Tips Lancar Bahasa Inggris Dalam 7 Hari!

Tips Lancar Bahasa Inggris – Wuih, siapa sih di antara kalian yang ga pengen bisa lancar ngomong bahasa Inggris? Pastinya semuanya pengen bisa lancar ngomong plus nulis dalam bahasa Inggris ya kan?

Selain sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah, bahasa Inggris juga penting banget untuk dipelajari guys. Buktinya, Bahasa Inggris sendiri dinobatkan sebagai bahasa universal di seluruh dunia. Apabila kalian hendak menuntut ilmu atau sekedar jalan-jalan ke luar negeri, maka kalian tidak perlu belajar berbagai bahasa dalam satu negara, cukup kuasai bahasa Inggris aja guys!

Nah, tau ga sih guys, kali ini aku mau kasih tahu kalian sebuah rahasia untuk lancar ngomong plus nulis dalam bahasa Inggris hanya dalam 7 hari aja guys. Yap, cukup seminggu aja! 

Buat kalian yang penasaran, langsung cek ulasannya di bawah ini ya guys!

Tips Lancar Bahasa Inggris Dalam 7 Hari!

tips lancar bahasa inggris
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

1. Pelajari kata dasar

Paling esensial nih guys, untuk memulai pembelajaran dalam bahasa Inggris kamu perlu banget mengetahui berbagai kata dasar. Di hari pertama ini aku mau ajak kamu untuk mempelajari berbagai kata dasar dalam bahasa Inggris.

Kata tersebut antara lain pengenalan subjek guys. Jadi, kalau dalam bahasa Indonesia ada kata aku, kamu, dia, mereka, sebagai subjek maka dalam bahasa Inggris terdapat kata I (aku), you (kamu), they (mereka), dan we (kita).

Sederhananya sih itu guys. Namun, juga ada kata dasar lainnya seperti he, she, it, kamu bisa mempelajarinya dahulu secara mendalam di hari pertama. Kira-kira subjek apa cocok digunakan dalam satu kalimat. 

Oh iya, ga kalah penting guys dalam bahasa Inggris kita mengenal yang namanya to be. To be sendiri juga bergantung pada subjek yang ada dalam suatu kalimat ya guys. Kamu bisa melihat beberapa contohnya juga guys!

Baca Juga:  Tips Berprestasi Sejak Dini, Dijamin Bikin Bangga Orang Tua!

2. Present Tense

Di hari kedua, setelah kamu mempelajari berbagai kata dasar maka tiba saatnya nih kamu mempelajari tense. Tense adalah kalimat, jadi dalam bahasa Inggris terdapat beberapa susunan kalimat yang berbeda satu dengan yang lainnya guys. 

Kamu tinggal mempelajari bagaimana rumus dalam membuat kalimat present tense. Jangan lupa guys, dalam present tense juga terdapat beberapa bentuk kalimat lainnya. Ibaratnya present tense adalah induk yang memiliki anakan present tense dalam bentuk yang sedikit berbeda sesuai waktu maupun subjeknya guys.

Mulai dari sini, aku saranin kalian untuk mendownload berbagai aplikasi. Jadi, untuk menguasai bahasa Inggris hanya dalam 7 hari kalian tidak bisa mengandalkan teori saja guys, tetapi juga perlu mengasah kemampuan dalam berlatih atau practice. 

Salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk practice bahasa Inggris adalah Duolingo atau Cake guys.

2. Continue Tense

Setelah memaham betul-betul apa itu present tense sebagai kalimat dasar, tiba saatnya nih guys di hari ketiga kamu mempelajari continue tense. Perlu kamu ketahui kalau continue tense memiliki beberapa anakan juga guys. Misalnya, past continue tense, dan lain sebagainya. 

Di sini, kamu harus belajar jeli ya untuk membedakan penggunaan present tense dan continue tense. Saran dariku kamu bisa membuat tabel perbedaan antara continue tense maupun present tense. 

Di hari ketiga, juga jangan lupa untuk tetap mengingat berbagai materi di 2 hari yang lalu ya guys! 

3. Past Tense

Lanjut, kamu bisa mempelajari past tense di hari ke-4 guys. Jadi, secara garis besar present tense akan membicarakan mengenai masa kini, continue tense akan mempelajari kegiatan yang sedang kamu lakukan, dan past tense adalah tenses mengenai masa lalu atau hal yang telah terjadi.

Seperti biasa kamu bisa membuka pembelajaran dengan mengulang materi dalam dua hari yang lalu secara sekilas, kemudian mulai membaca teori mengenai past tense, dan diakhiri dengan latihan soal.

