Daftar Jurusan yang Cocok Untuk Anak Introvert

Jurusan yang Cocok Untuk Anak Introvert – Hola guys! Apa kabarnya nih? Kira-kira buat kamu yang kini udah kelas 12, apakah udah ada gambaran untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi? Atau banyak dari kamu yang masih sibuk mikir kira-kira masuk jurusan apa ya? Oke guys, berhubung dengan jurusan memang agak susah nih untuk diputuskan. Ibarat kata harus nyaman dulu baru bisa jalan.

Nah, kalau di artikel kemarin sudah ada beberapa jurusan buat anak ekstrovert, maka kali ini akan membahas jurusan yang cocok banget untuk anak introvert. Kira-kira jurusan di bawah ini bisa jadi referensi kamu juga untuk memilih jurusan yang tepat. Oh iya, anak introvert itu bukan berarti harus pendiam banget ya guys! Bisa aja anaknya memang ‘ramai’, cuma sulit untuk terbuka dengan orang lain. 

Daftar Isi

Daftar Jurusan yang Cocok Untuk Anak Introvert

Oke, langsung aja berikut beberapa jurusan yang cocok untuk anak introvert!

1. Teknologi Informasi

Jurusan yang Cocok Untuk Anak Intovert
Photo by Edwin Nava on Pexels.com

Jurusan pertama yang cocok banget untuk anak introvert adalah teknologi informasi guys. Teknologi informasi juga dikhususkan bagi kamu yang menyukai dunia komputer sampai berbagai hal yang berhubungan dengan internet. Bisa jadi membuat program, mengatasi berbagai virus komputer, dan masih banyak lagi. Bahkan prospek kerja teknologi informasi juga dinilai lebih terjamin guys, terutama di era digital ini.

Apabila kamu tertarik dengan hal-hal di atas, maka bisa banget nih untuk masuk ke teknologi informasi. Di teknologi informasi juga kamu akan lebih sering untuk berlama-lama di depan komputer atau laptop. Tentunya hal ini cocok banget untuk kamu yang kurang menyukai keramaian dan dunia yang mengharuskan untuk public speaking.

Baca Juga:  Masih Bingung Ambil Jurusan Apa? Yuk, Simak Tips di Bawah Ini!

2. Radiologi

woman technology clinic health
Photo by Cedric Fauntleroy on Pexels.com

Jurusan untuk anak introvert yang kedua adalah radiologi. Tentu kamu tak asing dong dengan Menteri Kesehatan Indonesia yang belakangan dijadikan perbincangan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tahukah kamu kalau Menkes Indonesia, Bapak Terawan adalah lulusan dari radiologi? Beliau mengambil radiologi untuk studi S2-nya di Universitas Airlangga.

Nah, jurusan radiologi ini cocok banget untuk kamu yang measa introvert. Di dalam radiologi kamu akan mempelajari berbagai alat-alat yang berhubungan dengan pemeriksaan organ tubuh bagian dalam. Misalnya saja rontgen. Sehingga, sebagian besar waktumu akan dihabiskan di dalam laboratorium untuk menganilisa sampai bereksperimen mengenai berbagai alat-alat kesehatan lainnya.

3. Ilmu perpustakaan

woman reading book
Photo by Pixabay on Pexels.com

Siapa di antara kamu yang menyukai dunia ‘perbukuan’? Untuk kamu yang gemar membaca dan menyukai dunia pengarsipan, ada satu jurusan di perkuliahan yang cocok banget buat kamu yaitu ilmu perpustakaan. Melalui ilmu perpustakaan ini kamu dapat menjadi seorang pustakawan dan pustakawati yang hebat. Bahkan, pekerjaan ini tak bisa dianggap remeh karena mengharuskan untuk selalu update dengan berbagai jenis buku.

Selain itu, materi yang diajarkan pun cenderung lebih luas. Kamu akan diajari berbagai hal mengenai manajemen, teknologi informasi, dan berbagai ilmu kompleks lainnya. Di ilmu perpustakaan kamu juga akan mempelajari beberapa materi mengenai komunikasi juga guys. jadi, buat kamu yang merasa tertantang dan ingin keluar dari zona nyaman bisa masuk ke dalam jurusan ini. Pastinya kamu juga harus menyukai buku ya!

4. Ilmu sains murni

mikroskop
Photo by Pixabay on Pexels.com

Selanjutnya, ada ilmu sains murni. Kamu yang menyukai matematika, fisika, kimia, atau berbagai ilmu murni lainnya dapat masuk ke jurusan satu ini. Sebenarnya ada banyak cabang ilmu terapan dari masing-masing materi di atas. Misalnya, kedokteran bagi ilmu biologi, teknik bagi ilmu fisika, dan masih banyak lagi. Namun, apabila kamu tidak menyukai ilmu terapan tersebut maka tak ada salahnya masuk ke jurusan ilmu murni.

