pkn stan

Persyaratan Tes Kesehatan Masuk STAN, Mata Gak Boleh Minus!

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Mengikuti tes kesehatan merupakan salah satu tahapan seleksi wajib bagi calon mahasiswa Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Kamu yang akan mengikuti tes ini adalah yang sudah dinyatakan lulus tes sebelumnya. Seperti apa persyaratan tes kesehatan tersebut agar kamu bisa dinyatakan lulus? Yuk simak informasi berikut.

Ini Dia Syarat Tes Kesehatan Agar Bisa Lulus

Untuk tes kesehatan PKN STAN ada dua tahapan utama, yaitu tes kesehatan fisik dan tes kebugaran. Ada standar yang harus kamu penuhi jika ingin dinyatakan lulus baik itu tes fisik yang meliputi tes umum, mata, dan kesehatan keseluruhan maupun tes kebugaran dimana peserta diminta melakukan sejumlah olahraga ringan.

Tes Kesehatan Fisik

Diawali dengan mengisi formulir tes yang sudah disediakan panitia, kemudian kamu akan melakukan serangkaian tes diantaranya:

1. Tes Umum

Syarat dinyatakan lulus adalah jika berat badan dan tinggi badanmu masuk kategori ideal penurut penyeleksi. Kemudian tekanan darah dan denyut nadi juga pada kondisi normal dan tidak berpotensi penyakit apapun.

2. Tes Mata

Pengecekan mata yang dilakukan mirip dengan yang pernah kamu lakukan di dokter mata. Yaitu melihat sejauh mana kesehatan matamu, apakah kamu menderita rabun jauh, rabun dekat, silindris, dan penyakit mata lainnya. Kamu akan dinyatakan lulus jika penyeleksi memberikan hasil VOD 6/6 yang merupakan hasil sempurna pada tes mata ini.

Khusus untuk kamu yang memilih jurusan Kepabeanan dan Cukai, aka nada sedikit syarat khusus yaitu matamu tidak boleh memiliki minus atau plus lebih dari 2 dioptri. Kamu juga harus dipastikan tidak buta warna saat dilakukan tes kesehatan mata ini.

Baca Juga:  7 Penyebab Gagal Masuk STAN, Nomor 6 Sering Terjadi!

3. Tes Keseluruhan

Sama dengan general medical check up pada umumnya, tes ini terdiri dari enam tahapan yaitu tes  kondisi telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) pada dokter yang sudah ditunjuk PKN STAN. Kemudian lanjut pada tahap pengecekan kondisi gigi untuk memastikan tidak ada gigi yang berlubang atau mengalami penyakit serius.

Selanjutnya adalah tahap tiga pengecekan varises pada oembuluh darah, kemudian lanjut ke tahap keempat yaitu pengecekan bagian anus untuk melihat apakah kamu menderita ambeien atau tidak. Tahapan kelima adalah memeriksa jantungmu apakah dalam kondisi sehat atau teridentifikasi penyakit tertentu, dan terakhir pengecekan kondisi saraf.

Tes Kebugaran

Untuk tes kebugaran, kamu akan diminta melakukan sejumlah olahraga ringan. Diantaranya adalah lari keliling lapangan selama 12 menit, untuk menentukan seberapa jauh kamu bisa berlari dalam rentang waktu tersebut. kamu akan lolos tes ini jika mampu berlari sejauh 2 km atau sekitar lima hingga delapan putaran lapangan sepak bola.

Kemudian ada shuttle run dimana kamu diminta berlari seperti angka delapan melewati dua tiang yang sudah disiapkan. Kamu harus mampu melakukannya selama tiga kali putaran tanpa menyentuh tiang pembatas. Tes ini berfungsi untuk menentukan kemampuanny dalam mengambil keputusan dan sejauh mana kamu bisa berkonsentrasi terhadap suatu hal.

Jika kamu lolos tes ini maka bisa dipastikan bahwa kamu akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu menunggu hasil akhir dari seluruh tes yang sudah dilakukan. Jika lolos maka kamu sudah menjadi bagian dari PKN STAN, jika tidak maka keberuntunganmu sudah berakhir tahun ini untuk mencicipi rasanya jadi mahasiswa perguruan tinggi bonafit tersebut.

Lolos tes kesehatan merupakan hal yang wajib jika ingin menjadi bagian dari PKN STAN. Kamu butuh mempersiapkan diri semaksimal mungkin jika ingin lolos. Mulai dari menjaga kesehatan, pengecekan kondisi organ vital sebelum tes dan memastikan stamina terjaga menjelang tes dilakukan, agar kesempatanmu untuk lolos semakin besar.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bimbel Online Untuk Persiapan Masuk STAN

Kamu pengen punya kesempatan lebih besar untuk bergabung jadi mahasiswa Politeknik Keuanga…