8 Sekolah Jurnalistik Terbaik di Dunia! Yuk, Calon Jurnalis Indonesia Wajib Tahu Nih!

Jurnalisme menjadi salah satu bidang ilmu yang memilik banyak peminat. Seiring dengan kebutuhan informasi sekaligus berkembangnya berbagai perusahaan media seperti CNN, BBC, sampai New York Times, maka kebutuhan untuk jurusan jurnalistik pun semakin tinggi, apalagi di negara berkembang seperti Indonesia ini.

Oleh karena itu, kali ini penulis mau membagikan beberapa sekolah jurnalistik terbaik di dunia yang mungkin bisa menjadi tujuanmu melanjutkan studi. Mulai dari jenjang bachelor (S1) atau master (S2) sampai PhD (S3). So, yuk buruan simak ulasan di bawah ini ya gengs!

Daftar Sekolah Jurnalistik Terbaik di Dunia

1. London School of Economic and Political Science

Sekolah jurnalistik terbaik di dunia
Sumber: uniacco.com

Yap, sekolah satu ini tentunya udah ga asing bukan bagi sebagian dari kamu? London School of Economic and Political Science atau lebih akrab disapa dengan LSE menjadi salah satu universitas paling bergengsi di dunia. Khususnya di bidang sosial humaniora.

LSE juga memiliki keunggulan khususnya di program communication and media yang menjadi fakultas dari jurusan jurnalistik gengs. Kelebihan lainnya ialah LSE terletak di pusat kota London yang menjadi rumah bagi banyak media internasional seperti BBC, Good News, Financial Times Grup, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, LSE juga menjadi satu-satunya universitas yang berfokus pada segala jenis penelitian sosial. Sehingga untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang bachelor, masters, maupun PhD, maka LSE menjadi pilihan yang super tepat gengs.

2. University of Southern California

Next, sekolah jurnalistik terbaik di dunia berikutnya berasal dari California, Amerika Serikat. Berbeda dengan LSE yang merupakan universitas publik, University of Southern California atau USC adalah universitas swasta gengs. Eits, universitas satu ini pun engga main-main kalau soal prestasi.

Baca Juga:  Daftar Jurusan yang Cocok Untuk Anak Introvert

USC memiliki sederet alumni yang menjadi miliarder dunia, politikus, sampai artist papan atas lho! Bahkan USC dinobatkan sebagai salah satu kampus yang memiliki passing grade tertinggi di Amerika. Untuk jurusan jurnalistik sendiri, USC menyediakan jenjang bachelor sampai master di bidang ini.

Lebih lanjut, jurusan jurnalistik yang tergabung dalam The Annerberg School memiliki berbagai gedung canggih khusus untuk melakukan broadcasting, siaran, digital video, dan berbagai fasilitas canggih lainnya gengs.

3. University of Amsterdam

Sekolah jurnalistik terbaik di dunia
Sumber: opportunityforum.info

Berikutnya ada University of Amsterdam yang menjadi salah satu sekolah jurnalistik terbaik di dunia versi QS Ranking. Universitas ini juga termasuk sebagai salah satu sekolah bergengsi yang menghasilkan 5 perdana menteri Belanda dan 6 peraih nobel.

University of Amsterdam atau UVA memiliki program di bidang jurnalistik yang menjadi salah satu unggulan dari sekolah ini. Jurnalistik di UVA sangat disokong oleh berbagai fasilitas sampai beasiswa.

Yap, setiap tahunnya UVA selalu membuka peluang bagi siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan bachelor atau master di universitas ini. Ditambah lagi, untuk kamu yang tertarik melakukan riset di bidang journalism maka UVA menjadi pilihan super tepat.

Universitas ini mendukung penuh sekaligus memberikan berbagai keleluasaan terhadap setiap siswa-siswinya yang hendak melakukan riset secara mendalam.

4. Stanford University

Mendengar nama Stanford pasti pikiran pertama yang terlintas ialah Maudy Ayunda bukan? Yup, penyanyi sekaligus aktris berbakat tersebut menghabiskan 2 setengah tahun menempuh gelar masters di sekolah ini.

Stanford University sendiri terletak di Stanford, California. Sebuah wilayah urban di Amerika Serikat. Sementara itu, program journalism di universitas ini menduduki peringkat ke-4 terbaik di dunia. Ada banyak materi kompleks yang akan kamu pelajari gengs.