Baca Juga:  10 Tips Masuk PTN untuk Siswa SMK

Prospek kerjanya pun tak main-main. Biasanya para mahasiswa ilmu murni bekerja sebagai seorang peneliti di bidangnya masing-masing. Ada juga yang bekerja sebagai peneliti di sebuah perusahaan. Di dalam ilmu sains murni kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu di laboratorium dengan berbagai penelitian. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang introvert.

5. Sastra 

book shelves book stack bookcase books
Photo by Pixabay on Pexels.com

Jurusan lainnya untuk anak introvert adalah sastra. Jurusan sastra biasanya didominasi oleh anak-anak yang menyukai dunia kepenulisan dan buku. Mereka cenderung berlama-lama di depan laptop atau secarik kertas untuk menuliskan segala ide sampai gagasan ke dalam kertas. Ilmu sastra juga menjadi salah satu pilihan selain ilmu perpustakaan untuk menambah kemampuanmu dalam berkomunikasi guys.

Di ilmu sastra sendiri terdiri dari berbagai macam bahasa. Mulai dari bahasa Indonesia, Inggris, Bahasa Jawa, Rusia, Arab, Jerman, dan beberapa bahasa lainnya sesuai dengan universitas yang menjadi tujuanmu. Selama ini, universitas dengan pilihan ilmu sastra terbanyak ada dari Universitas Indonesia guys. Oh, iya dilihat dari prospek kerjanya juga ilmu sastra memiliki banyak sekali prospek lho guys!

6. Akuntansi

accounting analytics balance black and white
Photo by Pixabay on Pexels.com

Siapa nih di antara kamu yang menyukai berbagai hal berbau keuangan dan pencatatan? Tahukah kamu ada salah satu jurusan di dunia perkuliahan yang mempelajari tentang berbagai transaksi keuangan dengan metode pencatatan? Yap, jurusan tersebut adalah akuntansi guys. Di jurusan akuntansi kamu akan diajarkan untuk melakukan perhitungan terhadap setiap transaksi keuangan. 

Dalam akuntansi kamu diharuskan untuk meneliti setiap angka dalam catatan atau daftar transaksi keuangan yang disediakan. Daripada ilmu komunikasi, jurusan ini lebih mengharuskan setiap siswanya untuk teliti dan memiliki kepribadian yang teratur.  Jangan lupa guys, kamu juga diharapkan memiliki skill yang cukup baik dalam dunia perhitungan ya!

Baca Juga:  Gaji Ahli Gizi di Indonesia

7. Desain grafis

photo of woman writing on tablet computer while using laptop
Photo by Anthony Shkraba on Pexels.com

Selain teknologi informasi, jurusan lainnya yang akan menyita waktumu di depan layar komputer adalah desain grafis guys. Pada jurusan ini kamu diharuskan untuk selalu fokus dan berkonsentrasi terhadap setiap project yang dibuat di komputer. Bahkan, untuk menambah skill dari hari ke hari, kamu diharuskan ‘bermain-main’ setiap harinya dengan komputer.

Jurusan ini lebih memfokuskan pembelajarannya secara individual daripada berkelompok. Jadi, akan jarang kamu temui pembicaraan dalam forum besar di materi desain grafis. Prospek kerja desain grafis pun kian bertambah guys. Banyak perusahaan yang membutuhkan bantuan para desainer yang bergerak di bidang grafis untuk setiap project yang diadakan. 

8. Farmasi

thermometer on medical pills
Photo by Pixabay on Pexels.com

Kemudian ada ilmu farmasi nih guys. Jurusan ini merupakan salah satu terapan dari ilmu kimia dan biologi. Bagi kamu yang hendak menjadi anak farmasi tentunya harus menghabiskan waktu berlama-lama di laboratorium sampai meja belajar untuk meneliti segala zat kimia dan teori-teori di dalamnya. 

Materi yang diajarkan dalam farmasi adalah formula, identifikasi, sampai tata cara meracik obat-obatan guys. Kamu juga akan diminta untuk menganalisis setiap kandungan yang ada di dalam suatu obat guys. Tentunya, anak-anak farmasi tidak asing dengan berbagai jurnal dan buku-buku berat yang berisi detail mengenai obat-obatan. Eits, di balik itu semua prospek jurusan farmasi memang tak main-main guys!

Nah, di atas adalah beberapa jurusan untuk anak introvert guys. Sebenarnya masih ada banyak lagi jurusan lainnya untuk anak introvert seperti teknik nuklir maupun ilmu filsafat yang akan menyita waktu belajarmu lebih banyak daripada kegiatan sosial.

Namun, perlu diingat guys menjadi introvert bukan berarti batasan pada dirimu untuk lebih berkembang ya. Kamu juga dapat mencoba berbagai jurusan lainnya yang lebih menantang dalam ilmu komunikasinya. Selamat Mencoba guys!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Persyaratan Umum yang Wajib Kamu Miliki Untuk Kuliah di Luar Negeri!

Kuliah di Luar Negeri – Halo guys! Siapa nih di antara kamu yang bercita-cita melanj…