5 Buku Matematika Wajib Dimiliki Mahasiswa SI Akuntansi

Komputerisasi Akuntansi atau Sistem Informasi Akuntansi adalah salah satu jurusan bidang teknologi yang berfokus pada akuntansi. Jurusan ini sangat menarik lho karena menggabungkan teknologi dengan akuntansi.

Salah satu mata kuliah yang dipelajari sebagai ilmu dasarnya adalah matematika. Nah, bagi mahasiswa Komputerisasi Akuntansi harus punya buku apa aja sih untuk mata kuliah matematika? Yuk simak informasi berikut.

5 Buku Matematika Yang Wajib Dimiliki Oleh Mahasiswa SI Akuntansi

1. Matematika Teknik

Salah satu buku yang harus dimiliki oleh mahasiswa Komputerisasi Akuntansi adalah buku yang berjudul Matematika Teknik karya K.A.Stroud dengan tambahan dari Dexter J.Booth.

Buku edisi kelima jilid 1 yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga ini merupakan buku yang menjadi dasar dalam belajar matematika untuk anak-anak yang masuk jurusan teknik. Buku ini terdiri dari dua bagian. Bagian yang pertama yaitu tentang topik dasar dan bagian kedua lebih kompleks lagi.

Pada bagian pertama membahas mengenai aritmetika, pengantar aljabar, pernyataan dan persamaan, grafik, persamaan linier dan persamaan linear simultan, persamaan polinomial, pecahan parsial, trigonometri, deret binomial, diferensial, integrasi, dan fungsi.

Pada bagian kedua membahas mengenai bilangan kompleks 1, bilangan kompleks 2, fungsi hiperbolik, determinan, matriks, vektor, diferensial, penerapan diferensial 1, penerapan diferensial 2, diferensial parsial 1, dan diferensial parsial 2.

2. Elementary Linear Algebra

Buku Elementary Linear Algebra yang digunakan adalah edisi kesebelas volume 1 dan volume 2. Buku ini ditulis oleh Howard Anton dan Chris Rorres. Buku dalam bentuk Application Version ini penting banget bagi anak komputerisasi akuntansi lho.

3. Kalkulus

Kalkulus merupakan salah satu materi penting yang harus dikuasai oleh anak yang masuk jurusan di bidang teknik. Buku yang wajib dimiliki oleh anak Komputerisasi Akuntansi adalah buku Kalkulus edisi ketujuh jilid satu yang diterbitkan oleh Penerbit Interaksara.

Baca Juga:  Kamu Wajib Tahu, Universitas Swasta Terbaik di Indonesia!

Buku ini ditulis oleh Dale Varberg dari Hamline University dan Edwin J.Purcell dari University of Arizona dengan alih Bahasa yaitu Drs.I Nyoman Susila, M.Sc dari Institut Teknologi Bandung.

Buku ini terdiri dari delapan bab, yaitu pendahuluan, fungsi dan limit, turunan, penggunaan turunan, integral, penerapan integral, fungsi transenden, dan teknik pengintegralan. Setiap materi diberikan penjelasan, contoh soal, dan juga soal latihan.

Tentu saja buku ini akan sangat membantu dalam memantapkan mata kuliah matematika bagi anak teknik, salah satunya Komputerisasi Akuntansi.

4. Matematika Diskrit

Buku ini adalah salah satu buku penting bagi mahasiswa Komputerisasi Akuntansi. Buku Matematika Diskrit ditulis oleh Rinaldi Munir dan diterbitkan oleh Penerbit Informatika. Buku ini menjadi salah satu buku wajib bagi anak teknik.

Di awal buku, kamu dapat membaca apa itu matematika diskrit sehingga kamu akan lebih memahami apa yang kamu pelajari. Setelah itu, disajikan beberapa materi yaitu logika, himpunan, matriks, relasi dan fungsi, induksi matematik, algoritma dan bilangan bulat, kombinatorial dan peluang diskrit, aljabar Boolean, graf, pohon, kompleksitas algoritma.

5. Schaum’s Outline Essential Computer Mathematics

Buku ini adalah salah satu buku penting bagi anak-anak teknologi khususnya yang berhubungan dengan matematika dan komputer. Buku ini merupakan buku yang disajikan dalam Bahasa Inggris.

Buku ini menyajikan materi-materi yaitu binary number system, computer codes, computer arithmetic, logic, truth tables, algorithms, flowcharts, pseudocode programs, sets and relations, Boolean algebra, logic gates, simplification of logic circuits, vectors, matrices, subscripted variables, linear equations, combinatorial analysis, probability, statistics; random variables, graphs, directed graphs, machines.

Itulah lima buku yang wajib dimiliki oleh Mahasiswa Komputerisasi Akuntansi untuk mendukung berjalannya mata kuliah Matematika. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang ingin masuk jurusan Komputerisasi Akuntansi ya. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…