pkn stan

7 Penyebab Gagal Masuk STAN, Nomor 6 Sering Terjadi!

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Persaingan masuk Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN memang sangat tinggi, jika tidak berbekal cukup maka kemungkinan gagal di depan mata. Kebanyakan para pendaftar harus menerima hasil tak memuaskan karena pola pikir yang salah dalam menyikapi semua hal menyangkut perguruan tinggi prestisius milik Kementrian Keuangan ini. Biar kamu tidak ikutan gagal, hindari penyebabnya berikut ini.

7 Hal Ini Jadi Alasan Kamu Gagal Tes PKN STAN

Kalau kamu punya satu saja pemikiran dari enam hal berikut ini, maka kemungkinan kamu gagal sangat besar. Baik itu takut biaya mahal, kurang percaya diri, PKN STAN hanya DI dan DIII, masa depan kerja belum jelas, kamu anak IPA atau kamu takut karena tidak punya koneksi “orang dalam” yang bekerja di PKN STAN.

1. Takut Biaya Mahal

Namanya saja politeknik dimana-mana anak politeknik itu biayanya lebih mahal ketimbang jurusan normal. Makanya banyak yang takut mendaftar PKN STAN. Padahal sepeserpun tak ada biaya yang akan kamu keluarkan selama menjalani pendidikan disana. Kecuali biaya menyangkut tempat tinggal, makan, dan semua kebutuhan pribadimu.

2. Kurang Percaya Diri

Banyak siswa SMA yang tidak percaya diri untuk masuk perguruan tinggi yang dinilai sangat bonafit ini. Menurut mereka kemungkinan lulus sangat kecil apalagi dengan nilai pas-pasan yang mereka dapatkan selama SMA. Namun hal itu harus dibuang jauh-jauh karena kesempatan selalu ada untuk yang berusaha keras.

Baca Juga:  Ini dia! Tips Rahasia Supaya Lolos dan Masuk Perguruan Tinggi STSN

3. Bukan Strata 1 (S1)

Memang PKN STAN hanya menyediakan program studi Diploma, yang gengsinya lebih rendah dari strata satu (S1). Namun jika dikaji soal pekerjaan yang bisa diperoleh setelah lulus kamu lebih berpotensi dapat kerja yang jelas yaitu PNS ketimbang S1 yang dari data BPS terbaru banyak juga yang jadi pengangguran.

4. Tidak Jelas Masa Depan Dinas

Banyak yang berpikiran kalau lulusan PKN STAN belum jelas masa depannya, namun pada kenyataan para lulusannya sudah dipastikan diangkat jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Baik di lingkungan Kementrian Keuangan atau instansi lainnya. Tentunya sangat jelas masa depannya bukan? Jadi buat kamu yang punya pikiran tersebut segera buang-jauh-jauh.

5. Jurusan IPA

Kamu anak jurusan IPA? Tak masalah untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa PKN STAN, karena berdasarkan data penerimaan di perguruan tinggi tersebut, 80 persen yang lolos berasal dari jurusan IPA. Alasannya karena anak IPA lebih menguasai semua jenis tes yang dilakukan oleh penyelenggara, jadi kamu anak IPA malah lebih berpotensi lolos lho!

6. Tidak Punya Orang Dalam

Paradigma bahwa masuk perguruan tinggi elit harus punya kenalan “orang dalam” memang masih sangat lekat di benak orang Indonesia. Namun kamu bisa memastikan sendiri bahwa dalam seleksi penerimaan mahasiswa PKN STAN tak ada campur tangan siapapun, karena semua murni berdasarkan hasil tes masing-masing peserta.

7. Jarang Olahraga

Salah satu alasan pendaftar PKN STAN tidak lulus adalah karena mereka tidak suka olahraga. Dari data yang dihimpun menyebutkan bahwa sekitar 20 persen kegagalan adalah saat melakukan tes kesehatan dan kebugaran. Jadi buat kamu yang berniat ikut seleksi penerimaan mahasiswa PKN STAN harus merubah pola hidup jadi lebih sehat dengan rajin olahraga.

Baca Juga:  Syarat untuk Mendaftar di PKN STAN, Nilai Raport Minimal 70!

Kalau kamu mau lulus seleksi PKN STAN memang harus dilandasi niat yang jelas dan usaha yang keras. Jangan sampai kamu punya pikiran yang buruk tentang diri sendiri dan perguruan tinggi yang satu ini. Karena akan banyak efek positif yang akan kamu dapatkan jika bersungguh-sungguh saat mendaftar dan menjalani semua seleksinya. Selamat mencoba!

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bimbel Online Untuk Persiapan Masuk STAN

Kamu pengen punya kesempatan lebih besar untuk bergabung jadi mahasiswa Politeknik Keuanga…