Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Seni dan Budaya

Salah satu bidang yang menjadi fokus BEM di dalam kampus adalah bidang seni dan budaya. Walaupun di era modern, mahasiswa harus tetap melestarikan seni dan budaya. Seni dan budaya Indonesia yang bermacam-macam dapat diperkenalkan lebih luas lagi melalui kegiatan-kegiatan di BEM. Jika kamu salah satu anggota BEM yang sedang mencari kegiatan apa saja yang menarik di bidang seni dan budaya, maka simak informasi berikut.

Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Seni dan Budaya

1. Food Fair

Seni dan budaya yang dapat kamu kenalkan di lingkungan kampusmu adalah dengan mengenalkan makanan, minuman, dan jajanan khas daerah yang ada di Indonesia. Kegiatan ini dapat dikemas dalam bentuk food fair.

Kamu dapat melibatkan seluruh warga kampus untuk berpartisipasi dalam acara ini. Akan lebih baik jika kamu melibatkan organisasi atau himpunan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk memperkenalkan kuliner khas daerah masing-masing.

2. Pameran Kesenian dan Budaya

Selain acara yang memperkenalkan kuliner, kamu dapat membuat kegiatan yang memperkenalkan kesenian dan budaya yang di Indonesia. Kamu dapat bekerja sama dengan organisasi atau himpunan mahasiswa dari berbagai daerah untuk mengkoordinasikan kesenian apa saja yang akan ditampilkan serta persiapannya.

Kamu juga dapat mengusulkan untuk mengadakan pameran budaya seperti pakaian adat daerah, baju pernikahan adat, miniatur rumah adat, dan pemilihan putra-putri daerah. Dengan adanya acara ini, diharapkan warga kampus dapat menambah wawasan dan mengenal lebih dekat budaya-budaya yang ada di Indonesia.

3. Lomba Seni Musik

Salah satu perlombaan yang dapat diselenggarakan di bidang seni dan budaya adalah lomba seni musik. Lomba seni musik yang diadakan tidak hanya berupa musik modern tetapi juga musik tradisional.

Lomba yang bisa kamu ajukan antara lain lomba cipta lagu, lomba aransemen lagu, lomba menyanyikan lagu daerah, dan masih banyak lagi. Buatlah puncak acara yang meriah dengan menampilkan kontestan-kontestan terbaik dari berbagai perlombaan yang kamu adakan serta mengajak warga kampus untuk menyaksikannya.

4. Lomba Seni Rupa

Selain lomba seni musik, kamu dapat juga membuat program kerja lomba seni rupa. Lomba yang dapat kamu adakan antara lain lomba melukis, lomba menggambar, lomba karikatur, lomba mural, lomba kaligrafi, lomba graviti, lomba menggambar kesenian daerah, dan masih banyak lagi.

5. Bedah Buku Sastra

Bedah buku merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk dilaksanakan. Dewasa ini, banyak buku-buku yang diterbitkan dengan berbagai genre dan mudah diakses oleh masyarakat. Namun, tidak semua masyarakat khususnya mahasiswa menyukai buku sastra. Hanya beberapa saja yang tertarik pada sastra atau memang kuliah berfokus di bidang sastra.

Oleh karena itu, kamu dapat mengusulkan program kerja bedah buku sastra dengan mengajak penulis atau dosen atau bahkan mengajak mahasiswa untuk melihat sudut pandang masing-masing. Bedah buku yang membahas seni dan budaya juga dapat kamu ajukan sehingga mahasiswa bisa belajar budaya dan kesenian lebih luas lagi.

Itulah beberapa kegiatan BEM yang menarik di bidang seni dan budaya. Melestarikan dan mengenalkan kesenian dan budaya daerah sangat diperlukan supaya lebih mencintai budaya Indonesia yang beraneka ragam ini, Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Kamu sedang bingung mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan memang susah-…