Serba-Serbi Jurusan DKV sampai 4 Prospek Lulusan DKV! Kamu Kelas 12 Wajib Baca nih!

Siapa nih di antara kamu yang menyukai segala hal berbau desain atau mungkin fotografi? Yap, buat kamu yang kini duduk di kelas 12 SMA maka menentukan jurusan kuliah menjadi salah satu hal yang wajib banget dilakukan lho. Jangan sampai, di hari-hari sebelum UTBK atau bahkan pembukaan gelombang pendaftaran, kamu masih dilanda bingung.

Oleh karena itu, penulis memiliki rekomendasi jurusan kuliah nih. Kali ini ada serba-serbi jurusan DKV, khusus untuk kamu yang menyukai fotografi atau desain grafis. So, ga pake lama, yuk buruan simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Daftar Isi

Belajar Apa Aja sih di Jurusan DKV?

Photo by Julia M Cameron on Pexels.com

1. Dasar seni rupa

Yap, hampir di semua semester awal setiap jurusan, kamu akan mempelajari dasar paling utama dari materi yang dibahas gengs. Hal ini juga berlaku di jurusan DKV. Kamu akan dikenalkan sekaligus mempelajari dasar seni rupa.

Seperti bagaimana seni rupa bisa lahir, berkembang, hingga pertumbuhannya dari tahun ke tahun gengs. Pengenalan ini juga meliputi berbagai aspek penting yang akan dibahas di semester depan.

2. Psikologi warna

Menurut salah satu Kawan penulis yang kini melanjutkan pendidikan di jurusan DKV, maka salah satu hal yang wajib di pelajari ialah psikologi warna. Yap, ternyata ketika desainer grafis memilih sebuah warna dalam banner itu ga sembarangan guys. Ga asal bagus aja lho.

Nah, di serba-serbi jurusan DKV ini penulis mau kasih tahu ke kamu apa sih psikologi warna itu. Secara sederhana, psikologi warna ialah sebuah teori yang menjelaskan sekaligus memberi pengertian terhadap setiap warna yang memengaruhi perasaan manusia.

Baca Juga:  7 Fakta Tentang Dunia Perkuliahan yang Wajib Kamu Ketahui!

Misalnya aja nih, untuk banner atau bahkan poster tentang kemerdekaan atau membangkitkan semangat bagi para pembacanya maka warna merah dan kuninglah yang dipilih. Hal ini karena warna merah memberikan rasa semangat dan emosi yang memuncak bagi para pembacanya.

3. Fotografi dan editing

Yap, salah satu materi di jurusan DKV juga berhubungan tentang fotografi dan editing guys. Ternyata fotografi ga segampang yang dilihat lho. Ada berbagai teknik, pencahayaan, sampai pemilihan tone warna yang perlu dipikirkan gengs.

Bahkan untuk sinar matahari sampai bayangan yang dihasilkan pun turut menjadi perhatian bagi para dosen penilai. Ga hanya itu, kemampuan editing foto sampai video pun sangat diperlukan di jurusan ini Kawan.

Penulis sendiri pernah bekerja sama dengan salah satu teman jurusan DKV untuk membuat naskah film pendek. Ga semudah yang dibayangkan juga guys. So, penulis rasa jurusan DKV memang memerlukan kesabaran sekaligus kreativitas yang ekstra!

4. Komunikasi multimedia

Serba-serbi jurusan DKV berikutnya ialah komunikasi multimedia. Tahu ga sih, komunikasi ternyata ga hanya dilakukan secara verbal aja lho guys. Ada banyak banget jenis komunikasi dan salah satunya ialah komunikasi multimedia.

Komunikasi multimedia ini sering kamu temukan di berbagai periklanan produk sampai bungkus makanan. Yap, hal ini termasuk komunikasi multimedia. Nah, kali ini gimana sih caranya hal yang ingin disampaikan produsen bisa sampai dengan baik ke konsumen.

Nah, inilah salah satu yang dipelajari juga di jurusan DKV. Hal ini karena DKV berhubungan dengan berbagai poster sampai desain periklanan yang tentunya terdapat pesan dari produsen ke setiap konsumennya. So, ga hanya anak komunikasi aja nih yang belajar cabang ilmu komunikasi.

