Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 4

Dalam tiga artikel sebelumnya, sudah dibahas 14 mata kuliah yang akan kamu pelajari jika kamu menjadi mahasiswa baru di IPB berdasarkan jurusan yang kamu ambil. Sudahkah kamu membacanya? Jika belum, kamu bisa membacanya terlebih dahulu. Part 1 disini, Part 2 disini, dan Part 3 disini.

Di ketiga artikel sebelumnya juga dijelaskan apa itu PPKU IPB. Ringkasnya, PPKU adalah program untuk mahasiswa baru S1 IPB di tahun pertama. Mahasiswa akan mempelajari mata kuliah yang disediakan dan sesuai dengan kelasnya. Beberapa mata kuliah sudah dibahas di artikel sebelumnya, sekarang simak informasi berikut yuk, kita bahas mata kuliah selanjutnya.

Daftar Isi

Mata Kuliah PPKU IPB (Part 4)

1. Kimia Dasar 1

Mata kuliah Kimia Dasar 1 diperuntukkan bagi mahasiswa Kelas U atau mahasiswa dari jurusan Kimia dan Biokimia. Dalam mata kuliah ini, selain ada kelas kuliah, ada juga kelas praktikum. Kimia dasar 1 mempelajari kimia lebih dalam. Kamu akan belajar mengenai pengertian materi dan pengukuran struktur dan sifat atom, ikatan kimia, stoikiometri, wujud zat, hubungan energi dalam reaksi kimia dan sifat fisis larutan.

2. Biologi

Mata kuliah Biologi diberikan kepada mahasiswa pada Kelas P, Kelas Q, Kelas T, Kelas U, dan Kelas V. Kelas P terdiri dari mahasiswa yang berasal dari jurusan Manajemen Sumberdaya Lahan, Proteksi Tanaman, Arsitektur Lanskap, Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perairan, Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap, Teknologi Produksi Ternak, Nutrisi dan Teknologi Pakan Peternakan, Teknologi Hasil Ternak, Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, dan Silvikultur.

Baca Juga:  10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Kelas Q terdiri dari mahasiswa yang berasal dari jurusan Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Teknik Pertanian dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Sipil dan Lingkungan, Statistika, dan Meteorologi Terapan. Kelas T terdiri dari Agronomi dan Hortikultura, Kedokteran Hewan, Biologi, dan Ilmu Gizi. Kelas U terdiri dari mahasiswa yang berasal dari jurusan Kimia dan Biokimia. Mahasiswa kelas V yaitu jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan, Matematika, Fisika, dan Aktuaria. 

Dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari cakupan biologi dan asal-muasal kehidupan, struktur dan fungsi biologi (tingkat sel, genetika dan penerapannya dalam bioteknologi), keanekaragaman dan fungsi hayati pada tingkat organisme, populasi, komunitas, dan ekosistem, serta mempelajari tentang biologi konservasi. Selain kelas kuliah, kamu juga akan mengikuti kelas praktikum.

3. Biologi Umum

Mahasiswa yang mendapatkan mata kuliah Biologi Umum adalah Kelas R dan Kelas S. Kelas R terdiri dari mahasiswa yang berasal dari jurusan Ilmu Komputer, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Agribisnis, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Ekonomi Syariah, dan Sekolah Bisnis. Kelas S terdiri dari mahasisya yang berasal dari jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen serta jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Dalam mata kuliah ini hanya ada kelas kuliah saja, tidak ada kelas praktikum.

Materi yang dapat kamu pelajari dalam mata kuliah ini adalah sel, transport melewati membrane sel termasuk eksositosis dan endositosis dan respirasi selular, fotosintesis, bahan genetik dan mutase, rekayasa genetik, keragaman dan peranan organisme, monera dan Protista, cendawan, hewan, dan ekologi.

4. Fisika dan Fisika Dasar 1

Mata kuliah Fisika diberikan kepada mahasiswa Kelas P, Kelas Q, Kelas R namun hanya untuk jurusan Ilmu Komputer, Kelas T, Kelas V namun untuk jurusan Matematika dan Akutaria. Sedangkan mata kuliah Fisika Dasar 1 diberikan kepada mahasiswa Kelas U dan Mahasiswa Kelas V namun untuk jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan serta Fisika. Kedua mata kuliah ini terdapat kelas kuliah dan juga kelas praktikum. Dengan mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa bisa memperdalam fisika dengan baik.

Baca Juga:  Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah untuk MaBa!

5. Fisika Umum

Mata kuliah Fisika Umum diberikan kepada mahasiswa Kelas R dan Kelas S yang mempunyai mayor atau jurusan berbasis IPA tetapi tidak memerlukan dasar fisika yang kuat. Kamu akan belajar mengenai mekanika, gelombang, termodinamika, listrik magnet dan fisika modern. Hanya tersedia kelas kuliah saja dan tidak ada kelas praktikum.

Nah, akhirnya selesai juga membahas mata kuliah yang akan kamu pelajari jika kamu masuk di IPB di tahun pertama dan mengikuti program PPKU. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang akan menjadi maba IPB atau ingin masuk IPB kelak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…