Baca Juga:  5 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Lagu Wannabe

Selain itu, kamu bisa menuliskan kembali di tabel perbedaan antara present, continue, dan past tense untuk kembali mengingat perbedaan tenses ini satu sama lainnya.

4. Future tense

Last but not least, ada future tense. Sama seperti beberapa tenses di atas, di hari kelima ini kamu bisa mempelajari future tense. Di future tense juga terdapat kombinasi seperti simple future tense, future continue test, tentunya dengan berbagai kombinasi situasi juga guys.

Metode pembelajaran pun dapat disamakan seperti hari-hari sebelumnya dan mulai hari ke-5 kamu juga bisa lebih dalam mengidentifikasi berbagai jenis kalimat atau frasa. Perbedaan satu sama lain, kondisi kapan digunakannya sebuah tenses, dan jangan lupa untuk belajar secara mendalam mengenai struktur kalimatnya.

5. Vocabulary

Setelah memahami tenses, hal yang super esensial dan harus kamu pelajari adalah mengenai vocabulary. Vocabulary atau dalam bahasa Indonesia disebut kosakata adalah kumpulan kata dalam bahasa Inggris. Tentunya dalam menunjang setiap kalimat atau percakapan yang akan kamu lakukan pastinya memerlukan Vocabulary.

Ada beberapa tipe vocabulary guys, pertama verb 1 biasanya digunakan dalam simple present tense. Verb 2 yang biasanya digunakan pada past tense atau verb 3 yang digunakan pada future tense. Setelahnya, juga dibagi beberapa verb lainnya seperti irregular verb dan regular verb. Kamu juga bisa menyebutnya sebagai kata teratur dan tidak teratur.

Kira-kira apa aja sih perbedaannya? Nah, itulah hal yang harus kamu cari dan pelajari. Setelah menguasainya kamu dijamin pasti lancar dalam berbahasa Inggris. Namun, kamu juga pasti mengetahui bahwa ada banyak bingitz kata dalam dunia ini, terus gimana cara mempelajarinya?

a. Gunakan kamus

Sebenarnya ini cara lama dan hanya orang yang betah membaca buku yang akan senang dengan pembelajaran satu ini. Caranya dengan menghafal 10-20 kata dalam sehari dan buat kalimat pada masing-masing kata.

Baca Juga:  Tips Mengetahui Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

b. Mendengarkan musik, siaran, percakapan, dan lain-lain

Kini kita dapat dimudahkan dengan mempelajari bahasa Inggris tanpa menghafal tetapi, langsung mendengarkan. Biasanya ketika kita mendengarkan maka secara tidak langsung ada beberapa kata atau frasa yang nempel di kepala kita. 

Nah, mulai dari sini kalian juga bisa mendownload percakapan atau podcast dalam bahasa Inggris. Selain menambah kosakata, hal ini dapat membantu kalian dalam membantuk accent atau aksen dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. 

Aksen yang paling umum digunakan adalah Amerika, sehingga kalian bisa mendownload aplikasi learn English, duolingo, atau TED talks (sebagian besar menggunakan aksen Amerika).

Sementara aksen yang biasa kalian jumpai di film Harrypotter adalah british accent. Terdengar lebih sulit daripada American accent. Kalian bisa mempelajarinya melalui British Council Podcast.

7. Belajar secara rutin

Terakhir, sebenarnya kalian sudah bisa dikatakan mampu berbicara dalam secara fasih dalam Bahasa Inggris apabila mengikuti semua prosedur di atas secara baik dan benar.

Namun, pembelajaran tidak hanya terhenti di sana. Kalian tetap harus menambah kosakata sebagai hal yang paling penting setelah mampu membedakan berbagai jenis kalimat. 

Selalu lakukan latihan untuk berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris dan tanpa terasa kalian akan semakin mahir dalam bahasa Inggris. Kamu juga bisa belajar Bahasa Inggris secara otodidak, baca di halaman Tips Lancar Bahasa Inggris Otodidak.

Nah, di atas adalah cara lancar berbicara dalam bahasa Inggris selama 7 hari saja! Kuncinya adalah ketekunan dan komitmen yang kuat dalam mempelajari bahasa Inggris. Jangan lupa untuk selalu melakukannya dengan senang hati. Selamat Mencoba!

Untuk proses belajar yang terstruktur, kamu bisa belajar bahasa Inggris di bimbel online Edinstitute, klik di sini untuk info selanjutnya atau klik banner di bawah!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Hobi satu ini sudah diketahui oleh banyak orang, apalagi kalau bukan mengoleksi perangko s…