Info Jurusan Ilmu Gizi yang Wajib Kamu Ketahui Beserta 5 Prospek Pekerjaan Paling Menjanjikan!

Tahu ga sih guys, masalah gizi menjadi salah satu isu yang cukup panas hampir di seluruh belahan dunia. Bahkan Indonesia sendiri termasuk ke dalam 17 negara dengan permasalahan gizi global. Nah, untuk kamu yang tertarik mengulik permasalahan ini sampai bercita-cita membantu mengatasi isu gizi di Indonesia, maka penulis memiliki saran jurusan untukmu guys!

Ada jurusan ilmu gizi yang mungkin cocok denganmu. Di kesempatan kali ini penulis mau membagikan berbagai info jurusan ilmu gizi khusus untuk kamu. Yap, siapa tahu kamu memang benar-benar cocok untuk masuk ke jurusan ilmu gizi. So, yuk simak ulasan di bawah ini ya!

Kenalan Dulu dengan Jurusan Imu Gizi

info jurusan ilmu gizi
nutritional information concept. hand use the magnifying glass to zoom in to see the details of the nutrition facts from food , salad bowl

Sebelum masuk ke berbagai info jurusan ilmu gizi, maka penulis mau mengajakmu untuk berkenalan dengan apa sih ilmu gizi itu? Singkatnya, ilmu gizi ialah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari berbagai kandungan dalam sebuah bahan pangan beserta pengaruhnya terhadap kesehatan atau tubuh manusia.

Jurusan ini super menarik untuk dipelajari karena ada banyak hal di kehidupan sehari-hari yang akhirnya berkaitan dengan materi jurusan ilmu gizi. Seperti makanan sehari-hari, suplemen vitamin, bahkan sampai kegiatan diet yang lagi digandrungi remaja Indonesia guys.

Jurusan ilmu gizi juga sangat dibutuhkan gengs. Ada banyak perusahaan sampai lembaga yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Namun, ilmu gizi juga membutuhkan seseorang yang analistis, teliti, dan juga daya ingat serta perhitungan yang kuat.

Baca Juga:  Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi Terbaru!

Belajar Apa Aja Sih?

info jurusan ilmu gizi
Nutritionists are health care plan for the patient.

1. Biokimia

Info jurusan ilmu gizi yang pertama dan wajib kamu ketahui adalah jurusan ini mempelajari biokimia sebagai materi kuliah utama. Yap, kamu akan belajar bagaimana proses kimiawi sebuah makanan sekaligus melihatnya dari sudut pandang biologi gengs.

Seperti halnya proses pembusukan sebuah makanan, zat kimiawi yang memengaruhi kandungan sebuah makanan, dan berbagai proses kimia lainnya. So, percaya deh basic kimia yang kamu dapatkan di SMA akan sangat berguna di mata kuliah ini guys.

2. Bahan pangan

Ga jauh berbeda dengan materi di atas, di dalam jurusan ini pun kamu akan belajar berbagai bahan pangan dengan efek samping yang ditimbulkan. Setiap bahan-bahan yang digunakan dalam makanan tentunya memiliki kandungan yang berbeda.

Nah, apakah kandungan yang berbeda tersebut bila digabungkan dengan kandungan lain akan menimbulkan racun atau justru bermanfaat bagi tubuh? Jawabannya akan kamu temukan di jurusan ilmu gizi ini guys.

3. Sosiologi gizi

Wuih, kata siapa nih di jurusan ini bebas sepenuhnya dari materi ilmu sosial? Sekedar info jurusan ilmu gizi, penulis mau kasih tahu kalau di dunia perkuliahan nanti berbagai cabang ilmu pengetahuan akan saling berhubungan satu sama lain gengs.

Contohnya, ilmu hukum yang membutuhkan teori sosiologi, psikologi manusia, dan juga dasar kriminologi. Nah, di jurusan ilmu gizi ini juga sama guys! Kamu akan belajar mengenai sosiologi gizi dan juga antropologi gizi.

Tentang apa sih materinya? Secara sederhana antropologi gizi akan membahas berbagai budaya dalam suatu masyarakat yang berhubungan dengan pola makan dan gizi masyarakat di daerah tersebut.

4. Prinsip ilmu gizi

Materi terakhir yang pastinya akan kamu dapatkan di jurusan ini ialah prinsip mengenai ilmu gizi. Yap, prinsip ilmu gizi ini termasuk berbagai pengetahuan dasar sampai mendalam mengenai karbohidrat, protein, lemak, sampai berbagai vitamin.

