10 Rekomendasi Sekolah Masak Terbaik di Indonesia! Khusus Untuk Kamu yang Ingin Menjadi Chef Handal!

Ada banyak banget nih rekomendasi sekolah masak terbaik di Indonesia guys! Yap, pekerjaan sebagai juru masak atau lebih dikenal dengan Chef menjadi salah satu profesi paling laris manis lho! Ga hanya itu, profesi satu ini juga ga mengenal gender guys. Mulai dari laki-laki sampai perempuan, semua memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi chef handal.

Nah, untuk kamu yang tertarik mendalami ilmu masak-memasak ini, maka wajib banget nih baca artikel di bawah sampai tuntas. Hal ini karena penulis akan membahas secara mendalam tentang 10 rekomendasi sekolah masak terbaik di Indonesia! Yup, tanpa menunggu lagi, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini guys!

Rekomendasi Sekolah Masak Terbaik di Indonesia

1. Bali Culinary Pastry School

rekomendasi sekolah masak
Sumber: baliculinarypastryschool.com

Rekomendasi sekolah masak yang pertama datang dari Pulau Dewata, tepatnya di kawasan Tabanan. Sekolah masak satu ini lebih berfokus pada pembuatan pastry dan juga baker. Sekolah masak satu ini memiliki berbagai program yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kebutuhan guys.

Misalnya, program untuk ketua kuliner profesional yang akan dimulai pada tanggal 25 Agustus 2021, program untuk sertifikat chef yang akan dimulai pada tanggal 23 September 2021, dan masih banyak program lainnya. Oh iya, Bali Culinary Pastry School juga menyediakan beasiswa menarik khusus untuk kamu yang menaruh minat lebih pada bidang ini guys!

2. Ottimo International

Next, ada rekomendasi sekolah masak yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur guys. Sekolah satu ini dinilai sebagai salah satu pusat pelatihan gourmet terbaik yang ada di Indonesia lho. Selain meluluskan berbagai chef atau koki handal, Ottimmo juga menjadi rumah bagi banyak pengusaha kuliner terkenal guys.

Nah, untuk program yang ditawarkan sendiri, Ottimmo memberian pendidikan selama 3 tahun melalui spesialisasi kuliner dan gastronomi. Menariknya, Ottimmo menggunakan kurikulum berstandar Eropa untuk pelatihan dan pendidikan memasak yang dilakukan.

Baca Juga:  Putra Dono Calon Doktor Nuklir Kampus Einstein

3. Bogasari Baking Centre

rekomendasi sekolah masak
Sumber: bogasari.com

Siapa sih yang ga kenal dengan Bogasari? Sebuah perusahaan tepung yang terkenal dan super besar di Indonesia? Tentunya banyak dari kamu yang ga asing dong guys! Nah, Bogasari sendiri mendirikan sebuah akademi untuk memasak guys. Namun, sebelum mengikuti kursus kamu diminta membayar senilai 270.000 terlebih dahulu.

Lantas di mana dong belajarnya? Tenang guys! Bogasari Baking Centre memiliki 19 cabang akademi di berbagai kota di Indonesia lho. Mulai dari Semarang, Surabaya, Kediri, Medan, Solo, dan masih banyak lagi! Jadi kamu ga perlu khawatir lagi nih harus belajar di mana.

4. The Sages Institute

Selanjutnya, ada sebuah sekolah khusus memasak yang mungkin tak asing di telinga masyarakat Surabaya. Yap, The Sages Institute ini terletak di Surabaya tepatnya pada daerah Tanjungsari. Sages Institute tidak hanya bergerak di bidang culinary dan gatronomy aja guys, melainkan juga sekolah khusus hospitality yang sesuai dengan taraf internasional.

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan guys! Mulai dari dapur dengan beragam alat dan kebersihan yang terjamin sampai pengajar terkemuka dari kelas internasional. Kurikulum dari Sages pun super beragam. Ada khusus untuk beverage and bar, restaurant management, baking and pastry, culinary arts, dan masih banyak lagi guys!

5. Indonesia Patisserie School

rekomendasi sekolah masak
Sumber: indonesiapatisserieschool.com

Next, untuk rekomendasi sekolah masak terbaik tentunya ga afdol kalau ga bahas sekolah satu ini guys. Sekolah yang terletak di area DKI Jakarta ini menjadi salah satu primadona di bidang pastry. Indonesia Patisserie School didirikan oleh Djap Siau Kan, seorang master dalam cake and bakery pada tahun 1994.