Baca Juga:  Ingin Masuk Fakultas Kedokteran? Ketahui 6 Hal Ini!

Universitas dengan Jurusan DKV Terbaik

serba-serbi jurusan DKV
Large group of happy college students celebrating their graduation day outdoors while throwing their caps up in the air.
  1. Insitut Teknologi Bandung
  2. Insitut Kesenian Jakarta
  3. Universitas Multimedia Nusantara
  4. Universitas Bina Nusantara
  5. Universitas Pelita Harapan
  6. Universitas Seni Indonesia Denpasar (ISI)
  7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  9. Universitas Tarumanegara (UNTAR)
  10. Universitas Ciputra Surabaya

Prospek Kerja Jurusan DKV

serba-serbi jurusan DKV
Web designer, UX UI designer designing mobile application user interface. Creative planning application development sketch layout wireframe design.

1. Graphic Desainer

Guys, tentunya kamu ga asing dong dengan pemandangan banner, brosur, atau bahkan poster yang sering kamu temui di jalan? Yap, pembuat desain dari tiap informasi tersebut ialah Graphic Desainer.

Pekerjaannya pun gampang-gampang susah gengs. Kewajiban utama dari seorang graphic desainer ialah memiliki kreativitas yang tinggi. Dengan begitu, mereka mampu mengolah berbagai informasi penting dengan cara yang unik dan kreatif.

Menariknya, graphic desainer sendiri hampir dibutuhkan semua perusahaan guys. Khususnya di bidang periklanan maupun stasiun TV. So, gimana? Apakah kamu tertarik terjun sebagai seorang graphic desainer?

2. Fotografer

Yap, serba-serbi jurusan DKV berikutnya ialah prospek kerja sebagai seorang fotografer. Cocok banget bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, kreativitas yang unik, sampai senang melakukan perjalanan jauh.

Fotografer sendiri dibagi menjadi banyak jenis guys. Ada fotografer khusus untuk periklanan, ada yang bekerja di bidang kreatif, fotografer khusus model, fotografer media, sampai fotografer bebas.

Umumnya mereka yang bekerja sebagai fotografer inilah yang seringkali melakukan perjalanan jauh, penuh petualangan. Kamu bisa memotret alam, keadaan sosial, bahkan lingkungan tempatmu tinggal.

3. Animator

Kamu pasti udah ga asing dengan berbagai media animasi seperti Webtoon sampai Kakaopage bukan? Yap, animasi juga sering banget nih tayang di TV,Youtube, sampai Tiktok. Bahkan dengan beragam gaya animasi juga gengs!

Nah, untuk kamu yang tertarik dan memiliki bakat dalam gambar-menggambar maka animator bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan untukmu nih. FYI, di masa pandemi seperti ini pekerjaan seorang animator pun sangat dibutuhkan gengs.

Untuk berbagai perusahaan periklanan sampai stasiun TV yang tidak bisa melakukan shooting produk, maka seorang animator lah yang harus bekerja membuat iklan produk dari tayangan animasi. So, gimana guys? Tertarik menjadi seorang animator?

Baca Juga:  6 Jenis Ilmu Psikologi di Perkuliahan! Mahasiswa Baru Wajib Banget Tahu!

3. Web desainer

Serba-serbi jurusan DKV yang terakhir ada web desainer sebagai salah satu prospek pekerjaan di jurusan DKV. Kamu pastinya sudah ga asing dong dengan berbagai website sampai media informasi online?

Yap, tentunya setiap perusahaan maupun start-up tersebut memerlukan seorang web desainer gengs. Web desainer sendiri bertugas membuat desain sebuah web agar terlihat menarik, nyaman, sekaligus membuat para netizen betah mengunjungi situs tersebut.

Sekarang kini, pekerjaan sebagai web desainer memang sangat diperlukan gengs. Kamu tahu dong, kalau sekarang segala media informasi lebih mengutamakan online daripada offline. Sehingga seorang web desainer tentu akan diperlukan oleh berbagai perusahaan media di Indonesia!

Nah, itu tadi serba-serbi jurusan DKV yang wajib banget kamu ketahui sebelum memilih jurusan gengs. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk masuk ke jurusan satu ini? Kalau kamu masih ragu-ragu, maka mencoba tes bakat-minat dapat menjadi salah satu pilihan yang efektif gengs!

So, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…