7 Tips Ujian Semester (PAS), Biar Dapat Nilai Bagus Guys!

Ujian semester merupakan salah satu bentuk penilaian di sekolah yang bertujuan untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa terhadap materi yang sudah dijelaskan selama enam bulan.

Mendapatkan hasil ujian semester yang maksimal tiap mata pelajaran, tentu akan membuat kamu lebih percaya diri dan berpotensi menjadi juara satu jika kamu rata-rata mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, selain faktor belajar kamu juga harus tahu tipsnya nih, biar mental kamu lebih siap dalam menjawab soal. Berikut tipsnya!

Tips Ujian Semester
Photo by Thirdman on Pexels.com

Tips Ujian Semester (PAS) Biar dapat Nilai Bagus!

1. Datang lebih awal

Saat berlangsungnya ujian semster/PAS jangan sampai kamu telat, usahakan datang ke sekolah lebih awal, minimal 15 menit sebelum mulai ujian kamu sudah berada di lokasi ujian.

Tujuannya agar konsentrasi kamu dalam menjawab soal tidak terganggu. Karena jika kamu terlambat, sehebat apapun persiapan yang sudah dilakukan maka akan hilang begitu saja karena panik dan merasa tegang.

2. Berdo’a sebelum menjawab

Sebelum mulai menjawab soal, bacalah do’a terlebih dahulu agar kamu merasa tenang dan nyaman saat menghadapi ujian. Jangan terburu-buru untuk menjawab soal.

Dengan suasana hati yang tenang dan nyaman maka kamu akan merasa lebih mudah untuk menjawab soal dengan baik, dan bisa menambah percaya diri kamu dalam menjawab soal.

3. Mengisi biodata dengan lengkap

Isi biodata kamu dengan lengkap, jangan sampai terlewatkan hal yang sepele ini karena seringkali siswa langsung menjawab soal dan lupa untuk mengisi biodata.

Baca Juga:  Cara Belajar yang Tepat dan Efektif

Jika hal ini sampai terlewatkan maka otomatis hasil lembar jawaban kamu tidak diketahui pemiliknya sehingga nilai kamu tidak akan muncul pada saat diperiksa oleh guru.

4. Bacalah soal dengan teliti 

Ketika kamu menjawab soal, bacalah soal dengan teliti agar kamu tidak terlalu sering mengulang soal yang itu saja, sehingga akan banyak menyita waktu untuk mengerjakan soal yang lain.

Jangan terfokus dengan satu soal, jika kamu merasa kesulitan sebaiknya diskip saja agar tidak memakan waktu, karena waktu yang tersedia saat ujian semester sangat terbatas.

5. Dahulukan soal yang mudah

Untuk efisien waktu dalam mengerjakan soal, coba dahulukan soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu. Jangan banyak membuang waktu di satu soal yang sulit.

Jika kamu merasa kesulitan sebaiknya abaikan saja soalnya, nanti kamu jawab di akhir saja. Agar hemat waktu guys!

6. Jangan nyontek!

Hindari mencontek punya jawaban teman atau cara-cara lain yang dilarang saat ujian semester. Kebiasaan mencontek ini akan merusak mental kamu, dan sangat berpengaruh banget di kehidupan kamu ke depannya.

Misalnya kamu udah terbiasa mencontek, kamu bakal malas untuk berusaha mengerjakan dengan jujur karena mental kamu udah terbiasa mencontek. Jangan lakukan kebiasaan negatif ini, karena akan merusak mental kamu.

7. Manfaatkan waktu dengan baik

Usahakan membawa arloji atau jam tangan, agar kamu bisa melihat waktu setiap saat dan bisa mengatur ritme dalam menjawab soal. Jangan sampai kamu kehabisan waktu sementara masih banyak soal yang belum terselesaikan.

Hal ini sering terjadi pada peserta siswa, karena tidak mampu mengatur waktu dengan baik. Usahakan 15 menit sebelum waktu berakhir kamu harus mengecek jawaban minimal 90% soal sudah terselesaikan, sehingga ketika bel peringatan waktu tinggal 5 menit berakhir kamu sudah selesai menjawab.

Baca Juga:  Kegiatan Belajar Maudy Ayunda di Oxford University

Sekian dulu artikel kali ini tentang tips ujian semester (PAS), semoga kamu bisa menerapkannya di kehidupan kamu. Jangan lupa belajar dan berdo’a agar bisa meraih kesuksesan. Amin. 🙂

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Bimbel Kedinasan Online, Harga Terjangkau!

Apakah kamu sedang mencari bimbel kedinasan online untuk mempersiapkan diri kamu dalam men…