Baca Juga:  Skill Sampai Benefit yang Kamu Dapatkan Apabila Mengikuti MUN! Buruan Join Yuk!

Di sini kamu akan bertemu dengan berbagai teori sampai perhitungan matematis mengenai struktur molekul dari masing-masing kandungan di atas. Kamu juga akan mendapatkan berbagai pengetahuan mengenai gizi tepat bagi remaja, ibu hamil, bahkan bayi dan kebutuhan diet.

Universitas dengan Jurusan Ilmu Gizi Terbaik

person holding white scroll
Photo by Ekrulila on Pexels.com
  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta)
  3. Universitas Airlangga (Surabaya)
  4. Universitas Brawijaya (Malang)
  5. Universitas Padjajaran (Bandung)

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

photo of woman looking through camera
Photo by Artem Podrez on Pexels.com

1. Konsultas gizi

Guys, kamu tentu udah ga asing dong dengan berbagai perusahaan makanan seperti Infood sampai Nestle? FYI gengs, setiap perusahaan makanan tentunya memerlukan seorang konsultasn gizi untuk memastikan setiap produknya lulus uji klinis.

Oleh karena itu, ada banyak banget lulusan ilmu gizi yang langsung bekerja di berbagai perusahaan makanan tersebut. Kamu tentu kebayang dong ada berapa banyak perusahaan makanan di Indonesia? Belum lagi pabrik minuman, suplemen, sampai jamu yang menjamur di Indonesia.

Ga hanya itu gengs, tentunya setiap perusahaan tersebut ga hanya membutuhkan satu atau dua konsultan aja. Melainkan juga bisa sampai 4, 5, atau bahkan lebih dalam sebuah tim.

2. Dosen

Kamu memiliki bakat di bidang mengajar sekaligus passion di bidang ilmu gizi? Kalau begitu, dosen mungkin menjadi profesi yang cocok untukmu di kemudian hari. Yup, tahu ga sih gengs kalau jurusan ilmu gizi termasuk salah satu jurusan yang ramai banget di tiap universitas.

Bahkan ada banyak universitas yang akhirnya membuka jurusan ini di bawah fakultas kesehatan masyarakat atau kedokteran. Nah, tentunya seorang dosen sangat dibutuhkan dong di tiap universitas ini.

Seorang dosen bertugas membagikan berbagai materi sampai info jurusan ilmu gizi kepada setiap mahasiswa. Pastinya dibutuhkan skill khusus gengs untuk menjadi seorang pengajar!

Baca Juga:  Tertarik Menekuni Bidang Seni? So, Ini Dia 8 Sekolah Seni Terbaik di Dunia! Siapa Tahu Ada yang Cocok Denganmu!

3. Ahli atau akademisi ilmu gizi

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan berbagai penelitian sampai percobaan maka pekerjaan satu ini sepertinya cocok banget untukmu gengs. Yap, ahli gizi! Seorang ahli gizi tentunya membutuhkan banyak waktu untuk membaca, meneliti, sampai melakukan percobaan.

Seiring dengan berkembangnya jaman, tentunya gizi juga perlu mengalami kemajuan. Misalnya inovasi atau terobosan-terobosan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Inilah salah satu tugas yang dimiliki peneliti atau akademisi di jurusan ilmu gizi.

4. Staff BPOM

Info jurusan ilmu gizi yang terakhir ada prospek pekerjaan untukmu yang tertarik bekerja di bawah naungan pemerintah. Guys, kamu tentu sering menemukan tulisan BPOM di balik bungkus sebuah makanan bukan?

Akan tetapi, apakah kamu benar-benar tahu apa itu BPOM? BPOM sendiri merupakan singkatan dari badan pengawas obat dan makanan. Lembaga ini memiliki tanggung jawab langsung kepada presiden untuk mengawasi peredaran makanan sekaligus obat-obatan di Indonesia guys.

Pastinya BPOM sendiri membutuhkan banyak lulusan ilmu gizi untuk membantu melakukan pengawasan, percobaan, sekaligus penetapan prosedur suatu makanan yang beredar di masyarakat.

Yup, itu tadi berbagai info jurusan ilmu gizi yang wajib kamu ketahui nih! Gimana, kamu udah yakin belum memilih jurusan ini di perkuliahan nanti? Selain berbagai ilmu baru yang menarik, masuk ke jurusan ilmu gizi juga memiliki peranan tersendiri di dalam masyarakat kita gengs.

So, kalau kamu betul-betul tertarik di jurusan ini maka jangan lupa belajar dan persiapkan ujian dengan matang ya guys! Semangat~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…