8 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Banget Kamu Baca

Halo teman-teman! Siapa nih di antara kamu yang senang atau hobi banget untuk membaca buku? Yap, membaca buku bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu selama weekend atau saat liburan tiba. Ada banyak buku fiksi dan non-fiksi yang bisa menambah pengetahuan sekaligus menjadi penghiburmu.

Nah, kali ini penulis ingin mengenalkanmu dengan salah satu penulis paling terkenal asal Indonesia, yakni Tere Liye. Ga hanya itu, penulis juga akan membagikan rekomendasi novel Tere Liye terbaik yang wajib banget dibaca. Kira-kira apa aja sih? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini ya teman-teman!

Rekomendasi Buku Tere Liye Terbaik Sepanjang Masa

1. Negeri Para Bedebah

rekomendasi novel tere liye

Rekomendasi novel Tere Liye yang pertama ialah Negeri Para Bedebah. Novel ini berfokus pada perjuangan Thomas yang bekerja sebagai konsultan keuangan. Ia berusaha menyelematkan bank yang dimiliki oleh pamannya, yakni Bank Semesta.

Di dalam novel ini, kamu akan dibuat terpukau oleh cara Thomas sebagai konsultan yang mampu bernegosiasi dengan sempurna, aksi bela diri yang keren, bahkan kecerdasan Thomas dalam memanfaatkan opini media.

Tidak hanya itu, akan ada sedikit kilas balik mengenai kehidupan orang tua Thomas yang turut memengaruhi jalan cerita novel ini. Overall, Negeri Para Bedebah adalah salah satu novel terbaik untuk kamu yang menyukai genre kriminal, aksi, dan satire.

2. Serial Bumi

Rekomendasi novel Tere Liye berikutnya ialah Serial Bumi. Serial ini terdiri dari 11 buku yang saling berkaitan satu sama lain guys. Dimulai dari novel berjudul Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Ceros dan Batozar, Komet, Komet Minor, Selena, Nebula, Lumpu, dan Si Putih.

Yap, kira-kira begitulah urutannya. Namun, kamu ga perlu langsung membaca sebelas atau memborong semua buku di atas guys. To be honest, novel berjudul Bumilah yang paling menarik perhatian sekaligus percobaan apakah kamu benar-benar menyukai genre buku fiksi seperti ini.

Secara singkat, novel ini bercerita mengenai seorang anak bernama Raib yang memiliki kekuatan istimewa. Ia juga bertemu dengan Ali dan Seli yang memiliki kekuatan masing-masing. Kemudian, tiga remaja ini berpetualang di dunia pararel. Sekilas, novel ini mirip dengan kisah Narnia atau series Seven Wonders guys.

3. Si Anak Kuat

rekomendasi novel tere liye

Siapa nih di antara kamu yang menjadi anak bungsu di rumah? Untuk kamu anak bungsu, penulis akan memberikan rekomendasi novel Tere Liye berjudul Si Anak Kuat. Yap, novel ini bercerita mengenai Amel yang menjadi anak bungsu di rumahnya.

Novel ini kental sekali dengan suasana kekeluargaan. Akan ada berbagai peristiwa di mana Amel menjadi korban kejahilan sang kakak, pengorbanan abang kepada sang adik, kemudian keingintahuan Amel atas alasan seorang teman kelasnya yang menjadi anak super bandel, dan berbagai kisah ringan sekaligus mendalam lainnya.

By the way, jangan lupa siapkan tisu untuk membaca novel ini ya guys. Jujur, novel ini mengandung bawang sekali hehehe. Ga hanya itu, ada banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa kamu ambil melalui cerita hidup Amel sebagai anak bungsu.

“Kau anak paling kuat di keluarga ini, Amel. Itu benar sekali. Bukan kuat secara fisik, tapi kuat dari dalam. Kau adalah anak yang paling teguh hatinya, paling kokoh dengan pemahaman baik.”

4. Hujan

Rekomendasi novel Tere Liye selanjutnya berjudul Hujan. Novel kali ini memiliki genre Sci-Fi dengan latar belakang sekitar tahun 2050. Hujan bercerita mengenai sosok Lail dan Esok yang dipertemukan setelah bencana gunung meletus.

Cerita dimulai dengan Lail yang datang ke sebuah terapi saraf untuk menyembuhkan trauma yang selama ini ia pendam. Dari sini, kamu akan diajak untuk kembali ke masa lalu Lail sekaligus pertemuan pertamanya dengan Esok. Selain pertemuan, juga ada kisah perpisahan yang penuh haru dan air mata.

Hujan karya Tere Liye akan mengajakmu untuk mendalami sebuah trauma dan menerimanya sebagai kenangan. Novel ini juga kaya akan kisah perjuangan, harapan, dibumbui dengan berbagai kemajuan teknologi yang diciptakan manusia.

