tips jurusan

Masih Bingung Ambil Jurusan Apa? Yuk, Simak Tips di Bawah Ini!

Kamu tahu ga guys, hal apa yang sering bikin galau selain diputusin pacar? Hayoo, apa ya kira-kira? Jawabannya adalah memilih jurusan kuliah guys!

Bagi beberapa orang mungkin memilih jurusan kuliah adalah hal yang mudah. Namun, bagi sebagiannya lagi memilih jurusan itu galaunya melebihi diputusin pacar. Bingung parah! 

Sudah begitu, bayang-bayang negatif selalu menghantui. Antara lain, tidak betahlah, takut ga bisa lulus, takut dosennya killer, dan masih banyak lagi. Aduduh, buat kamu yang lagi dilema untuk milih jurusan kuliah, tenang kamu engga salah mampir artikel kok.

Masih Bingung Ambil Jurusan? Yuk, Simak Tips di Bawah Ini!

Aku punya jurus jitu nih untuk menentukan jurusan kuliah yang bikin galau itu. Buat yang penasaran, langsung cek di bawah ini ya!

1. Tentukan minat 

Hal paling utama untuk menentukan jurusan kuliah adalah minat. Apa sih minat itu? Sederhananya, minat adalah hal yang kamu sukai guys, sangat kamu sukai lebih tepatnya.

Mungkin awalnya kamu memiliki banyak minat, tetapi seiring berjalannya waktu akan ada saat di mana hanya tersisa satu hal yang benar-benar kamu minati. Seperti sudah bawaan atau takdir dari lahir, hehehe.

Akan tetapi, kalau kamu masih ragu apa minat kamu sebenarnya, tenang guys! Jaman sekarang, teknologi udah super maju. Kamu bisa mengikuti tes bakat dan minat yang tersedia secara online dan offline.

Coba aja guys, daripada penasaran ya kan?

2. Ikuti kata hati

Next, adalah ikuti kata hati. Sering banget kan guys, kamu dilema untuk memilih jurusan kuliah karena banyaknya jenis jurusan itu sendiri. Banyak juga pertimbangan yang diberikan membuat kamu semakin bingung.

Baca Juga:  Jurusan HI, Gak Hanya Soal Politik Kok!

Nah, di saat seperti inilah kamu harus mengikuti kata hati. Kata hati juga engga asal-asalan ya, tetapi sesuai dengan yang kamu inginkan sekali. Bisa juga dengan hal yang memang membuatmu nyaman dari pertama kali mendengar jurusan kuliah. Tentunya kamu udah survei dulu nih apa aja mata kuliahnya.

3. Propek pekerjaan

Yes, kalau kamu yang sampai poin nomor 2 masih ragu-ragu, maka bisa juga kok lihat-lihat prospek pekerjaan dari jurusan yang ingin kamu pilih. Apakah pekerjaan yang dihasilkan dari jurusan tersebut sesuai dengan cita-citamu atau tidak?

Selain itu, prospek pekerjaan juga membantu kamu untuk lebih mengarahkan kepada diri sendiri manakah profesi yang akan kamu ambil setelah menyelesaikan pendidikan di kampus. Bisa juga menjadi referensi kamu guys!

4. Universitas 

Oke guys,  hal ini ga kalah penting juga lho. Kamu jangan lupa menentukan universitas apakah yang memiliki jurusan tersebut? Atau universitas manakah yang memiliki akreditasi A di jurusan yang kamu inginkan?

Penting bingitz guys! Jangan sampai jurusan yang kamu pilih ternyata tidak ada di universitas di Indonesia. Salah satu, jurusan yang tidak ada di universitas di Indonesia adalah forensik guys alias kodekteran forensik. Tak hanya itu, jurusan seperti teknik nuklir pun masih sedikit di Indonesia.

Oleh karena itu, pentingnya memastikan apakah jurusan yang kamu inginkan tersedia di Universitas di Indonesia atau tidak. Namun, apabila kamu memang memiliki passion di jurusan tersebut maka kejarlah guys! Jangan sampai menyerah!

5. Situasi di Indonesia

Kembali lagi nih guys, berhubungan dengan poin ke-3, apakah pekerjaan yang dihasilkan dari jurusan yang kamu inginkan dipakai di Indonesia? Seberapa banyak profesi tersebut atau mungkin Indonesia kekurangan masyarakat dengan profesi tersebut.

Baca Juga:  Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Hal ini bisa kamu riset terlebih dahulu guys. Sekaligus menambah wawasanmu mengenai pekerjaan apa saja yang diperlukan di Indonesia. Siapa tahu dari sini kamu menemukan jurusan yang sesuai dengan keinginan.

6. Anggaran

Yuhuu, engga kalah penting guys. Kamu juga harus mencatat anggaran yang diperlukan. Anggaran ini termasuk uang kuliah, uang pangkal, uang UKT (Uang Kenaikan Tingkat), dan masih banyak lagi.

Perhatikan juga, apakah universitas yang memiliki jurusan tersebut berada di dalam atau luar kota. Apabila di luar kota maka kamu juga harus menentukan biaya hidup, biaya tempat tinggal, dan lain-lain. 

Anggaran ini bisa disesuaikan dengan budget yang diinginkan juga kok guys. Maka dari itu pastikan anggaran yang kamu buat berdasarkan informasi terbaru ya!

7. Pertimbangan orang lain

Terakhir nih, adalah pertimbangan dari orang lain. Buat kamu yang sampai poin ke-6 masih bingung menentukan jurusan kuliah, maka bisa meminta pertimbangan orang lain.

Mungkin saja tanpa kamu sadari ada suatu bakat yang kebetulan dilihat oleh temanmu, tetapi tidak kamu rasakan. Oleh karena itu, cukup penting untuk meminta pendapat atau saran dari orang lain.

Sedangkan, apabila kamu sudah menemukan jurusan yang diinginkan, tidak salah juga untuk meminta pendapat orang lain sebagai bahan pertimbangan atas poin-poin yang telah aku bagikan di atas guys!

Eitts, tetapi ingat tetap ikuti kata hati yaa.

Okee, di atas adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menentukan kira-kira kamu cocok masuk jurusan apa sih. Sebenarnya tips di atas adalah cara untuk mengenali diri kamu serta passion yang kamu miliki.

Apabila kamu ingin mendapatkan hasil pasti, kini sudah tersedia banyak tes psikolog untuk menentukan jurusan yang tepat dengan kepribadian kamu. Tes juga tersedia secara online maupun offline. Maka dari itu, tidak ada salahnya guys untuk mencoba.

Baca Juga:  Kegiatan Belajar Maudy Ayunda di Oxford University

Selamat mencoba!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…