Daftar Rekomendasi Buku Untuk Menemanimu Selama Pandemi!

Apa kabarnya guys? Gimana, udah lebih dari setahun kita melakukan pembelajaran secara mandiri di rumah masing-masing nih. Pastinya ada banyak dari kamu yang mulai bosen maupun jenuh dengan rutinitas gini-gini aja. Nah, kali ini guys penulis punya salah satu saran kegiatan yang bisa banget nih kamu lakukan untuk mengisi waktu luang. Apa tuh? Membaca buku guys. Waduh, kebanyakan dari kamu langsung underestimate nih dengan aktivitas satu ini. 

Padahal ada banyak banget lho guys keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika terbiasa membaca buku. Selain itu, kamu juga ga harus membaca buku selama 1-2 jam non-stop. Cukup 15-30 menit aja, udah ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Kali ini juga, penulis mau kasih tahu beberapa rekomendasi buku yang wajib banget kamu baca nih. Paling tidak sekali seumur hidup atau kalau bisa sebelum berumur 20 tahun guys. Kenapa? Simak jawabannya yuk!

Alasan Kenapa Kamu Harus Membaca Buku

1. Meningkatkan kemampuan dalam mengingat

Alasan pertama, kenapa sih kamu perlu banget membaca? Tentunya, dengan membaca kamu bisa meningkatkan kemampuan dalam mengingat lho guys. Biasanya nih, untuk kamu yang duduk di bangku kelas 3 akan menghadapi yang namanya UTBK. Di sana, untuk jurusan SOSHUM kamu akan bertemu dengan berbagai macam materi nih. Belum lagi jika kamu termasuk siswa yang linjur.

Oleh karena itu, kemampuan mengingatmu bisa diasah mulai dari sekarang dengan rajn-rajin membaca buku guys. Engga harus buku pelajaran kok, buku fiksi maupun non-fiksi juga bisa banget guys.

2. Mengurangi stress

Eits, jangan remehkan penyakit satu ini lho guys. Stress bisa jadi sangat berbahaya apabila engga ditangani dengan baik apalagi di tengah pandemi seperti ini. So, salah satu langkah meringankan stress dan tetap di rumah aja ialah dengan membaca buku. Dijamin kamu bisa kemana-mana tanpa harus keluar rumah guys!

3. Mengasah kreativitas

FYI, penulis sering banget nih ketemu berbagai komen di media sosial tentang gimana sih cara supaya menjadi kreatif? Tahu ga sih guys, kalau setiap dari kita ini memiliki kreativitas yang tinggi lho. Hanya saja, ada beberapa orang yang benar-benar serius mengasah kreativitasnya dan sebagian yang lain memilih untuk membiarkan saja. 

Baca Juga:  Wajib Baca! Rekomendasi Buku Paling Kece Abis!

Oleh karena itu, salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kreativitas ialah dengan membaca buku. Apalagi buku fiksi, waduduh dijamin imajinasi kamu akan berkembang sangat pesat setelah menghabiskan 2-3 buku. 

4. Menambah wawasan

Ga hanya buku non-fiksi aja guys yang menjadi sumber pengetahuan. Bahkan buku fiksi pun dapat menjadi gudang ilmu pengetahuan baru lho buat kamu. Ketika kamu membaca buku fiksi, menyelami imajinasi yang dimiliki penulis, maka kamu juga akan menambah wawasan dari cerita-cerita yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

Selain itu, sadar atau tidak sadar perbendaharaan kata yang kamu miliki juga akan bertambah guys. So, yuk mulai membaca mulai dari sekarang guys.

Rekomendasi Buku yang Wajib Banget Kamu Baca

Kalau udah mengetahui beberapa alasan dalam membaca, kini penulis juga akan memberikan beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu baca sebagai permulaan. Mungkin bagi kamu yang sudah SMA atau mahasiswa akan tertarik dengan berbagai buku di bawah ini. Simak ulasannya kali ini ya!

1. Bumi Manusia

Yap, siapa nih di antara kamu yang belum menonton Bumi Manusia? Mungkin sebagian besar dari kamu udah pernah nonton atau mendengar tentang Bumi manusia yang diperankan oleh Iqbal Ramadhan. Namun, apakah kamu sudah pernah membaca kisahnya dalam bentuk novel karya Pramoedya Ananta Toer?

Bagi kamu yang belum pernah, penulis sangat merekomendasikan buku satu ini untuk kamu baca guys. Genre yang dimiliki memang roman sastra, tetapi kisah yang masih bergulat tentang percintaan ini juga cukup relevan lho buat kamu. Selain itu, lewat Bumi Manusia kamu juga akan melihat lebih dalam bagaimana keadaan sosial-budaya Indonesia di  masa dulu. 

