suatu gedung atau jalan guys.

5. Menggambar Teknik

Mata kuliah terakhir yang pasti kamu temui di jurusan teknik sipil ialah menggambar teknik. Perlu kembali diingat guys, kalau jurusan ini berbeda dengan arsitektur ya. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau kamu juga akan menemukan mata kuliah menggambar teknik.

Baca Juga:  5 PTN Terbaik 2021 Berdasarkan Skor UTBK SAINTEK!

Di mata kuliah ini, kamu akan belajar mengenai dasar-dasar dalam menggambar konstruksi bangunan, gedung, atau jalan. Umumnya kamu akan menggunakan aplikasi CAD atau CAM (Computer Aided Design and Manufacturing) untuk mempermudah proses menggambar teknik.

Universitas dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik

Sumber: engineering.catholic.edu
  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  3. Universitas Indonesia (UI)
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  5. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil

jurusan teknik sipil
Sumber: kk.undira.ac.id

1. Insinyur Konstruksi

Setelah mengetahui berbagai mata kuliah sampai kampus kenamaan dengan jurusan teknik sipil terbaik, kini kamu pasti penasaran dong mengenai prospek kerja lulusan teknik sipil.

Salah satu cita-cita dari mereka yang lulus di prodi ini adalah menjadi seorang insinyur konstruksi. Secara sederhana, pekerjaanmu ialah merancang sampai mengawasi pembangunan infrastruktur guys. Mulai dari gedung, terowongan, jembatan, dan jalan.

2. Konsultan Properti

Selanjutnya ada konsultan properti. Yap, membangun sebuah bangunan atau infrastruktur sendiri tidak semudah kelihatannya guys. Kamu juga perlu bekerja sama dengan banyak elemen, seperti arsitek, konsultan material, manajemen, dan berbagai elemen lainnya.

Nah, salah satunya kamu bisa menjadi seorang konsultan properti. Artinya, apabila ada seseorang yang hendak membangun perumahan sampai infrastruktur maka bisa berkonsultasi kepadamu langsung. Pekerjaan ini juga dinilai cukup menjanjikan guys.

3. Kontraktor

Kontraktor menjadi salah satu prospek pekerjaan bagi kamu yang lulus dari jurusan teknik sipil. Pekerjaannya pun dinilai cukup kompleks karena melibatkan perancangan, pembangunan, sampai pemeliharaan sebuah gedung atau infrastruktur.

Kamu akan bekerja mulai dari merancang sebuah bangunan, melakukan uji material maupun bahan, manajemen sumber daya, sampai mengawasi jalannya pembangunan guys. Dalam masyarakat sendiri, istilah kontraktor sering disamakan dengan pemborong

Baca Juga:  Info Jurusan Arkeologi yang Jarang Diketahui Sampai 4 Mata Kuliah Unik di Jurusan Ini!

4. Surveyor Tanah

Oke, prospek pekerjaan berikutnya adalah menjadi surveyor tanah. Sebagain dari kamu mungkin masih asing dengan pekerjaan satu ini, tetapi jangan salah guys, pekerjaan ini dinilai cukup penting lho dalam sebuah pembangunan gedung.

Jadi, sebelum proyek bangunan benar-benar dijalankan maka perlu ada seseorang yang melakukan survei untuk mengukur tanah, angin, air, dan beberapa aspek lainnya sebelum pembangunan. Seseorang inilah yang disebut sebagai surveyor tanah.

Sebagai seorang surveyor tanah, ia harus benar-benar memastikan posisi tanah, letak kemiringan, jenis tanah, yang nantinya disesuaikan dengan bentuk bangunan yang hendak dibuat guys.

5. Dosen

Prospek pekerjaan lulusan teknik sipil yang terakhir yaitu menjadi seorang dosen. Kalau kamu menyukai teknik sipil sebagai sebuah kajian ilmu dan ingin terus mengembangkan berbagai teori atau komponen di dalamnya, maka kamu bisa menjadi seorang dosen.

Ga hanya itu, selain menjadi seorang pengajar kamu juga bisa kok berkontribusi sebagai konsultan properti atau konsultan infrastruktur. Jadi, tidak menutup kemungkinan untukmu bekerja sebagai seorang teknisi lapangan.

Nah, itu tadi beberapa info jurusan teknik sipil yang wajib kamu ketahui sebelum masuk ke jurusan ini guys. Jurusan ini sendiri sangat dibutuhkan khususnya di Indonesia yang masih dalam perkembangan infrastruktur yang masif.

So, untuk kamu yang sudah memantapkan hati untuk masuk jurusan ini, maka jangan lupa untuk mulai belajar UTBK dari sekarang ya guys! Tentunya karena prospek yang menjanjikan maupun banyaknya lapangan pekerjaan, jurusan teknik sipil menjadi salah satu jurusan yang cukup ketat di berbagai PTN Indonesia.

Semangat teman-teman semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Informasi Penting Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, Hanya Ada Satu di Indonesia!

Melihat bintang-bintang di langit menjadi salah satu kegemaran bagi beberapa orang. Rasi b…