5 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah! Mulai Dari Nol sampai Mahir

Hai gengs, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik-baik ya. Nah di kesempatan kali ini aku mau bagiin nih beberapa tips dan cara untuk belajar bahasa Inggris mulai dari nol. Jadi, cocok banget nih buat kamu yang masih pemula atau buat kamu yang belum paham bahasa Inggris sama sekali dan ingin belajar bahasa Inggris lebih lagi. Disimak ya gengs!

Tips Belajar Bahasa Inggris Paling Mudah

tips belajar bahasa inggris

1. Tip 0

Oke gengs, kita masuk ke tips pertama alias yang paling basic. Ini sering banget kamu lihat dimana-mana dan terkesan klise sih, tapi tetep penting banget loh! Tips ini lebih ke arah psikologis dan mental, jadi bukan praktek ya. Bisa nebak nggak nih? Yup, bener banget. Kamu harus punya niat serta motivasi yang kuat untuk mau dan terus belajar bahasa Inggris. Nggak hanya Inggris loh gengs. Ini berlaku untuk semua ya, karena semua perlu niat kan?

Kenapa ini penting kak? Penting dong! Kamu harus punya motivasi dan niat karena di saat kamu mulai malas atau udah mulai nyerah untuk belajar bahasa Inggris, kamu akan selalu teringat dengan motivasi awal kamu. Misal, kamu ingin belajar karena mimpimu untuk melanjutkan pendidikan di luar megeri. Alasan kuat akan bisa membangunkamu saat kamu mulai nyerah loh!

2. Tip 1

Nah, kita mulai masuk ke tips yang sifatnya praktek ya. Kamu harus start with basic vocab and phrases. Yup, inget-inget ya! Vocab itu lebih penting dari grammar loh gengs! Karena dengan vocab terbatas, pesan yang ingin kamu sampaikan masih bisa diterima loh, walaupun grammar yang kamu pakai masih acak-acakan. 

Nah, vocab kan banyak jenisnya nih. Kamu tinggal search di google ‘most common vocabulary in English’. Kamu bisa pelajari mulai dari 100 sampai 500 loh. Oke oke tenang. “Gila kak, 500 kapan selesainya?” Kalau tips dari aku sih, kamu bisa mulai belajar dari vocab yang cenderung relevan sama hidup kamu. Intinya, hal-hal yang hampir kamu alami setiap hari bisa dijadiin bahan belajar vocab loh gengs!

Oke, saat kamu sudah selesai belajar vocab, kamu bisa mulai untuk belajar frasa ya . Frasa ini lebih penting untuk dipelajari karena bisa meningkatkan pemahaman belajar bahasa Inggrismu. 

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Bab 4 This is how you do it!

3. Tip 2

Udah masuk ke tips kedua aja nih! Nah, tips kedua ini yaitu look for something that you enjoy. Kita semua pasti punya hobi atau kegemaran kan? Entah itu nonton film, dengerin lagu, fotografi, make up dan lain-lain. Sebelum lanjut, kamu pikirin dulu ya, hal apa yang kamu suka. “Aku nge-fans sama siapa ya?” “Hobiku apa ya?” Nah, kalau udah tau kamu bisa coba ke youtube dan cari video tentang hal yang kamu sukai.

Tapi, cari pake bahasa Inggris ya, supaya nggak muncul video-video bahasa Indonesia melainkan video yang isinya pake bahasa Inggris. Misal, aku fans beratnya Ariana Grande. Aku coba dengerin dan putar music video-nya dan make sure pilih video yang ada CC alias subtitle.

Nah, cara ini bisa kamu praktekkan setiap hari karena hal ini bisa melatih listening skill kamu loh dan akan membuatmu semakin terbiasa dengan suara-suara yang berbahasa Inggris termasuk intonasinya. Usahakan cari dan tonton videonya setiap hari ya gengs, setidaknya 15 menit per harinya.

Kalau kamu ngerasa videonya masih susah dipahami, maka kamu bisa cari video untuk anak kecil atau speed videonya bisa kamu rendahin supaya kamu lebih ngerti. Mungkin di awal kamu akan ngerasa nggak nyaman nih karena videonya susah dipahami. Tapi inget ya, kita harus berani untuk belajar, mencoba, dan keluar dari zona nyaman.

