Kecakapan Konsepsi Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer

Siapa diantara kamu yang ingin jadi manajer? Tentu saja banyak bukan yang bercita-cita menjadi manajer di masa depan? Jika kamu salah satunya yang ingin menjadi top manajer atau manajer tingkat atas suatu hari nanti, kamu harus menguasai kecakapan konsepsi. Kecakapan konsepsi adalah kecakapan yang meliputi kemampuan berpikir dan membuat konsep tentang situasi yang komplek dan abstrak dalam organisasi. Lalu apa saja yang masuk dalam kecakapan konsepsi? Yuk simak informasi berikut!

Kecakapan Konsepsi Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer

1. Mampu menggunakan informasi untuk memecahkan masalah bisnis

Sebagai manajer tingkat atas, kamu harus bisa menggunakan informasi-informasi yang ada untuk memecahkan masalah bisnis yang ada. Keputusan bisnis berada di tanganmu yang akan mempengaruhi berjalan tidaknya suatu perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu, kecakapan ini harus kamu kuasai dengan baik karena setiap informasi yang ada bisa menjadi peluang atau malah menjatuhkan.

2. Mampu mengidentifikasi peluang inovasi

Sebuah organisasi atau perusahaan tidak dapat selalu berjalan dalam satu jalan saja atau yang bisa kita sebut dengan stagnan. Sebuah organisasi atau perusahaan harus dapat membuat inovasi agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan tetap bertahan. Sebagai manajer, kamu harus mampu mengidentifikasi peluang inovasi yang ada. Kejelian dan kecermatanmu sebagai manajer dalan melihat peluang yang ada akan membuat organisasi atau perusahaanmu bertahan atau tidak.

Baca Juga:  Tips Lancar Bahasa Inggris Otodidak

3. Mampu mengenal ruang lingkup permasalahan dan memberikan solusi

Sebagai manajer tingkat atas, kamu tentu harus dapat membuat keputusan yang tepat karena keputusanmu akan mempengaruhi organisasi atau perusahaanmu kedepannya. Jika ada sebuah masalah yang menyangkut organisasi atau perusahaan secara keseluruhan, kamu harus mampu mengenal ruang lingkup permasalahannya apa dan dapat memberikan solusi yang tepat.

4. Mampu memilih informasi kritis/penting dari data yang tersebar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa informasi yang ada harus dapat dimanfaatkan dengan baik. Memilih informasi dengan kritis dan informasi penting dari data yang tersebar akan membantumu sebagai manajer untuk menentukan keputusan apa yang akan kamu ambil. Keputusan ini merupakan keputusan besar yang akan mempengaruhi organisasi dan perusahaanmu secara keseluruhan.

5. Mampu memahami bisnis yang memanfaatkan teknologi

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi juga melaju dengan cepat. Kemampuan dalam menjalani bisnis yang memanfaatkan teknologi harus dimiliki seorang manajer karena hampir semua bidang kini menggunakan teknologi. Tentu saja kamu tidak ingin organisasi atau perusahaanmu ketinggalan zaman bukan? Jadi, kecakapan ini penting sekali.

6. Mampu memahami model-model bisnis dalam organisasi

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, dapat juga menjalani lebih dari satu bidang bisnis. Semakin berkembangnya model-model bisnis yang ada dalam sebuah perusahaan atau organisasi akan membuat organisasi atau perusahaan bergerak maju dan dapat mencapai tujuan organisasi. Kecakapan ini tentu saja harus dimiliki oleh seorang manajer.

Nah, itulah kecakapan konsepsi yang harus dimiliki oleh seorang manajer, khususnya manajer tingkat atas. Kamu dapat melatih diri untuk mempunyai kecakapan tersebut sejak dini. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…