Skill Sampai Benefit yang Kamu Dapatkan Apabila Mengikuti MUN! Buruan Join Yuk!

Hola guys! Kemarin nih, penulis sempat bahas beberapa hal mulai dari perkenalan sampai rules yang ada di MUN. Eits, itu belum lengkap lho guys masih ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui nih. Apa lagi sih? Kali ini penulis mau mengajak kamu pembaca untuk menyelam lebih dalam lagi mengenai beberapa equipment yang diperlukan sebelum mengikuti MUN.

Mulai dari skill yang diperlukan sampai beberapa benefit yang bisa banget nih kamu dapatkan dari mengikuti MUN. Oke, tanpa basa-basi terlalu lama kali ini lagsung aja ya simak beberapa ulasan mengenai MUN mulai dari skill, benefit, dan di mana sih kamu bisa mengakses MUN ini? Simak ulasannya berikut ini guys!

Skill yang Wajib Dimiliki Sebelum Mengikuti MUN

1. Kemampuan berbahasa Inggris

Mau tidak mau dan emang tidak bisa dipungkiri lagi nih guys kalau Bahasa Inggris memang super penting. Bahkan di MUN sendiri menggunakan bahasa di luar bahasa Inggris menjadi suatu hal yang jarang sekali digunakan. Sehari-hari sampai mendiskusikan segala sesuatu akan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini termasuk ketika kamu sedang berdiskusi dengan teman dari negara yang sama.

Selain itu, sepanjang acara maupun conference berlangsung pun bahasa yang digunakan ialah Bahasa Inggris. Dalam memahami mosi debat sampai speech juga dilakukan dengan bahasa Inggris. So, paling tidak kamu harus menguasai bahasa Inggris secara pasif ya guys

2. Kritis terhadap isu

Next, skill selanjutnya yang wajib kamu miliki ialah kritis terhadap suatu isu. Seperti yang pernah disinggung pada artikel sebelumnya, bahwa tiap MUN memiliki tema yang berbeda satu sama lain. Hal inilah yang memaksa kamu untuk berpikir kritis terhadap tema tersebut sesuai dengan council yang diberikan ya guys

Oh iya, ga hanya itu lho. Ketika kamu melakukan sesi debat maupun speech, biasanya kamu bisa diperkenankan untuk bertanya kok kepada delegasi lain atau yang sedang melakukan speech. Hal ini juga memerlukan kekritisan dalam mendengar ya guys. By the way, benefitnya apa sih? Tentunya kamu bisa menjadi salah satu best delegate atau most outstanding delegate lho! 

Baca Juga:  Prospek Kerja Ilmu Gizi, Sangat Menjanjikan Lho!

3. Kepercayaan diri

Yap, MUN ialah salah satu ajang bergengsi yang bisa melatih kepercayaan diri kamu lho guys. Hal ini karena, dalam MUN kamu dituntut untuk speak up terhadap sebuah isu maupun berani menyuarakan pendapat. 

Nah, buat kamu yang mungkin masih beginner, penulis punya tips nih. Di awal melakukan sesi speech atau debate kamu bisa melakukan persiapan terlebih dahulu ya guys. Misalnya, mencatat kalimat yang akan kamu bicarakan selama kurang lebih 1 menit atau melakukan riset secara lebih giat terhadap isu yang dibahas nih.

4. Problem Solving

Pemecahan masalah juga menjadi salah satu skill yang diperlukan di MUN guys. Bayangkan saja, dalam rapat delegasi yang diselenggarakan PBB tentunya akan ada banyak tujuan yang henda diraih dari tiap negara nih. Lalu sekarang bagaimana solusi yang tepat dalam mencapai perdamaian sekaligus tujuan setiap negara secara merata? Tentunya menggunakan skill problem solving ini ya guys.

Bahkan di akhir MUN pun, kamu juga akan diminta membuat resolution paper kok guys. So, hal ini bisa menjadi salah satu ajangmu untuk belajar lebih dalam lagi tentang skill problem solving ini ya!

5. Kepekaan terhadap situasi

Last but not least, kamu juga akan memerlukan rasa kepekaan terhadap situasi guys. Misalnya saja, apakah situasi ini tepat bagi kamu untuk menyatakan pendapat atau melakukan diskusi. Skill ini juga ga hanya bermanfaat di bidang MUN aja guys

Banyak sekali pekerjaan sampai kegiatan belajar yang memerlukan kepekaan dalam membaca situasi. Salah satu manfaatnya ialah membuat kamu menjadi lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan guys

Manfaat Apa Aja Sih yang Kamu Dapat di MUN?