5. Ayahku Bukan Pembohong

rekomendasi novel tere liye

Ayahku Bukan Pembohong menjadi rekomendasi novel Tere Liye berikutnya. Novel ini becerita tentang seorang anak bernama Dam. Di masa kecilnya, Dam mendengar berbagai kisah unik dan menarik dari ayahnya. Mulai dari kisah Lembah Bukhara, Kisah Penguasa Angin, dan masih banyak lagi. Menurut penuturan sang ayah, kisah ini merupakan masa lalu yang pernah ia alami.

Akan tetapi, saat dewasa dan memiliki dua orang anak, Dam merasa bahwa cerita dari sang ayah hanyalah kebohongan yang sangat khayal. Bahkan ia berbalik membenci berbagai kisah-kisah yang dahulu pernah ia dengar sewaktu kecil. Tak sampai di sana, ayah Dam meninggal dunia dan menyisakan berbagai kejutan seputar kisahnya dahulu.

Ayahku Bukan Pembohong memberikan sebuah pesan moral yang sangat dibutuhkan anak-anak atau remaja masa kini. Pesan kekeluargaan, perjuangan orang tua, dan rasa cinta yang mungkin tidak semua anak pernah mendapatkannya. Kamu wajib banget membaca novel satu ini guys!

6. Tentang Kamu

Yap, rekomendasi novel Tere Liye selanjutnya berjudul Tentang Kamu. Jujur, penulis awalnya mengira bahwa buku ini akan bercerita mengenai kisah sepasang kekasih yang saling mencintai atau justru terpisah. Ditambah lagi, bagian belakang buku yang sangat romantis sekali.

Eits, ternyata penulis salah besar. Novel ini bercerita tentang pengacara yang hendak menyelesaikan kasus mengenai harta warisan seorang Indonesia bernama Sri Ningsih. Tentang Kamu merupakan novel yang kompleks dan cukup memacu adrenalin.

Di dalamnya akan diceritakan masa lalu Sri, kehidupan keluarga, dan berbagai surat-surat Sri beserta surat wasiat yang menjadi salah satu petunjuk penting di dalam novel ini. By the way, novel ini juga kaya akan berbagai kisah yang mampu membuatmu sedih, marah, sekaligus miris. Highly recommended banget guys!

7. Daun jatuh Tak Pernah Membenci Angin

rekomendasi novel tere liye

Lagi-lagi, Tere Liye ga pernah gagal guys untuk membuat pembacanya terharu dan menangis! Rekomendasi buku Tere Liye berikut berjudul Daun Jatuh Tak Pernah Membenci Angin. Novel ini mengangkat kisah seorang pengamen jalananan bernama Tania yang bertemu seorang pria bernama Damar.

Singkatnya, novel ini membawamu menuju kisah perjuangan seorang Tania yang hendak melanjurkan pendidikan ke luar negeri. Yap, seorang pengamen jalanan yang tetap memiliki mimpi besar untuk bersekolah. Jujur, dapat menjadi motivasi tersendiri bagi kamu yang kini sedang berjuang meraih mimpi.

Di luar segala intrik dan desas-desus kurang baik mengenai novel ini, penulis sangat merekomendasikanmu membaca karya Tere Liye satu ini karena kisah perjuangan yang menyentuh dan pantang menyerah.

8. Pulang

Rekomendasi novel Tere Liye yang terakhir berjudul Pulang. Pulang adalah novel yang tepat bagi kamu yang kini merantau atau sedang menuntut ilmu di negeri orang. Bercerita tentang seorang bernama Bujang yang menjadi tokoh utama dalam novel.

Ia bekerja sebagai seorang bodyguard atau penjaga bagi Teuke Muda. Sebagai seorang bodyguard, Bujang sangat ahli dalam berkelahi sampai berburu. Sayangnya, suatu kali Bujang mendapat kabar bahwa mamaknya (Ibu) yang berada di kampung halaman tiba-tiba jatuh sakit. Di sinilah dilematis Bujang membuncah, tetap bertahan mencari nafkah atau pulang untuk merawat sang Bunda.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi novel Tere Liye terbaik sepanjang masa yang udah penulis baca juga guys. Penulis akui Tere Liye menjadi salah satu penulis paling produktif sekaligus kreatif dalam menciptakan sebuah karya.

Buat kamu yang belum pernah membaca karya-karya Tere Liye maka penulis sangat menganjurkan untuk membacanya di liburan kali ini. So, selamat membaca teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Baca Buku 500 Halaman dalam 10 Menit, Siswi ini Luar Biasa!

Membaca merupakan suatu hal yang membosankan bagi orang yang tidak memiliki hobi dalam mem…