Sekolah yang kerap disapa sebagai IPS ini menawarkan berbagai program menarik untuk kamu yang tertarik di bidang memasak. Mulai dari kelas memasak dasar, kelas barista, sampai kelas bakery and cake. Kamu juga bisa mengakses berbagai kelas secara online di sini. Tertarik? Yuk, kunjungi laman resmi di indonesiapatisserieschool.com

Baca Juga:  Tips Memilih Tempat Liburan Sekolah Bagi Siswa

6. ION’s Culinary College

Ga mau ketinggalan, Yogyakarta juga memiliki sekolah memasak terbaik yang patut kamu garis bawahi nih. Terletak di area Gondokusuma, ION’s menjadi salah satu sekolah memasak bertaraf internasional yang melahirkan berbagai juru masak handal guys!

Program belajar di ION’s sendiri terdiri dari 80% praktek dan sisanya teori. Jadi, cocok banget untuk kamu yang ingin mengasah kemampuan di bidang memasak karena terjun langsung di dapur hampir setiap harinya. Program yang ditawarkan juga berdasarkan usia ya guys. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, semuanya tersedia!

7. Tristar Culinary Institute

rekomendasi sekolah masak
Photo by Snapwire on Pexels.com

Rekomendasi sekolah memasak berikutnya datang dari Kota Lunpia yakni Semarang guys. Tristar Culinary Institute terletak di Lamper Kidul, Kota Semarang. Oh iya, walau berpusat di Semarang, ternyata Tristar juga memiliki berbagai cabang di Surabaya, Pontianak, sampai Bogor juga.

Untuk program yang ditawarkan pun mulai dari Culinary, Patisserie, dan tak lupa perhotelan juga gengs. Program ini pun hanya ditempuh selama 3 tahun aja ya guys, yang berarti setiap lulusannya memeroleh gelar sebagai D3. Untuk biaya kuliah juga beragam tergantung dari jurusan yang diambil. Namun, kisaran biaya bisa mencapai 15-30 juta ya guys!

8. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua

Kembali ke Yogyakarta, kali ini juga ada sekolah kuliner terbaik yang terletak di Kabupaten Sleman area DIY. Budi Mulia Dua menjadi salah satu sekolah masak yang paling direkomendasikan karena memiliki beragam kelebihan guys. Mulai dari fasilitas, program belajar, sampai prospek dari masing-masing lulusan yang patut diacungi jempol.

Apabila kamu masuk sekolah ini maka fasilitas pertama yang akan kamu dapatkan ialah sertifikat, jas cook, berbagai bahan memasak, jas almamater, praktek lapangan, sampai berbagai resep menarik. Untuk program yang ditawarkan pun terdiri dari profesi chef, program untuk manajemen catering, program beverage, pastry, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Keterbatasan Adalah Kekuatan!

9. De Acces Culinary and Hotel Training Centre

rekomendasi sekolah masak
Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels.com

Beralih ke Solo, ada salah satu rekomendasi sekolah masak terbaik yang patut menjadi pertimbangan guys. De Acces ini merupakan sebuah lembaga kursus yang bergerak di bidang perhotelan dan culinary.

Program yang ditawarkan pun sangat beragam guys. Mulai dari program kuliner, perhotelan, kapal pesiar, yang masing-masing berdurasi selama 1 tahun. Ada juga program singkat yang hanya kamu jalani selama 3 bulan aja untuk enterpreneurship di bidang kuliner dan juga program bahasa Jepang.

10. Monas Pacific Culinary Academy

Last, kita kembali ke Surabaya yakni di daerah Gubeng terdapat sebuah sekolah memasak terbaik guys. Sekolah ini menawarkan 3 program yakni D3, D2, dan D1 guys. Masing-masing dari lulusan tersebut akan memeroleh materi tentang memasak, kuliner, sampai pastry dari beragam negara. Oh iya, perlu kamu ketahui bahwa program di Monas Pacific ini terdiri dari 80% praktek dan 20% teori ya guys!

Yap, itu tadi beberapa rekomendasi sekolah memasak terbaik di Indonesia yang mungkin bisa menjadi referensi kamu untuk menuntut ilmu. Tentunya apabila kamu benar-benar passion di bidang memasak, maka jangan ragu untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya ya guys!

So, See You on Top!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips Kuliah Jurusan Elektro yang Wajib Banget Kamu Ketahui Sebagai Mahasiswa Baru!

Jurusan elektro menjadi salah satu major paling laris manis hampir di setiap universitas. …