Mulai dari jurnalistik hukum, jurnalisme di Amerika, sampai latihan penulisan secara komprehensif. Oh iya, Stanford University juga memiliki akses khusus dengan laboratorium Jurnalisme Chilton R. Bush. So, sekolah ini emang ga main-main soal fasilitas dan menjadi salah satu sekolah paling bergengsi yang ada di dunia.

Baca Juga:  9 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost

5. University of California Los Angeles

female student typing on laptop in university hallway
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Sekolah jurnalistik terbaik di dunia selanjutnya kembali berasal dari California gengs. Namun, berbeda dengan kedua universitas di atas, sekolah satu ini khusus terletak di Los Angeles. University of California Los Angeles sendiri kerap disapa dengan UCLA.

FYI, universitas ini memiliki keunggulan lebih di beberapa bidang ilmu seperti sastra, teater, perfilman, olahraga, sampai arsitektur. Ga hanya itu, untuk program media dan komunikasi sendiri UCLA termasuk ke dalam 10 besar versi QS Rank.

Program journalism di universitas ini terdiri dari materi yang kompleks seperti komunikasi politik, jurnalisme media hukum, sampai berbagai analisis jurnalisme di Amerika Serikat.

Oh iya, UCLA juga menyediakan studi lapangan di tahun akhir jenjang pendidikan para mahasiswanya. Sebagaimana studi lapangan, maka para siswa di jurusan jurnalisme wajib turun ke berbagai stasiun TV terkemuka di Amerika, media informasi, sampai pertukaran pelajar di berbagai wilayah Amerika dan Eropa.

6. New York University

New York University atau NYU terletak di pusat New York City dan menjadi salah satu sekolah jurnalistik terbaik di dunia. Bahkan NYU menduduki peringkat ke-8 versi QS Ranking untuk program media dan komunikasi.

NYU sendiri menyediakan program bachelor sampai masters khusus di program jurnalistik. Ditambah lagi, universitas satu ini seringkali mengadakan online course dan juga aktif mengadakan berbagai riset mendalam yang didanai penuh oleh universitas.

Sebagai salah satu universitas paling prestige di Amerika Serikat, NYU memiliki banyak jaringan dengan berbagai TV nasional sampai media internasional. Mulai dari New York Times, TIME, sampai media nasional Washington Post.

7. Goldsmith University of London

Sekolah jurnalistik terbaik di dunia
Sumber: academicvenuesolution.co.uk

Kembali ke London, ada sebuah universitas dengan program jurnalistik terbaik yakni Goldsmith University of London. Sekolah satu ini menyediakan program untuk S1 dan juga S2 dan telah diakui oleh berbagai lembaga penerbitan internasional sebagai sekolah jurnalistik terbaik di dunia.

Baca Juga:  Sekolah Pariwisata di Indonesia! Kira-kira Belajar Apa Aja Sih?

https://www.eastlondonlines.co.uk/ menjadi salah satu media berita yang diolah langsung oleh Goldsmith University of London. Kamu yang tertarik mengenyam pendidikan di universitas ini tentunya mendapatkan banyak fasilitas di bidang jurnalisme sekaligus akses ke berbagai majalah terkenal yang ada di London.

Oh iya, Goldsmith University of London juga menawarkan 2 program yakni perkuliahan bagi mahasiswa London dan juga internasional. Menariknya terdapat berbagai beasiswa fully funded untuk melanjutkan pendidikan di universitas ini.

8. University of Wisconsin-Madison

Terakhir, sekolah jurnalistik terbaik di dunia berasal dari Madison, Amerika Serikat. Universitas satu ini termasuk sebagai salah satu universitas tertua yang ada di Amerika Serikat dan juga memiliki berbagai situs historical yang dilindungi.

University of Wisconsin-Madison atau lebih akrab disapa dengan UW-Madison memiliki program journalism yang menduduki peringkat ke-8 versi QS Ranking. UW-Madison menyediakan 3 jenjang pendidikan (Bachelor, Masters, dan PhD) untuk program jurnalisme dan komunikasi.

Progam ini juga menghasilkan berbagai tokoh terkemuka seperti Guido Stempel, Pamela Shoemaker, bahkan penerima hadiah pulitzer Louis P. Locher. FYI, journalism dan sastra menjadi program unggulan di UW-Madison.

Nah, itu tadi 8 sekolah jurnalistik terbaik yang ada di dunia gengs. Gimana, apakah kamu tertarik untuk bergabung ke salah satu sekolah di atas? Kalau kamu benar-benar tertarik untuk bergabung, maka jangan lupa belajar yang rajin ya gengs! Tentunya ada banyak scholarships yang bisa kamu dapatkan jika belajar sungguh-sungguh.

So, semangat ya gengs!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…