Yuk, Ketahui Berbagai Tips untuk Mahasiswa Baru Sampai 6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki MABA!

Aduh, ga terasa nih guys bentar lagi udah masuk bulan Agustus aja nih. Itu tandanya tahun ajaran baru bagi kamu yang kini masuk di bangku kuliah akan dimulai. Liburan panjang pun udah selesai, berganti dengan berbagai kegiatan baru di lingkungan yang baru juga nih.

Nah, kali ini penulis ingin membagikan beberapa tips untuk mahasiswa baru atau akrab disebut MABA! Apa aja sih tipsnya? Penasaran? Yuk, langsung kepoin ulasan di bawah ini ya guys! Eits, jangan lupa dicatet kalau ada yang penting ya guys!

Tips untuk Mahasiswa Baru

1. Pahami serba-serbi jurusanmu

tips untuk mahasiswa baru
Teenage boy sitting on sofa, using laptop and writing notes during online classes.

Hal pertama yang wajib banget kamu persiapkan ialah berbagai hal mengenai jurusanmu guys. Mulai dari mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, sampai konsentrasi jurusan di semester 5 atau 6.

Apa sih tujuannya? Tentu dengan melakukan riset atau mengetahui berbagai mata kuliah hingga konsentrasi di jurusan maka kamu bisa menentukan mata kuliah sesuai dengan bakat dan profesimu di kemudian hari guys.

Eits, ga hanya itu, penulis harap kamu juga mengenal arti IPK sampai SKS. Yap, IPK atau indeks prestasi kumulatif merupakan nilai akhir sewaktu kelulusan nanti. Sementara setiap semesternya kamu hanya akan menerima yang namanya IP.

Sedangkan, SKS ialah satuan kredit semester guys. Di mana SKS ini sejenis materi yang akan kamu ambil dalam satu semester. So, yuk pahami konsep SKS dan IPK di kampus kamu ya!

2. Memperluas relasi

Tips untuk mahasiswa baru yang berikutnya ialah memperluas relasi. Tahu dong kalau tujuan diadakannya kuliah bukan hanya menimba ilmu aja guys, melainkan juga memperluas relasi yang akan berguna di kemudian hari (khususnya dalam dunia pekerjaan).

Nah, gimana sih caranya memperluas relasi? Ada banyak cara lho. Mulai dari mengikuti berbagai organisasi kampus, UKM, melakukan intership atau magang, atau bahkan berkenalan langsung dengan kakak tingkat.

Baca Juga:  Kenalan Yuk dengan 4 Fakta Jurusan Geodesi! Jurusan Unik dengan Materi IPS di Fakultas Teknik!!

Yap, mengenal kakak tingkat atau kating ini penting banget guys. Kamu bisa saling share tentang pengalaman dengan kating sampai bercerita tentang mata kuliah atau bahkan tips di dunia kampus lainnya.

3. Akrab dengan dosen maupun lingkungan kampus

tips untuk mahasiswa baru
teacher with the high school students

Selain mempererat relasi dengan kakak tingkat, penulis juga menyarankan untuk mengenal dosen dengan baik guys. Kalau bisa akrab juga dengan dosen dari jurusan lainnya. Kenapa sih harus begini?

Ini nih tips untuk mahasiswa baru yang wajib banget diketahui, FYI ya guys perkuliahan itu beda banget dengan SMA. Di SMA apabila kamu engga kenal guru + santai-santai di kelas, maka guru masih berbaik hati untuk memberi nilai sesuai dengan KKM. Betul tidak?

Berbeda dengan dosen guys. Di kampus sendiri, apabila kamu tidak kenal sekaligus santai-santai di kelas maka nilai D atau E bukanlah mustahil. Tidak lulus beneran juga kemungkinan yang sering terjadi.

Selain itu, ada banyak banget lho privilege apabila kamu akrab dengan dosen. Mulai dari menjadi rekomendasi lomba, direkomendasikan tempat magang terbaik, sekaligus ‘nilai di atas angin’ hehehe.

Oh iya, selain dosen maka jangan lupa juga mengakrabkan diri dengan lingkungan kampus ya guys. Ingat, selama kurang lebih 4 tahun kamu akan sering banget berada di lingkungan tersebut. Tentunya akan ada banyak cerita yang bisa menjadi pengalaman menarik di tempat tersebut.

4. Membiasakan aktivitas mencatat

Tips untuk mahasiswa baru satu ini wajib banget dilakukan ya! Aktivitas mencatat menjadi hal yang penting banget lho untuk dilakukan. Kenapa? Karena akan ada banyak ulangan atau kuis dadakan yang bisa terjadi kapan saja.