Baca Juga:  Resensi E-Book Grammar Berbasis Latihan Seri 1

2. Anna Karenina

Next, masih bergenre tentang romansa dan sastra, buku satu ini super penulis rekomendasikan buat kamu. Bukunya memang cukup tebal guys, hanya saja novel garapan sastrawan besar Rusia (Leo Tolstoi) ini sangat recommended banget. Novel ini cukup menguras air mata, emosi, sampai logika kita secara lebih dalam guys.

Apalagi buat kamu yang ingin masuk jurusan sastra, wajib banget nih untuk memasukkan novel Anna Karenina ke dalam list baca. Buku ini terdiri dari 2 volume guys, memang memerlukan waktu yang cukup lama dalam membaca, tetapi dijamin tidak akan membuat bosan sama sekali!

3. Madilog

Beralih ke buku non-fiksi sebentar, ada buku Madilog karya Tan Malaka yang wajib dibaca nih. Buat kamu yang ingin masuk jurusan hukum, HI, maupun ilmu politik, penulis rasa perlu banget untuk membaca buku ini. Di sana terdapat ulasan yang cukup mendalam mengenai pemerintahan, ideology suatu negara, sampai berbagai cerita-cerita unik dari Tan Malaka yang jarang diketahui. 

Penggambaran yang diberikan memang cukup sulit, tetapi apabila kamu secara rutin membaca maka akan terbiasa dengan berbagai istilah maupun analogy yang dimiliki oleh Tan Malaka. Pastinya buku ini sangat membuka jendela wawasanmu tentang Indonesia dan perpolitikan di dalamnya. 

4. Gress

Lanjut ke bagian fiksi, ada kumpulan cerpen karya penulis Indonesia asal Bali yakni Putu Wijaya berjudul Gress. Kumpulan cerpen ini sangat ringan dan menyenangkan guys. Tidak ada pesan atau kata-kata yang berbelit dan susah dimengerti, semuanya terasa begitu gamblang dan lucu. Walaupun begitu, Gress bukan sembarangan kumpulan cerpen komedi saja. Ada banyak pesan dan satire yang muncul.

Pastinya membuat kamu sebagai pembaca merasa, “Oh, iya ya”. Tidak jarang juga tertawa miris terhadap seuatu cerpen yang menjadi realita di masa sekarang. Gress karya Putu Wijaya ini wajib banget sih kamu baca!

Baca Juga:  Pengalaman Pertama Beli Buku "Bakat Bukan Takdir" di Bukabuku.com

5. Dr. Jekyll and Mr. Hyde

Apakah kamu termasuk sebagai salah seorang yang menyukai novel bergenre crime dan criminal? Dr. Jekyll and Mr. Hyde ini ialah novel keren yang akan membuatmu berpikir menyusun berbagai teka-teki dan mind blowing pastinya saat akhir membaca. Buku ini engga tebal kok guys, hanya saja isi di dalamnya begitu menghibur dan mengasah otak untuk berpikir. 

Sejauh ini, novel crime yang pernah penulis baca selain karya dari R.L Stine yang sangat tidak biasa maka Dr. Jekyll and Mr. Hyde ini menjadi pilihan kedua. Hal ini dikarenakan penulis lebih menyukai cerita yang singkat dan tidak berseri, tetapi tetap unik dan menarik. So, karya satu ini akan membawa kamu berkelana menyusuri London tanpa harus ke sana! Highly Recommended!

6. Tukang Kebun

Buku ini ialah kumpulan puisi karya penulis terkenal asal India yakni Rabidranath Tagore. Kalau kamu menyukai genre filsafat dan berbagai novel sejarah, tentunya tidak akan asing dengan penulis satu ini. Beberapa karya yang mendunia milik Rabidranath Tagore ialah Agama Manusia yang mengupas tuntas tentang pandangan dan sisi filsafat. 

Akan tetapi, kumpulan puisi berjudul Tukang Kebun ini juga tak kalah indah lho guys. Banyak puisi yang mengangat tentang cinta kepada Tuhan maupun manusia. Pastinya, buku ini akan membuatmu kesengsem sendiri saat membaca tiap baitnya. 

Yap, di atas ialah beberapa buku yang harus kamu baca paling tidak sekali dalam seumur hidup nih guys. Buku-buku di atas tidak termasuk sebagai buku yang sulit atau terlalu berat dibaca guys. Bagi kamu yang baru memulai untuk membaca, tidak ada salahnya kok untuk mencoba membaca beberapa buku di atas. 

Salam Literasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…