Hal itu wajar kok gengs, tapi kamu harus make sure untuk ngerasain rasa nggak nyaman itu karena rasa itu yang bikin kamu cepet berkembang. Ingat kalimat ini ya! “Growth happens outside of the comfort zone.” Artinya, kamu harus siapin mental kamu untuk ngerasa nggak nyaman setiap kali belajar hal baru karena itu yang bikin kamu lebih berkembang.

Baca Juga:  5 Keuntungan Belajar Bahasa Inggris di English Academy! Dijamin Ga Nyesel!

4. Tip 3

Di tips yang selanjutnya, kamu harus get started with grammar. To be honest nih, aku nggak suka belajar grammar loh hihihi. Tapi mau gimana lagi kan, grammar nggak bisa dihindari seratus persen, tapi bisa diminimalisir. Jadi gini nih, kalau kamu tipe orang yang suka sama struktur, aku rekomen kamu pergi ke google dan search ‘english textbook pdf for beginner’.

Yup, kamu bisa cari textbook entah itu online ataupun offline, sesuka kalian deh! Yang penting bisa dipelajari ya. Kalau kamu tipe orang yang lebih suka baca buku secara fisik kayak aku nih, kamu bisa pergi ke toko buku terdekat ya untuk cari. Tapi aku saranin yang kayak gini sih gengs, supaya mata kalian nggak capek. Udah capek belajar, kalau ditambah capek mata kan nggak enak hehe. 

Nah, penting untuk diingat nih. Jangan jadiin grammar sebagai fokus atau prioritas kamu saat belajar. Kamu bisa belajar grammar sebagai sambilan. Jadi, kamu bisa mengimplementasikan tips-tips sebelumnya dengan grammar sebagai sambilan. Misal nih, saat kamu nonton video, kamu mulai nggak ngerti dan bertanya, ‘kenapa sebuah sentence ini bisa dikatakan sebagai berikut?’ Kamu bisa mempelajari grammar yang berkaitan dengan hal tersebut gengs!

Misalnya, kamu lagi baca buku Inggris tiba-tiba nemu kalimat “I have been.” Kenapa nggak pakai “I had been” aja sih? Nah, dari situ kamu bisa mempelajari tenses, kenapa dan kapan harus pakai tenses tersebut. Dengan begitu, belajar grammar jadi lebih mudah loh!

Ini kenapa aku nggak taruh belajar grammar sebagai tips di awal-awal karena kalau kamu pelajari grammar dulu sebelum kenal bahasanya, itu nggak ada gunanya gengs. Sama kayak udah hafalin rumus fisika, tapi nggak tau fungsinya. Kalau diterusin kan bahaya nih hehe.

Baca Juga:  Tips Menghapal Cepat, Tanpa Lupa!

Kalau kamu udah mulai ngerasa connected with the language, baru grammar lebih gampang. Kalau kamu mulai belajar grammar dari awal, kamu bisa aja bosen loh. Aku jadi inget quotes “you’ll learn grammar from language, not language from grammar.” Jadi kamu harus make sure untuk pelajari bahasanya, suaranya, intonasinya baru mempelajari grammar.

Terus, grammar apa yang penting? Yang pertama part of speech (verbs, nouns, adjectives, interjections.), articles (a, an, the), prepositions (in, on, of, at), pronouns (he, she, they, you, her, his, its), conjuctions (and, or, but, however, when), tenses (past, present, future), dan banyak lagi yang bisa kalian eksplor ya!

5. Tip 4

Masuk tips yang terakhir nih! Don’t forget to speak! Inget ya, goal akhir kalian saat belajar bahasa Inggris adalah supaya bisa ngomong dengan lancar ke orang. Jadi pastikan kamu harus tetep belajar speaking ya supaya lidahmu mulai terbiasa ngomong beberapa kata dalam bahasa Inggris. 

Nah, itu aja gengs beberapa tips dan cara untuk belajar bahasa Inggris dari nol. Kalau kamu bener-bener lakuin cara-cara diatas, aku jamin deh, skill Inggrismu bakal ningkat drastis. Eh, drastis kalau kamu bener-bener niat dan menerapkannya sehari-hari.

Tetep semangat ya buat belajar bahasa Inggris. Jangan mudah nyerah! Ingat, kita harus berani keluar dari zona nyaman supaya bisa berkembang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

5 Cara Mengajari Anak Menulis dengan Cepat dan Lancar!

Halo Moms, gimana nih kabarnya? Semoga Moms dalam keadaan yang baik ya. Di kesempatan kali…