Oh iya, mata pelajaran di dunia perkuliahan pun banyak banget guys. Belum lagi kamu harus rajin-rajin belajar mandiri untuk mendapat nilai maksimal. So, mencatat menjadi kegiatan yang akan memperingan tugasmu ini.

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 3

Penulis sarankan untuk membuat berbagai rangkuman atau PPT materi setiap minggunya. Hal ini akan membantumu untuk menghadapi ujian semester dengan lebih baik Kawan!

Satu lagi nih, pastikan kalau kamu selalu mencatat tiap dateline dari dosen ya. Mulai dari dateline tugas, ujian, bahkan berbagai kuis yang bisa datang di setiap pertemuan. Kalau bagi penulis sendiri nih, penggunaan agenda akan membantu banget!

5. Kenalan dengan berbagai aplikasi MABA

tips untuk mahasiswa baru
Young student watching lesson online and studying from home. Young woman taking notes while looking at computer screen following professor doing math on video call. Latin girl student studying from home and watching teacher explaining math formula on video chat.

Nah, tips untuk mahasiswa baru yang terakhir ialah berkenalan dengan aplikasi kampus. Apa aja tuh aplikasi kampus? Ada banyak banget guys, penulis juga akan membagikannya di bawah ini nih.

Sekedar saran, kamu bisa mulai mendownload aplikasi tersebut dari sekarang guys. Yah, aplikasi yang utama dulu aja. Eits, jangan lupa bedakan email untuk pekerjaan, harian, maupun kuliah ya.

Hal ini sih dapat membantumu agar tidak ketinggalan informasi atau pesan penting melalui email. Jangan lupa catat password dan nama akunnya guys!

Aplikasi yang Wajib Dimiliki MABA

1. Google Drive

Yup, setelah berbagai tips untuk mahasiswa baru di atas, kini penulis ingin membagikan beberapa aplikasi yang wajib banget nih kamu miliki sebagai MABA. Pertama, ada Google Drive.

Aplikasi satu ini berguna banget untuk menyimpan berbagai file secara online guys. Kamu juga bisa berbagi file dengan teman-temanmu melalui aplikasi Google Drive. Oh iya, di atas kan penulis sempat memberi tips untuk mencatat berbagai rangkuman atau PPT. Nah, rangkuman tersebut bisa kamu simpan di G-Drive ini.

2. Google Meet dan Zoom

Aplikasi berikutnya ialah Google Meet atau Zoom. Berhubung pandemi masih berlangsung guys, kegiatan belajar-mengajar secara offline pun terpaksa dihentikan. Mau tidak mau pembelajaran dilakukan secara daring.

Baca Juga:  Tips Belajar dan Sukses Ala Kevin Hendrawan

Salah satu aplikasi yang wajib kamu miliki ialah Google Meet atau Zoom. Penulis sarankan untuk download App ini di laptop dan juga smartphone kamu guys. Laptop sendiri memiliki berbagai keunggulan daripada smartphone. Misalnya, untuk mengganti background di Zoom sampai mempermudah ketika kamu melakukan presentasi.

3. Cam Scanner

Tips untuk mahasiswa baru nih, kamu wajib banget mendownload aplikasi cam scanner di smartphone kamu. Yah, hampir sebagian besar tugas yang diminta dosen pasti melalui cam scanner terlebih dahulu gengs sebelum dikirim. Kenapa? Karena tugas yang dirimkan lewat cam scanner pun lebih jelas sekaligus fokus daripada melalui camera biasa guys!

4. Plagiarism Checker

Aplikasi satu ini berguna banget untuk mengecek tiap esai, makalah, sampai tugas kuliahmu. Khususnya kamu yang berasal dari jurusan SOSHUM dan membuat berbagai makalah tiap minggunya.  

Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa klik website berikut untuk melakukan plagiarism checker guys. https://plagiarismdetector.net/ Tenang, gratis kok!

5. Photomath

Yap, aplikasi terakhir yang wajib dimiliki MABA adalah photomath. Mungkin sebagian dari kamu udah ga asing kan dengan aplikasi ini. Di perkuliahan sendiri kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membantu pelajaran matematika.

Akan tetapi, perlu diingat aplikasi ini kurang berlaku bagi kamu yang berasal dari jurusan matematika murni, fisika murni, maupun ilmu sains dengan konsentrasi matematika.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mahasiswa baru sampai aplikasi yang wajib dimiliki MABA. Penulis harap di jenjang baru ini kamu bisa lebih maksimal dalam belajar dan meraih prestasi! Semangat selalu guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Cara Menerapkan Self Love yang Wajib Pelajar Ketahui! Yuk, Sayangi Diri Mulai Sekarang!

Guys, tahu ga sih selama pandemi berlangsung dari 2019 sampai 2021 ternyata di waktu yang …