10 Prospek Pekerjaan Ilmu Komunikasi yang Wajib Kamu Ketahui! Jangan Sampai di Skip guys!

Ada banyak banget nih prospek pekerjaan ilmu komunikasi di dunia ini. Yap, ilmu komunikasi atau akrab disapa ilkom menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati lho. Tak memandang gender, ilmu satu ini kerap kali masuk ke dalam 10 jurusan paling ketat dalam suatu perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Nah, buat kamu yang hendak masuk ke ilmu komunikasi maka kamu wajib banget nih baca ulasan di bawah ini. Kamu perlu tahu gengs, kalau anak ilkom mempunya prospek pekerjaan yang super luas. Apa aja ya? Simak ulasan berikut ini yuk!

Prospek Pekerjaan Ilmu Komunikasi

1. Public Relation

Yap, tentunya menjadi public relation atau umum disebut sebagai PR menjadi salah satu cita-cita dari setiap anak komunikasi nih. Kamu sendiri apakah masih asing dengan pekerjaan ini? So, secara sederhana PR sendiri ialah profesi yang berfokus untuk mengurus komunikasi di dalam sebuah perusahaan.

Tentunya komunikasi ini terdiri dari dalam maupun luar perusahaan. PR sendiri memiliki tugas utama untuk selalu menjaga nama baik perusahaan agar tetap baik di mata perusahaan lain. Kamu sebagai PR juga wajib banget nih bertandang ke berbagai perusahaan untuk menjalin sebuah hubungan kerja sama.

2. Creative Director

Prospek pekerjaan ilmu komunikasi yang berikut ialah creative director. Guys, apakah kamu tertarik untuk bekerja di industri TV? Buat kamu yang bercita-cita bekerja di industri TV, tetapi menolak menjadi seoranh public figure maka pekerjaan satu ini bisa menjadi referensimu gengs.

So, creative director adalah seorang pemimpin staff kreatif dalam sebuah perusahaan nih. Umumnya kamu akan menemukan posisi ini di sebuah industri TV sampai periklanan. Pekerjaannya pun menarik guys! Kamu sebagai pemimpin staff kreatif akan merancang strategi, mengevaluasi, sampai melakukan berbagai inovasi baru.

Baca Juga:  Contoh Penulisan Naskah untuk Narasi Bagi Penulis Buku

3. Broadcaster atau penyiar

prospek pekerjaan ilmu komunikasi
Sumber: Pinterest

Next, ada broadcaster atau penyiar. Salah satu pekerjaan yang menjadi cita-cita penulis sewaktu dulu nih, hehehe. Broadcaster atau penyiar sendiri ialah seorang yang bekerja di industri media khususnya bagian radio. Yap, tentunya kamu ga asing dengan berbagai radio muda seperti Tracks FM, Prambors, dan masih banyak lagi.

Nah, karena kemajuan digital di Indonesia semakin pesat. Kini kamu ga perlu lagi datang ke stasiun radio untuk menjadi seorang penyiar. Adanya berbagai platform seperti Spotify, akan membantu untuk menjadi seorang penyiar atau broadcaster. Bahkan kamu bisa mengisi broadcast sesuai dengan tema dan keinginanmu sendiri.

4. Event organizer

Salah satu prospek pekerjaan ilmu komunikasi yang bahkan bisa dilakukan sewaktu kuliah ialah menjadi event organizer guys. Pekerjaan ini tergolong fleksibel, bahkan bagi seorang anak SMA lho! Kamu bisa banget bekerja secara freelance atau mengambil hari libur sekolah untuk bekerja.

Nah, jobdesknya apa aja sih? Sesuai namanya, event organizer atau dalam bahasa Indonesia berarti pengorganisasi sebuah acara ialah sebuah pekerjaan yang berfungsi untuk mengatur sebuah acara sehingga berjalan dengan baik dan menarik. Kamu akan merancang mulai dari bentuk acara, perlengkapan yang perlu dipersiapkan, dan masih banyak lagi. Tentunya pekerjaan satu ini membutuhkan komunikasi yang baik.

5. Pengusaha

Eits, jangan berkecil hati dulu. Skill komunikasi yang baik memang harus dimiliki setiap penguasa lho. Untuk kamu yang sedang belajar ilmu komunikasi, tetapi hobi membuat roti maka tidak ada salahnya untuk menjadi pengusaha roti. Skill ilkom yang kamu miliki tentunya akan sangat berguna selama menjadi pengusaha.

Mulai dari mengatur karyawan, bertemu kolega kerja, sampai menjadi contoh bagi karyawan dalam melayani pelanggan menjadi pokok-pokok dasar dalam ilmu komunikasi guys. So, gaada salahnya nih kalau kamu anak lulusan ilmu komunikasi dan berminat menjadi pengusaha ya!

