Mengenal Intership atau Magang, Maba Harus Tahu Nih!

Mengenal Intership atau Magang – Buat kamu yang kini telah duduk di bangku kuliah, selamat ya! Kalian sudah berhasil menyelesaikan 3 tahun masa SMA dengan baik dan kini bisa masuk di universitas yang kamu inginkan. Nah, guys berhubung kalian udah masuk di bangku kuliah nih, sebenarnya ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang dunia perkuliahan.

Selain berbagai macam SKS maupun pertemanan yang luas, bangku kuliah juga identik dengan UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. UKM sendiri bisa disebut sebagai ekstrakurikulernya masa SMP dan SMA. Namun, terdapat perbedaan yang cukup signifikan juga guys. Umumnya, cara masuk ke dalam suatu UKM terlebih UKM yang terkenal akan lebih sulit. Tak jarang kamu akan ditolak apabila tidak memenuhi kualifikasi.

Mengenal Intership atau Magang
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Selain UKM, bangku perkuliahan juga identik dengan yang namanya intership atau magang. Wuih, apaan tuh? Nah, kali ini aku mau share ke kalian guys segala sesuatu seputar intership atau magang sampai kenapa sih kalian harus ikutan magang? Simak ulasannya di bawah ini ya!

Mengenal Intership atau Magang

Oke, sebelum masuk ke berbagai hal seputar magang dan berbagai manfaat di baliknya aku mau kasih tahu dulu nih apa sih magang atau intership itu? Jadi, secara umum magang selalu berpasangan dengan para mahasiswa yang ingin mencoba rasanya bekerja di sebuah perusahaan atau bahkan terjun langsung ke dalam masyarakat. 

FYI guys, sebenarnya magang akan dilakukan setiap mahasiswa di semester akhir guys. Umumnya magang dilakukan sebagai salah satu syarat untuk kelulusan. Namun, sebenarnya terdapat beberapa acara intership atau magang yang dapat dilakukan di awal semester atau tengah semester. Magang ini dapat dilakukan sesuai dengan kemauan mahasiswa.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Sosial dan Politik

Magang sendiri berfungsi untuk melatih mahasiswa tentang bagaimana cara bekerja atau sistem pekerjaan dalam suatu perusahaan. Biasanya perusahaan yang memang disukai atau diinginkan oleh seorang mahasiswa. Ketika kamu melakukan magang, maka ada banyak ilmu pengetahuan yang bisa kamu ambil di dalamnya. 

Oh iya, bahkan ada beberapa perusahaan yang juga memberikan bayaran bagi mahasiswa yang magang di tempatnya. Khususnya apabila mahasiswa tersebut secara giat bekerja dan menunjukkan kemampuan secara maksimal dalam suatu perusahaan.

Bisa jadi setelah lulus nanti kamu akan diminta oleh perusahaan tempatmu magang agar dapat bekerja langsung di sana. Dengan magang juga, kamu dapat membantu hubungan antara kampus dengan perusahaan terkait menjadi lebih baik lagi. 

Mengapa Kamu Harus Magang?

Buat kalian yang masih bingung, kira-kira apa sih fungsinya magang bagi dirimu sendiri maka di bawah ini terdapat 3 alasan yang patut kamu pertimbangkan sebagai dasar mengapa kamu harus melakukan magang.

1. Magang mengajarkan kehidupan nyata

Seringkali kamu merasa terbutakan dengan kemudahan yang mungkin didapat ketika berkuliah maupun ekspetasi yang terjadi ketika menuntut ilmu. Mungkin saja nilai mata kuliah yang baik membuatmu lupa, bahwa sebenarnya pekerjaan tidak semudah mendapatkan nilai A di mata kuliah. 

Maka dari itu, dengan magang kamu akan melihat secara langsung bagaimana pekerjaan itu cukup sulit untuk dilakukan. Butuh usaha yang keras dan semangat tanpa batas dalam melakukan setiap tugas yang diberikan.

2. Lebih mengenal diri sendiri

Saat kamu melakukan magang atau intership, maka kamu cenderung dituntut untuk keluar dari zona nyamanmu guys. Dengan ini kamu akan melepas beberapa rutinitas yang mungkin biasa kamu lakukan saat menjadi seorang mahasiswa biasa. Seperti aktivitas bermain atau nongkrong bersama teman, yang harus dikurangi saat kamu melakukan magang.