1. Teman baru

Walaupun pandemi masih berjalan sampai kini, bukan berarti pintu pertemananmu menjadi terbatas guys. Justru dengan berbagai kemajuan teknologi dan media internet kamu bisa menjangkau lebih banyak teman lho. Oh iya, teman-teman yang kamu dapatkan juga engga sembarangan kok. Kebanyakan yang mengikuti MUN ini tentunya termasuk sebagai pelajar yang cerdas dan memiliki wawasan yang luas dong. 

Baca Juga:  Daftar Sekolah Seni Terbaik di Indonesia, dari Aceh sampai Sumatera Barat!

2. Wawasan yang luas

Yap, lewat MUN kamu juga bisa mempelajari berbagai culture yang mungkin tidak kamu dapatkan di pelajaran sekolah  biasa guys. Bahkan culture yang kamu pelajari ini berasal dari native atau orang asli dari suatu negara tersebut. Pastinya hal ini super menyenangkan dong guys!

Ditambah lagi, lewat MUN kamu bisa bertukar ide atau inspirasi tentang minat yang kamu miliki. Bahkan tak jarang lewat MUN kamu juga mendapatkan berbagai ide atau pemikiran baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya guys.

3. Skill yang kian terasah

Berbagai skill di atas tak hanya digunakan dalam MUN aja kok guys. Di dunia perkuliahan sampai pekerjaan nanti, pastinya kamu tetap memerlukan berbagai skill tersebut. Nah, selama pandemi ini berlangsung ada baiknya kamu semakin mengasah skill yang dimiliki dengan forum yang tepat yakni MUN.

4. Menambah achievement

Siapa bilang achievement atau prestasi hanya dibutuhkan untuk mendaftar SNMPTN atau jalur prestasi universitas aja. Bahkan, sampai kamu bekerja nanti berbagai sertifikat conference ini akan sangat menambah poin plus lho guys. Apalagi bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan bertaraf internasional. 

Ga hanya itu, kalau kamu berhasil bergabung sebagai member atau pengurus di suatu MUN atau penyelenggara MUN maka poin plus yang didapatkan pun ga akan main-main lagi guys! Pasti diperhitungkan.

Gimana Cara Mengakses MUN?

Berdasarkan pengalaman penulis kemarin, ada beberapa penyelenggara yang recommended banget dalam membuat rangkaian acara MUN ini. Baik secara virtual karena pandemi maupun berpengalaman secara offline. Berikut beberapa penyelenggara yang bisa kamu akses via Instagram ya guys!

1. IGN 

Pertama, ialah International Global Network atau yang biasa disebut sebagai IGN. Organisasi ini termasuk sebagai salah satu penyelenggara besar bagi MUN guys. Bahkan ia juga menaungi beberapa penyelenggara lainnya kok.

Baca Juga:  Yuk Kenalan Dengan Teknik Lingkungan, Salah Satu Jurusan Unik yang Ada di Indonesia!

2. International MUN

Selanjutnya, ada International MUN. Organisasi satu ini juga ga kalah keren dan recommended kok guys. Bahkan sertifikat yang dikeluarkan oleh International MUN ini diakui oleh penyelenggara Australia dan PBB.

3. Asia-Africa MUN

Kalau yang ini, ialah penyelenggara yang kemarin penulis ikuti. Secretariat Generalnya pun anak UGM lho! Wuih, keren banget kan? Yap, Asia Africa MUN ini merupakan salah satu penyelenggara yang juga dinaungi oleh IGN guys. So, kalau kamu tertarik bisa langsung kunjungi Instagramnya ya!

4. LIMUN

Nah, kalau penyelenggara satu ini berasal dari London guys. Maklum, LIMUN sendiri singkatan dari London International Model United Nations. Di sini tentunya kamu akan bertemu dengan banyak pelajar maupun mahasiswa yang berasal dari London lho! Bakal jadi pengalaman baru nih.

Yap, di atas ialah sekilas mengenai MUN guys. Buat kamu yang kepo tentang berbagai rules di MUN, bisa langsung ke artikel 1 ya. Oh iya, selagi pandemi masih berlangsung yuk manfaatkan waktu kamu untuk mengasah kemampuan dengan mengikuti MUN ini ya!

Selamat Mencoba Kawan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

4 Alasan Bergabung dengan Career Mentoring Skill Academy, Solusi Pra-Kerja di Tengah Pandemi!

Di tengah pandemi seperti ini, kita tidak hanya diterpa masalah kesehatan saja. Melainkan …