Baca Juga:  Cara Mudah untuk Mengetahui Kekuatan Gaya Magnet

6. Jurnalis

prospek pekerjaan ilmu komunikasi
Sumber: Pinterest

Ini dia nih prospek pekerjaan ilmu komunikasi yang paling dinanti-nanti. Seorang jurnalis. Betul banget, ada banyak anak lulusan ilmu komunikasi yang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Pekerjaan satu ini memang super menyenangkan apalagi kalau kamu berminat di dalamnya guys.

FYI, bahkan banyak media di Indonesia seperti Kompas, Jawa Pos, sampai BBC yang mewajibkan para pelamarnya sebagai lulusan ilmu komunikasi, jurnalistik, atau bahkan sastra Indonesia. So, nunggu apalagi nih? Kamu gemar menulis dan ingin menjadi jurnalis? Langsung masuk aja jurusan ilmu komunikasi ya guys!

7. Editor Tulisan

Selanjutnya ada editor. Seorang editor juga bisa lho dari jurusan ilmu komunikasi. Apalagi jika kamu memiliki bakat secara khusus dalam bidang penulisan. Nah, editor ini memiliki tugas untuk melakukan penyuntingan atau editing pada sebuah naskah untuk perusahaan atau penerbitan.

Tentunya ada sederet penerbit bergengsi di Indonesia yang bisa banget menjadi rumah bagi pekerjaan kamu. Mulai dari Gramedia Pustaka Utama sampai Bentang Pustaka sebagai salah satu penerbit yang cukup berpengalaman di Indonesia. Kamu juga bisa menjadi seorang editor bagi sebuah majalah atau artikel juga guys!

8. MC atau Master of Ceremonies

Prospek pekerjaan ilmu komunikasi satu ini juga masih berkaitan dengan penyiar radio di atas. Bedanya jika penyiar radio tidak nampak wujud dari pembicara, maka MC sendiri memerlukan wujud dan gestur ketika berbicara. Tentunya kamu udah ga asing dengan MC terkenal seperti Vincent & Desta sampai Gofar Hilman bukan?

Yap, MC atau sering juga disebut presenter dalam industri TV ialah sebuah pekerjaan yang berfungsi untuk membawakan sebuah acara baik secara langsung (MC) maupun tidak langsung (presenter). Pekerjaan satu ini tentunya membutuhkan skill komunikasi secara khusus lho.

9. Produser

prospek pekerjaan ilmu komunikasi
Sumber: Pinterest

Kamu tertarik bekerja di belakang layar? Pekerjaan satu ini bisa jadi prospek yang menarik untukmu nih. Seorang produser bisa juga berasal dari jurusan ilmu komunikasi lho. Ada banyak juga jenis produser di Indonesia, mulai dari produser sebuah acara di TV, produser film, sampai produser radio.

Baca Juga:  Cara Menjadikan HP Sebagai Mouse Wireless

Oh iya, jobdesk produser apa aja sih? Produser sendiri memiliki tanggung jawab khusus untuk terus mengawasi setiap proses produksi. Mulai dari produksi pembuatan film (termasuk script, akting, dll) sampai produksi pembuatan suatu acara (mulai dari daftar pemain di TV, perlengkapan, alur acara, dll).

10. Dosen

Last dari prospek pekerjaan ilmu komunikasi, terdapat pekerjaan yang selalu ada di setiap jurusan yakni seorang dosen. Apabila kamu ingin bergelut lebih dalam di bidang komunikasi dan melakukan berbagai penelitian menarik, maka pekerjaan dosen dapat menjadi pilihan yang tepat guys.

Pekerjaan satu ini tak hanya memerlukan materi aja lho, melainkan juga kemampuan untuk mengajar dan dedikasi tinggi terhadap pendidikan. So, kalau kamu tertarik jangan ragu memilih pekerjaan satu ini ya guys. Kamu juga harus rajin-rajin sekolah karena tugas utama dosen ialah tak pernah berhenti belajar dan mengajar.

Yap, di atas adalah 10 prospek pekerjaan ilmu komunikasi di Indonesia bahkan seluruh dunia lho. Gimana, apakah kamu sudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minatmu? Kalau sudah jangan lupa comment di bawah ya guys! Untuk kamu yang berjuang masuk jurusan ilmu komunikasi, semangat selalu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips Kuliah Jurusan Elektro yang Wajib Banget Kamu Ketahui Sebagai Mahasiswa Baru!

Jurusan elektro menjadi salah satu major paling laris manis hampir di setiap universitas. …