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 4

Ketika kamu merasakan magang atau intership, kamu juga akan merasakan kira-kira pada bidang mana hobi maupun ketertarikanmu secara lebih mendalam. Sehingga, tanpa disadari kamu semakin mengenal diri sendiri.

3. Bertemu berbagai orang hebat

Saat kamu melakukan intership, maka kamu akan bertemu berbagai orang dengan latar belakang berbeda. Kalian harus bekerja sama sebagai sebuah tim untuk memajukan sebuah perusahaan atau menyelesaikan sebuah proyek. 

Apalagi ketika kamu melakukan magang atau intership di sebuah lembaga atau perusahaan yang ternama. Sehingga, kamu juga akan mengenal berbagai orang-orang hebat di balik sebuah karya yang tak kalah keren. 

Manfaat Intership atau Magang

1. Semakin mengasah skill

Manfaat intership atau magang yang pertama adalah mengasah skill yang kamu miliki. Apakah jurusan yang kamu ambil sesuai dengan kesukaan atau bakatmu? Selain itu, berbagai soft skill maupun segala materi yang kamu terima ketika berkuliah akan kamu terapkan di dalam kegiatan magang. 

Sehingga, kamu juga bisa mengukur sejauh mana sebenarnya kemampuanmu. Apakah sudah mencukupi atau bahkan kurang. Hal ini tentu menjadi motivasi agar selalu berkembang dan menjadi lebih baik lagi ya guys!

2. Mempermudah saat bekerja

Setelah lulus nanti dan kamu hendak bekerja di sebuah universitas maka pengalaman sebagai seorang intership akan sangat membantumu. Terlebih ketika kamu pernah magang di perusahaan besar dan ternama, maka kemungkinan untuk diterima di perusahaan tersebut akan sangat besar.

Tak hanya itu, bisa jadi kamu diminta untuk bekerja di perusahaan tempatmu magang karena kinerja dan kemampuan yang kamu miliki mencukupi kualifikasi yang diberikan sebuah perusahaan. Tentu hal ini tidak bisa disia-siakan begitu saja guys. Kalian dapat secara cermat memilih tempat magang sampai memaksimalkan segala pekerjaan.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Seni dan Budaya

3. Relasi yang luas

Kamu harus tahu nih guys, kalau salah satu kunci menjadi sukses adalah memiliki relasi seluas-luasnya. Apabila kamu memiliki relasi yang luas, maka kemudahan ketika bekerja sampai melakukan berbagai aktivitas lainnya akan kamu dapatkan. Selain berbagai orang-orang hebat atau unik yang nantinya kamu temui, membangun pertemanan di dalamnya juga sangat penting dilakukan.

Sehingga, relasi yang professional dan terjalin dengan hebat akan semakin membawamu lebih dekat kepada setiap mimpi-mimpi yang hendak kamu wujudkan. 

4. Memperkecil cakupan karier

Saat melakukan magang, kamu akan semakin mengetahui apa yang tepat dan kurang tepat bagimu. Sehingga secara tidak langsung, kamu akan memperkecil cakupan pekerjaan atau karier yang nantinya kamu ambil. Kamu akan menjadi lebih fokus dalam melakukan pekerjaan atau keinginan yang sesuai dengan bakat yang kamu inginkan guys.

5. Melatih kemampuan komunikasi dan sosial

Hal yang paling penting dalam setiap pekerjaan adalah komunikasi. Untuk mempermudah melakukan setiap aktivitas, kamu harus memiliki komunikasi yang baik. Sehingga, bagi kamu yang ingin semakin mengasah kemampuan dalam berkomunikasi atau melakukan aktivitas sosial maka kegiatan magang ini merupakan sarana yang tepat. 

Tak hanya isi kepala atau materi saja yang berada di atas level rata-rata, melainkan kemampuan mengolah kata atau bahasa ketika berhadapan dengan atasan, teman, sampai senior di dalam perusahaan menjadi kunci untuk beradaptasi di berbagai suasana. Bahkan di dalam kehidupan dalam bermasyarakat.

Nah, guys di atas adalah berbagai hal seputar intership atau magang. Mulai dari pengertian, alasan harus ikut, sampai beragam manfaat lainnya. Magang atau intership dapat menjadi suatu pengalaman yang patut atau sebisa mungkin kamu lakukan sebagai seorang mahasiswa. Selamat Mencoba!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Persyaratan Umum yang Wajib Kamu Miliki Untuk Kuliah di Luar Negeri!

Kuliah di Luar Negeri – Halo guys! Siapa nih di antara kamu yang bercita-cita melanj…